Home English Tips   Kesalahan Dalam Bahasa Inggris Yang Umum Dilakukan Orang Indonesia

Kesalahan Dalam Bahasa Inggris Yang Umum Dilakukan Orang Indonesia

Mar 19, 2019

Di jaman sekarang ini menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari baik secara formal maupun informal merupakan hal yang lazim dilakukan. Namun, mayoritas pengguna bahasa Inggris di Indonesia umumnya tak luput dari kesalahan dasar yang dapat membuat native speaker yang mendengarnya mengerutkan kening mereka. Mau tahu kesalahan Bahasa Inggris apa saja yang umumnya dilakukan oleh orang Indonesia? Yuk, kita simak!

Worthed

Sebuah kesalahan yang umum dilakukan oleh pengguna Bahasa Inggris non-native adalah keliru menyebut worth it sebagai worthed. Bahkan ada mantan selebriti kita yang pernah bersikukuh bahwa worthed adalah bentuk past tense dari kata worth. Padahal, kata worth hanya digunakan sebagai adjective atau noun dalam Bahasa Inggris modern, sementara imbuhan ed umumnya hanya digunakan oleh verb. Oleh karena itu, kalau kamu ingin berkomentar tentang sesuatu yang bagus dan layak, gunakan worth it atau worthy ya.

Your Welcome

Respon paling dasar ketika ada yang mengucapkan Thank You adalah You’re Welcome yang merupakan kependekan dari You Are Welcome. Namun, masih banyak yang mengira bahwa You’re Welcome ditulis sebagai Your Welcome, yang notabene mirip bahkan hampir sama ketika diucapkan. Kesalahan yang satu ini tidak begitu kentara dalam sebuah percakapan, namun dalam bentuk tulisan, kesalahan ini amat fatal dan wajib dihindari jika kamu tidak mau mendapat malu.

Menggabungkan To Infinitives & Gerund

Ada beberapa orang yang menjawab dengan kalimat “I like to drinking coffee” atau “I like to watching movies” saat ditanya apa hobi mereka dalam Bahasa Inggris. Apakah jawaban tersebut menurutmu sudah benar? Tentu tidak, karena mereka melakukan kesalahan gramatikal yaitu menggabungkan to infinitives dengan gerund. Akan lebih tepat jika kamu menjawab dengan “I like to drink coffee” (to infinitives) atau “I like drinking coffee” (gerund) saja. Pelajari lebih lanjut mengenai to infinitives dan gerund di sini.

Pluralisasi Compound Word

Compound Word adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang membentuk suatu kesatuan dengan arti yang sama. Contohnya adalah mother-in-law, runner-up, basketball, middle class, dan lain sebagainya. Kebanyakan dari kita mengira bahwa untuk mengubah sebuah compound word dari bentuk singular ke plural adalah cukup dengan menambahkan huruf “s” di belakangnya. Namun untuk compound word yang disambung menggunakan hyphen (symbol -), cukup kata dasarnya yang diubah ke dalam bentuk plural, bukan keseluruhan kata. Misalnya brother-in-law, kata utama/dasarnya adalah brother, sehingga yang diubah ke bentuk plural cukup kata dasarnya menjadi brothers-in-law, bukan brother-in-laws. Mengenai compound word dan jenis-jenisnya, dapat dilihat di sini.

Advise vs Advice

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh orang Indonesia dalam berbahasa Inggris adalah penggunaan Advise dan Advice. Kuncinya mudah, kamu cukup mengingat kalau Advise adalah sebuah kata kerja (verb) sementara Advice adalah sebuah kata benda (noun). Jadi, kalau kamu meminta seseorang untuk memberikan saran, gunakanlah “Please advise”, sementara kalau kamu meminta sebuah saran, gunakanlah “Please give me an advice”.

Penggunaan Articles

Selain itu, orang Indonesia juga sering menggunakan articles (a, an, the) secara tidak tepat. Pada dasarnya, a/an hanya digunakan untuk kata benda yang singular, sedangkan the bisa digunakan untuk singular maupun plural. Gunakan a untuk kata-kata yang huruf awalnya dibaca dengan bunyi konsonan. Sementara gunakan an untuk kata yang huruf depannya memiliki bunyi vokal. Contohnya, kata HR dibaca dengan bunyi vokal, eijh-ar, sehingga articles yang tepat adalah an HR. Tetapi jika dibaca sebagai Human Resources, maka menggunakan a Human Resources karena Human dibaca dengan bunyi konsonan.

 

Nah, itu tadi merupakan kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan orang Indonesia dalam berbahasa Inggris. Jangan lupa untuk terus mempelajari fundamental dan grammar dalam Bahasa Inggris agar kemampuanmu semakin berkembang. Akan lebih baik lagi apabila kamu bergabung dengan suatu komunitas untuk mengasah kepercayaan diri dan kemampuan Bahasa Inggrismu menuju tingkat yang lebih tinggi lagi.

Summary
Article Name
Kesalahan Dalam Bahasa Inggris Yang Umum Dilakukan Orang Indonesia
Description
Jenis jenis kesalahan dalam berbahasa Inggris yang sering dilakukan orang Indonesia
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami