Penjelasan Lengkap Mengenai Grammar dan Istilah di Dalamnya

Jul 27, 2020
Share on facebook
Share on twitter

Saat belajar Bahasa Inggris, hal yang pasti akan kamu temui adalah grammar. Mulai dari mata pelajaran Bahasa Inggris SD hingga SMA pasti akan terus menerus membahas grammar. Biasanya pun hal ini menjadi sesuatu yang paling susah dihadapi ketika ujian.

Bagaimana tidak? Ada berbagai rumus dan istilah yang harus diperhatikan untuk merangkai kalimat denga grammar yang benar. Namun, jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan membahas apa itu grammar dan istilah yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense

Definisi Grammar

Grammar merupakan struktur penyusunan kalimat. Dengan menggunakan struktur yang benar, sebuah kalimat akan menjadi sempurna. Struktur ini pun digunakan dalam segala bahasa, bukan hanya dalam bahasa Inggris. Mungkin untuk Bahasa Indonesia, kamu lebih mengenalnya dengan istilah SPOK (Subject, Predikat, Objek, Keterangan).

Grammar juga merupakan bagian dari sebuah bahasa setiap native speaker pelajari sejak bayi. Kenapa begitu? Karena walaupun saat masih kecil bayi belum bisa mengerti apa itu grammar, lama kelamaan secara alami mereka dapat membedakan arti karena seringkalinya mendengar orang berbicara di sekililing mereka. Kemudian beranjak dewasa pun jadi mengerti cara menyusun kata-kata menjadi kalimat sempurna.

Nah, untuk kita yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama kita, wajar jika menguasai grammar sangat sulit. Maka dari itu simak selalu artikel Wall Street English untuk belajar!

Istilah di Dalamnya

Part of Speech

Di dalam struktur Bahasa Inggris terdapat jenis kata-kata yang akan merangkai suatu kalimat sempurna. Nah, ini dia yang disebut Part of Speech. Sebenarnya ada delapan kategori dari part of speech tapi terdapat tiga saja yang biasanya diperhatikan: kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Pasti sudah pernah dengar kan

  1. Kata Benda (Noun), biasanya digunakan untuk menjelaskan nama tempat, nama orang atau suatu benda.
  2. Kata Sifat (Adjective), digunakan untuk memperjelas kata benda seperti menambahkan informasi mengenai nama orang atau benda. Contohnya menjelaskan warna, tekstur atau perasaan.
  3. Kata Kerja (Verb), digunakan untuk menyatakan sebuah tindakan seperti, berlari, mengambil barang, atau berbicara.

Verb Forms

Kata kerja dalam bahasa Inggris terdapat beberapa bentuk. Misalnya, kata kerja eat bisa berubah bentuk menjadi eating, ate, eaten, eats. Dari satu kata kerja bisa menjadi empat bentuk yang berbeda. Bentuk dasar dari kata kerja yang perlu kamu ketahui ada tiga, yaitu:

  1. Base Form, merupakan kata kerja dasar atau kata kerja pertama. Contoh: sing, eat, swim, have, do. Biasanya kata kerja dasar mengikuti kata “to”. 
  2. Past Simple, berikut adalah kata kerja kedua. Contoh: ate, sang, had, watched. Contoh kalimatnya: “He ate an entire chicken yesterday”. 
  3. Past Participle, yang terakhir ini merupakan kata kerja ketiga. Biasanya kata kerja ini digunakan untuk tense yang lebih rumit seperti present perfect. Contoh: “I have never been to Singapore”. Kata been di dalam kalimat merupakan kata kerja ketiga dari be. 

To Be

Bentuk kata kerja ini pasti sering kalian dengar. Biasanya kata kerja ini untuk menjelaskan keadaan. Yaitu, am, is dan areContoh: “we are family” ,“I am sad”, “she is here.” Namun, kata To be tidak bisa digabungkan dengan kata kerja dasar seperti read yang kemudian akan menjadi “we are read” karena penggunaan yang benar harusnya “we are reading”. 

Baca Juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Itu dia definisi dan istitilah yang digunakan dalam grammar. Semoga membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris ya! Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan kamu dalam bahasa Inggris, gabung ke Wall Street English Goes Online sekarang! Di sana kamu dapat belajar lagi lebih mendalam bersama native English trainer yang berpengalaman secara online. Gabung sekarang di sini!

More News

May 11, 2021
English Tips

Parallel Structure: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 11, 2021
Vocabulary

Appositive Phrase: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 7, 2021
Vocabulary

Reflexive Pronoun: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 4, 2021
Vocabulary

Positive Degree: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Apr 30, 2021
Vocabulary

Independent Clause: Definisi, Contoh Kalimat, dan Penggunaan

Apr 26, 2021
Business & Career

Public Speaking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menguasainya