Exposition Text: Definisi, Jenis, Rumus & Contoh Penggunaan

Nov 24, 2020
Share on facebook
Share on twitter

Tulisan ilmiah seperti tesis, berita, atau penelitian dalam Bahasa Inggris bisa dikategorikan dalam jenis exposition text. Tulisan-tulisan ini tentunya mengandung banyak opini penulis yang tentu saja bersifat subjektif.

Sebenarnya, apa saja yang bisa dikategorikan sebagai exposition text? Apakah ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi dalam menulis teks jenis ini?

Definisi

Dilansir dari Reading Assets merupakan sebuah tulisan yang bersifat persuatif dan berusaha untuk meyakinkan para pembaca atau pendengarnya. Dalam tulisan ini biasanya berisi mengenai isu-isu penting yang sedang hangat untuk dibahas.

Tentu saja tulisan ini berisi mengenai opini penulis yang bisa dikatakan merupakan opini satu sisi saja. Tak hanya opini, dalam teks jenis ini hampir semua merupakan argumen-argumen penulis terhadap suatu masalah.

Jadi bisa dikatakan bahwa exposition text merupakan sebuah tulisan terbuka yang bisa menghasilkan pro dan kontra untuk penulisnya.

Tulisan yang tergolong kedalam exposition text kadang dikenal juga dengan nama argumentative text, karena teks ini akan didominasi oleh argumen-argumen si penulis dan hal itulah yang menjadi ciri khas yang membedakan jenis teks exposition dengan teks lainnya.

Baca juga: Majas dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Jenis Exposition Text

Ada dua jenis exposition text dalam bahasa Inggris yang bisa kamu bedakan. Di antaranya adalah:

Analytical Exposition

Analytical exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan pernyataan yang menunjukkan sikap, opini, atau posisi penulis terhadap tema yang dibahas kemudian di dukung oleh berbagai argumen dan ditutup dengan penegasan atau pernyataan ulang tentang opini yang dinyatakan di bagian awal.

Hortatory Exposition

Hortatory exposition adalah jenis teks eksposisi yang diawali dengan pernyataan yang berisi isu atau masalah yang diangkat sebagai tema tulisan.

Kemudian didukung oleh berbagai argumen serta bukti pendukung yang dapat mengarahkan pembaca pada sudut pandang penulis. Terakhir, teks akan ditutup dengan saran atau rekomendasi dari si penulis akan apa yang seharusnya dilakukan atau terjadi terkait dengan masalah atau isu yang ditampilkan di awal.

Baca juga: News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Struktur Tulisan pada Exposition Text

Untuk menulis exposition text, ada tiga struktur yang harus dipelajari dan diaplikasikan dalam tulisanmu. Di antaranya adalah:

  • Thesis: Bagian ini akan berisi isu atau masalah yang akan diangkat sedangkan pada analytical exposition bagian ini akan berisi posisi, opini atau sikap si penulis.
  • Argument: Bagian yang berisi pendapat-pendapat atau argumen yang mulai dipaparkan oleh penulis. Baik pada hortatory exposition dan analytical exposition memiliki penjelasan yang sama dalam bagian ini.
  • Reitaration: Reiteration merupakan kesimpulan. Pada hortatory exposition akan berisi rekomendasi atau saran dari sang penulis terhadap masalah yang menjadi tema tulisan. Sedangkan pada analytical exposition, bagian ini akan berisi pernyataan ulang dari sang penulis.

Struktur Bahasa

Selain struktur tulisan, ada unsur kebahasaan yang perlu kamu perhatikan dalam menulis exposition text. Di antaranya adalah:

  • Menggunakan simple present tense.
  • Banyak menggunakan conjunction (kata hubung) seperti because of, so, therefore, the reason, dan lain-lain.
  • Berisi argumen-argumen.
  • Banyak menggunakan kata-kata yang mengandung sebab akibat (cause-effect).
  • Menggunakan kosakata yang mampu membangkitkan emosi pembaca, seperti: Amused, concern, innocent, unreasonable etc.

Contoh Exposition Text

Untuk lebih jelas dalam mengenal exposition text, mari lihat contohnya di bawah ini.

The emergence of the internet has given entrepreneurs many ways to make money. Writers are a group that has benefited from their talents as a result of the rise of internet-based jobs.

Blog writing is an increasingly popular way to earn money online. determined by the owner of the blog. They are very popular because the blogs are usually written on a certain subject area but can vary as their content is their simplicity to get up and running.

There are many free websites out there that will help you set up your own blog if you choose to go that route because a blog, in addition to advertisements, means potential revenue.

Translational writing is also good money to earn money online. Make sure to gear your articles to promote and advertise your own business ventures.

These articles are a free way to market the products and services you offer for free. The most effective advertising with these articles comes from the dialogue box that is inserted at the end of each article.

These dialogue boxes contain links to basically any website you would like to drive traffic to. For instance, you might have one link in your dialogue box to a product you are selling and one to a blog where you are promoting discussing other products.

Writing takes some time to gain credibility through but once it’s done earning potential can become very powerful.

Baca juga: Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Belajar untuk menulis opini terlihat sangat sulit, padahal kamu hanya perlu membiasakan diri dalam mempelajarinya. Kamu harus mulai belajar mengekspresikan apa yang ada di pikiranmu secara runut dan biasakan untuk mencatat. Kosa kata Bahasa Inggris juga perlu kamu perluas dengan berbagai cara, seperti misalnya menonton film berbahasa Inggris, membiasakana membaca buku bahasa Inggris, bahkan ikutan kursus online seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online). Dengan ditangani langsung oleh para native trainers, kamu bisa mendapatkan pengalaman langsung dalam belajar Bahasa Inggris.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetaui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggris kamu!

More News

Apr 12, 2021
English Tips

Ellipsis: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Istilah-istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Cara Penggunaan Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris

Apr 6, 2021
Vocabulary

Determiner: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 6, 2021
English Tips

Explanation Text: Definisi, Struktur, Contoh, Cara Penggunaan

Apr 1, 2021
English Tips

Adverbial Phrase: Definisi, Contoh Kalimat, Cara Penggunaan

Test Bahasa Inggrismu