Kuliah di Luar Negeri yang Murah

Mar 18, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Kebanyakan orang Indonesia beranggapan kalau menjalani kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Kenyataannya tidaklah seperti itu! Beberapa negara di benua Eropa menawarkan biaya kuliah yang sangat terjangkau. Tidak hanya biaya kuliah, namun beberapa negara Eropa juga menawarkan biaya hidup yang sangat terjangkau.  

Dibawah ini, merupakan daftar rekomendasi beberapa negara di benua Eropa dan sekitarnya untuk biaya kuliah yang murah. 

Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah

Italia

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Italia

Salah satu negara di Eropa yang terkenal akan karya seninya, termasuk salah satu negara di Eropa dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau dengan kisaran harga US $ 3,000 – US $ 36,000. Biaya hidup di Italia juga sangat terjangkau dengan kisaran mulai dari US $ 1,000

Yunani

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Yunani

Mahasiswa Internasional yang ingin mendaftar kuliah di negara yang penuh dengan sejarah serta peradaban kuno ini harus menyiapkan uang minimal US $ 1,000 – US $ 12,000 per tahunnya untuk pembayaran kuliah di negara ini. 

Spanyol

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Spanyol

Bagi mahasiswa Internasional, untuk menjalani kuliah di negara Spanyol perlu menyiapkan uang minimal US $ 1,000 – US $ 36,000. Kemudian, untuk biaya hidup juga sangat terjangkau mulai US $ 1,000 – US $ 1,300. 

Jerman

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Jerman

Jerman merupakan salah satu negara favorit di Eropa untuk menjalankan perkuliahan, khususnya bagi yang ingin belajar mengenai teknologi. Jerman juga menghapuskan biaya kuliah untuk mahasiswa sarjana perguruan tinggi. Jadi, maupun mahasiswa domestik dan internasional dapat belajar secara gratis. 

Austria

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Austria

Tidak hanya Jerman, namun Austria juga menyediakan program belajar secara gratis. Mahasiswa dari Uni Eropa dapat menikmati kesempatan ini ditambah dengan kualitas pendidikan yang sangat tinggi. Setelah selesai masa dari pembelajaran gratis selama dua semester, kamu cukup membayar US $ 3,600 – 27,000 per tahun.

Taiwan

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Taiwan

Taiwan, merupakan salah satu negara di Asia yang menawarkan biaya kuliah sangat terjangkau. Untuk biaya kuliah di Taiwan memiliki rata-rata Rp 25 juta sampai dengan Rp 30 juta untuk program Sarjana (S1) dan Magister (S2). Terdapat pula beberapa program Beasiswa yang ditawarkan pemerintah Taiwan seperti MOST Taiwan Scholarship dan Higher Education Scholarship Programs of Taiwan. 

Republik Ceko

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Republik Ceko

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani pendidikan di Republik Ceko, kamu dapat mengambil perkuliahan di negara ini dengan harga gratis. Syarat ini bisa kamu dapatkan jika kamu mampu berbahasa Ceko. Biaya hidup di negara ini juga sangat terjangkau mulai dari US $ 350-750 per bulan. 

Denmark 

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Denmark

Denmark, merupakan salah satu negara Nordik memiliki biaya hidup dengan harga yang sangat terjangkau. Berkisar dari US $ 7,200 –  $ 19,000 per tahun. Negara Denmark dikenal dengan pemandangan alam yang indah dan memiliki kualitas pendidikan sangat tinggi. 

Perancis

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Perancis

Perancis, merupakan salah satu negara maju di Eropa yang memiliki sebutan Negara Romantis karena Perancis memiliki suasana romantis. Perancis juga salah satu negara dengan tujuan kuliah yang sangat tinggi. Selain itu, biaya hidup di Perancis sangat rendah, sekitar US $ 1,400 per bulannya. 

Norwegia

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Norwegia

Sama seperti Denmark, Norwegia merupakan salah satu Negara Nordik yang memiliki pemandangan alam sangat indah, selain itu biaya kuliah di Norwegia untuk semua mahasiswa terlepas dari pendidikan ataupun kebangsaan. 

Malaysia

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Malaysia

Selain Taiwan, salah satu negara di Asia yang juga menawarkan biaya kuliah yang murah adalah Malaysia, maka tidak heran negara ini menjadi salah satu target dari mahasiswa di Indonesia selain biaya yang murah, jarak juga sangat dekat. Di Malaysia, kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp 20 juta per tahun untuk menjalani pendidikan disini. 

Bangladesh

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Bangladesh

Negara Bangladesh juga menjadi salah satu target untuk menjalani pendidikan tingkat tinggi. Bangladesh sebagai salah satu negara dengan populasi terbesar ke 8 di dunia tergolong memiliki biaya pendidikan yang sangat murah, sekitar Rp 20 juta per tahun. 

Afrika (Kenya)

Kuliah di Luar Negeri yang Murah - Rekomendasi Negara dengan Biaya Kuliah yang Murah - Afrika (Kenya)

Negara dengan biaya kuliah termurah adalah Kenya, tepatnya di Afrika. Biaya yang dibutuhkan untuk menjalani kuliah di negara ini sebesar Rp 16 juta per tahun. Selain Kenya, Afrika Selatan juga menjadi salah satu target untuk menjalani pendidikan tingkat tinggi dengan biaya rata-rata sekitar Rp 85 Juta. 

Itulah beberapa negara dengan biaya kuliah serta biaya hidup murah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk mengenyam pendidikan tingkat tinggi. Jangan lupa juga kamu harus menjalani tes Bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri. Kamu dapat mengikuti course yang dapat membantu kamu memperlancar bahasa Inggris! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP