Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Mar 11, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Kuliah di luar negeri sudah menjadi dambaan banyak orang, khususnya di Indonesia. Apakah kamu tahu? Bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang kuliah di luar negeri dan akhirnya menjadi sukses dan mendapatkan prestasi terbaik. 

Banyak sekali kesempatan yang dapat kamu ambil untuk menjalani kuliah di luar negeri, mulai dari Pertukaran Pelajar, hingga Program Beasiswa. Menjalani kuliah di luar negeri juga akan memberikan kamu kesempatan kerja yang lebih luas, dan juga koneksi yang lebih luas. Berikut merupakan alasan & manfaat kuliah di luar negeri. 

Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Melatih Kemandirian 

Kuliah di Luar Negeri mengharuskan kamu untuk tinggal sendirian, baik di asrama kampus ataupun apartemen. Kamu juga harus bisa melakukan segala sesuatu sendiri, baik dari membuat makanan, menyiapkan dan membersihkan pakaian, membersihkan tempat tinggal kamu, dan lainnya agar kamu dapat lebih mandiri dan tidak mudah bergantung kepada orang-orang. Selain itu, kamu juga harus belajar untuk beradaptasi secara mandiri di luar negeri. 

Meningkatkan Life Skills

Life Skill, merupakan sebutan untuk kemampuan yang kita gunakan untuk menghadapi berbagai masalah di kehidupan. Dengan kamu menjalani kuliah di luar negeri, Life Skills kamu juga akan meningkat seperti mampu berpikir secara kreatif dan kritis, mampu berkomunikasi tanpa ada kendala dengan orang-orang baru, kamu dapat mengatur stress dan emosi kamu hingga mampu memecahkan suatu masalah dengan baik. 

Memiliki Sistem Edukasi yang Baik

Di Indonesia, terdapat kekurangan dari sistem edukasi yang harus diperhatikan seperti kurikulum di Indonesia yang masih bersifat teoritis atau hanya bergantung kepada teori saja dan jarang sekali yang mempraktikkan di kehidupan sehari-hari. Namun berbeda di luar negeri, karena tidak hanya kamu dapat belajar secara teori, namun kamu dapat belajar juga lewat berbagai praktik yang ditawarkan.

Menurut data PERC (Politic and Economic Risk Consultant), Indonesia berada di peringkat 12 dari 12 negara di Asia dengan kualitas pendidikan rendah karena rendahnya kualitas guru. Tentu, kualitas guru sangat mempengaruhi pendidikan di Indonesia.

Punya Jurusan yang Tidak ada di Indonesia

Selain sistem edukasi, kampus di luar negeri memiliki beberapa jurusan yang tidak ada di kampus Indonesia, dan juga memiliki kesempatan kerja yang lebih luas seperti jurusan Pembuatan dan Destilasi Bir di University of Edinburgh Inggris yang memberikan kurikulum mengenai minuman bir. Jurusan ini sangatlah populer di Inggris karena di negara tersebut konsumsi bir sangatlah tinggi. 

Setelah lulus, para alumni dari jurusan ini dapat memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja di perusahaan bir terkenal. Jurusan ini hampir sama seperti Jurusan Kedokteran karena memiliki prospek kerja serta gaji yang sangat tinggi. 

Memperluas Koneksi Internasional

Memiliki koneksi yang luas merupakan salah satu jalan untuk menuju kesuksesan. Cara ini sudah diterapkan oleh banyak sekali orang sukses di dunia seperti Bill Gates, Elon Musk, dan lainnya. Dengan memiliki koneksi, kamu bisa mendapatkan bantuan, pengalaman, hingga ilmu yang sulit kamu dapatkan. 

Begitu pula dengan menjalani pendidikan di luar negeri karena sudah pastinya kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih luas lagi. Percaya atau tidak, orang-orang yang tidak mau memperluas koneksinya, akan sangat sulit menjalani kehidupannya di masa depan. 

Membuka Pandangan di Dunia Baru

Kamu bisa membuka pandangan kamu yang lebih luas lagi terhadap lingkungan pendidikan kamu di luar negeri. Tidak hanya dari segi pendidikan, namun pandangan kamu terhadap dunia luar juga akan terbuka dari segi sosial, budaya, dan juga kesempatan pekerjaan. 

Kesempatan Kerja Lebih Besar

Selain ingin menikmati kualitas hidup dan pendidikan yang lebih baik, banyak sekali warga Indonesia yang akhirnya menjalani pendidikan di luar negeri untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih besar. Tidak hanya kamu akan dibantu oleh institusi tempat kamu menjalani kuliah untuk mendapatkan pekerjaan, namun di beberapa negara pemerintah juga akan memberikan kamu tunjangan! 

Di Indonesia sendiri, kesempatan kerja yang akan kamu dapatkan tidaklah luas karena banyak sekali masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan. 

3 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

Setelah kita membahas manfaat kuliah di luar negeri beserta alasannya, sekarang kita akan membahas 3 negara terbaik yang cocok dijadikan destinasi untuk kamu menjalani kuliah di luar negeri. 

Kanada 

Merupakan negara yang terletak di bagian Amerika Utara, negara ini memiliki kualitas pendidikan dengan peringkat ke-4 di dunia. Kanada juga terkenal dengan inovasi teknologi beserta biaya kuliah yang jauh lebih rendah dibandingkan negara lainnya. 

Australia

Salah satu negara yang memiliki banyak sekali mahasiswa Indonesia, negara ini memiliki standar pendidikan yang setara dengan negara Amerika Serikat. Di dalam peringkat pengembangan pribadi, Australia berada di urutan ke 7 dunia. 

Amerika Serikat

Amerika Serikat atau USA menjadi negara tujuan untuk menjalani kuliah yang paling populer di dunia, khususnya mahasiswa asal Indonesia. Amerika berada di peringkat kedua untuk akses pengajaran dengan kualitas yang tinggi. 

Nah, seperti itulah manfaat kuliah di luar negeri beserta dengan alasannya dan juga 3 negara pilihan yang bisa kamu jadikan sebagai target untuk menjalani kuliah. Kamu juga dapat membandingkan kualitas pendidikan yang ada di luar negeri dan di Indonesia, meskipun di Indonesia memiliki banyak sekali institusi. 

Tetapi, kamu harus ingat! Sebelum menjalani kuliah di luar negeri, kamu harus mempelajari dahulu bahasa Inggris, karena bahasa Inggris merupakan bahasa wajib Internasional di negara manapun sehingga kamu tidak akan kesulitan berkomunikasi. Kamu dapat mendaftar di Wall Street untuk mempelajari bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi lebih lancar. 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP