Home English Tips   Mengenal Pentingnya Bahasa Inggris Anak dan Materinya

Mengenal Pentingnya Bahasa Inggris Anak dan Materinya

Jul 20, 2020

Memperkenalkan bahasa asing pada anak memang harus dimulai sejak dini. Selain untuk membuat sang anak menjadi lebih familiar dengan bahasa tersebut, kemampuan otak dalam menyerap informasi pun juga lebih cepat dibandingkan orang-orang dewasa. Maka dari itu, mengajarkan bahasa Inggris anak perlu effort yang besar dari para orang tua. Masih banyak yang bingung dari mana memulai pelajaran bahasa Inggris kepada anak? Dan sebenarnya seberapa penting alasan anak harus belajar Inggris?

Baca juga: Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? Bagaimana Cara yang Efektif?

Alasan Memperkenalkan Bahasa Inggris pada Anak

Ada beberapa alasan penting dalam memperkenalkan dan mengajarkan bahasa Inggris anak. Di antaranya adalah:

  • Menjadi anak bilingual dipercaya dapat membuat mereka jauh lebih cerdas.
  • Anak-anak bilingual dipercaya juga untuk lebih cepat memahami dan membedakan bentuk maupun warna.
  • Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang hampir digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Maka dari itu, tak ada salahnya memperkenalkan bahasa Inggris kepada si kecil sejak dini.
  • Dalam mempelajari bahasa asing, anak-anak juga akan belajar mengenai kebudayaannya juga. Hal ini juga berlaku dalam belajar bahasa Inggris yang berguna untuk memperluas wawasan anak-anak.
  • Menurut sebuah studi, anak-anak bilingual mampu untuk mengontrol distraksi yang mengganggu mereka saat belajar. Mereka juga dipercaya akan memiliki kemampuan problem solving yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak monolingual.
  • Mengajarkan bahasa Inggris pada anak berguna untuk mempersiapkan mereka saat dewasa untuk travelling, bekerja di luar negeri, bahkan pindah ke negara yang berbahasa Inggris.

Materi Bahasa Inggris Anak

Banyak materi yang bisa kamu ajarkan kepada anak maupun adik mengenai bahasa Inggris dasar. Di bawah ini merupakan contoh materi bahasa Inggris sebagai bahasa inspirasi mengajar.

Alphabet and number

Untuk mengawali pemberian materi kepada anak, kamu bisa memulainya dengan alphabet dan angka. Cara untuk menghafal angka dalam bahasa inggris memiliki basic yang sama dengan alphabet. Dengan menghafal alphabet, anak akan mudah menghafal kata. Dengan mengetahui angka, maka anak akan bisa berhitung dalam bahasa Inggris.

Animals

Untuk memancing ketertarikan anak kepada bahasa Inggris, kamu bisa mengajarkan berbagai nama hewan dengan cerita atau dongeng yang menarik. Dengan cara ini, anak tak merasa disuruh menghafal yang akan membuatnya menjadi tertekan. Salah satu cerita hewan yang bisa kamu ceritakan adalah The Hungry Wolf seperti di bawah ini:

Oneday, a wolf was very hungry. It looked for food here and there. But it couldn’t get any. At last it found a loaf of bread and piece of meat in the hole of a tree.

The hungry wolf squeezed into the hole. It ate all the food. It was a woodcutter’s lunch. He was on his way back to the tree to have lunch. But he saw there was no food in the hole, instead, a wolf. On seeing the woodcutter, the wolf tried to get out of the hole. But it couldn’t. Its tummy was swollen. The woodcutter caught the wolf and gave it nice beatings.

Baca juga: Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

Part of my body

Setelah anak mulai kenal dengan berbagai vocabulary di atas, kamu bisa melanjutkannya dengan memperkenalkan bagain-bagian tubuh manusia. Kamu bisa memulainya dari atas kepala hingga ujung kaki secara bertahap.

Family

Keluarga atau family juga bisa kamu perkenalkan dengan si kecil. Perkenalkanlah mulai dari keluarga inti di rumah yang sering mereka temui atau jumpai. Dengan langsung melihat contoh, anak akan lebih mudah untuk mengingatnya. Jika perlu, kamu juga bisa menyuruh si kecil untuk memanggil kamu dengan sebutan dalam bahasa Inggris. Jika mereka sudah mulai hafal, kenalkan mereka dengan istilah anggota keluarga yang lebih besar seperti nenek dan juga sepupu.

Part of house

Memperluas vocabulary tak hanya bisa dilakukan melalui buku saja. Belajar melalui buku kadang membuat anak bosan dan jadi tidak fokus. Nah, salah satu cara mudahnya adalah memperkenalkan benda-benda yang ada di rumah dengan bahasa Inggris. Dengan cara ini si kecil akan lebih tertarik untuk mengetahuinya karena bisa melihat bahkan memegang langsung benda yang diperlajarinya. Jika perlu, kamu bisa juga menjelaskan kegunaannya masing-masing agar mereka lebih paham. Keingintahuan anak-anak sangat besar sehingga kamu bisa menjelaskannya secara rinci agar mereka juga bisa berpikir lebih kritis.

Baca juga: Bagaimana Cara Mudah untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris?

Cara-cara di atas merupakan beberapa cara sederhana mengajarkan bahasa Inggris anak di rumah. Bagaimana jika kamu ingin mengajarkan mereka secara intensif? Kamu bisa mendaftarkan mereka dalam kursus online seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang efektif dan fleksibel. Dengan ditangani oleh native speaker yang profesional, si kecil akan lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris.

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami