Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris!

Jan 11, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Ketika sudah mulai masuk kuliah, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih salah satu jurusan yang menurut kamu menarik dan akan kamu tekuni sepanjang menjalani waktu kuliah kamu 3,5 – 4 tahun. Di dunia perkuliahan, banyak sekali jurusan yang ditawarkan salah satunya adalah jurusan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris itu sama. Kenyataannya, kedua jurusan tersebut berbeda. Meskipun sama-sama menggunakan Bahasa Inggris ada perbedaan yang cukup signifikan. Namun sebelum kita membahas perbedaan jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris, yuk kita sama-sama mengetahui tips dalam memilih jurusan yang tepat untuk kuliah kamu. 

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Dalam memilih jurusan kuliah yang tepat, tentu kamu harus mempertimbangkan beberapa hal agar kamu tidak salah memilih jurusan. Mulai dari kemampuan yang kamu miliki, ketertarikan kamu dengan jurusan tertentu yang sesuai dengan impian dan cita-cita, kemudian faktor ekonomi yang juga harus diperhatikan hingga kesiapan kamu dalam mengikuti pembelajaran di jurusan yang kamu pilih. 

Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris

Berikut merupakan poin-poin penting dalam membedakan jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris 

1. Mata Kuliah

Sastra Inggris : Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari berbagai cara penulisan Puisi (Poetry), kemudian Karya Sastra Inggris, Literatur Inggris, Budaya Bahasa Inggris dan juga bagaimana cara menganalisis karya sastra Bahasa Inggris dengan lebih detail.  Pendidikan Bahasa Inggris : Di mata kuliah penjurusan ini, kamu akan lebih mempelajari tentang cara mengajar Bahasa Inggris yang akan diajarkan ke murid-murid, kemudian cara pembelajaran Bahasa Inggris. Kamu juga akan mempelajari skill basic Bahasa Inggris seperti Grammar dan Listening namun tidak akan menjadi fokus utama. 

2. Gelar

Sastra Inggris : Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan mendapatkan Gelar Sarjana Sastra atau S.S Pendidikan Bahasa Inggris : Jurusan ini lebih memfokuskan pada fakultas perguruan atau pembelajaran Bahasa Inggris. Gelar yang akan kamu dapatkan yaitu S.Hum atau dengan sebutan Sarjana Humaniora

3. Skripsi 

Sastra Inggris : Sama halnya seperti jurusan lain, jika kamu ingin lulus dari jurusan ini kamu harus menjalani tahap Skripsi. Skripsi untuk Sastra Inggris biasanya mengharuskan kamu untuk menganalisa seperti analisa Poetry, Film, Music dan lainnya yang berhubungan dengan Bahasa Inggris  Pendidikan Bahasa Inggris : Skripsi yang harus kamu jalani jika kamu mengambil jurusan ini yaitu memiliki tema yang sangat erat tentang pengajaran dengan Bahasa Inggris. Baik pembelajaran Bahasa Inggris formal dan non-formal. 

4. Tempat Magang (Internship)

Sastra Inggris : Tempat magang untuk Sastra Inggris biasanya mengambil bidang sebagai penerjemah, Scriptwriter, Tour Guide dan lainnya. Pendidikan Bahasa Inggris : Jurusan ini lebih menekankan proses magang pengajaran di institusi pendidikan seperti SD, SMP dan SMA. Selain itu, juga harus melakukan praktik pengajaran. 

5. Profesi 

Sastra Inggris : Setelah lulus jurusan ini, kamu dapat melamar sebagai karyawan di bidang Public Speaker, Penulis, Translator, Sastrawan dan masih banyak lagi.  Pendidikan Bahasa Inggris : Tidak hanya dapat menjadi seorang pengajar, namun jurusan ini juga dapat membantu kamu menjadi seorang penulis Bahasa Inggris, Editor hingga Translator.  Nah, seperti itulah perbedaan jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris yang cukup signifikan. Jadi, jangan bingung lagi dalam memilih jurusan Bahasa Inggris.  Selama menjalani proses kuliah Bahasa Inggris, kamu juga dapat mengikuti course Bahasa Inggris di salah satu tempat belajar Bahasa Inggris yaitu Wall Street. Yuk, klik link ini untuk langsung melakukan pendaftaran!

More News

Jan 13, 2022
English Tips

9 Rekomendasi Tempat Nyaman yang Cocok untuk Belajar dan Mengerjakan Tugas

Jan 12, 2022
English Tips

Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Dec 30, 2021
English Tips

Ini Dia, 9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Anak Remaja

Dec 29, 2021
English Tips

Rekomendasi 9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Dec 28, 2021
English Tips

Studi di Luar Negeri? Ikuti 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Teman Baru 

Dec 27, 2021
English Tips

Ini Rekomendasi Film yang Bagus untuk Belajar Bahasa Inggris, Yuk Nonton!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!