Home English Tips   Recount Text dalam Bahasa Inggris; Definisi dan Strukturnya

Recount Text dalam Bahasa Inggris; Definisi dan Strukturnya

Jul 23, 2020

Apakah kamu pernah mendengar istilah recount text? Dalam mendalami bahasa Inggris banyak sekali jenis teks yang ada dan salah satunya adalah recount text. Recount text adalah jenis teks dalam bahasa Inggris  yang menceritakan tentang suatu cerita, tindakan, atau kegiatan. Biasanya, recount text menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Apakah pemahaman recount text hanya sebatas itu? Tentu saja tidak! Yuk, mari bahas jenis teks bahasa Inggris yang satu ini lebih dalam.

Baca juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Ciri-Ciri Recount Text

Bagaimana cara mengetahui sebuah narasi atau kalimat tersebut adalah teks recount? Kamu bisa mengidentifikasinya dengan beberapa ciri di bawah ini:

  • Menggunakan kalimat Past Tense (lampau), seperti: went, departed, would, woke up, dll.
  • Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara, seperti: last September, Pari Island, on then second day, dll.
  • Menggunakan conjunction dan time connectives guna mengurutkan peristiwa atau kejadian, seperti: and, before, then, after that, dll.

Struktur Recount Text

Dalam membuat teks recount, ada struktur yang harus diikuti saat menulis jenis teks ini. Apa saja strukturnya?

Orientation

Dalam tahap yang pertama ini, kamu diminta untuk memberikan sebuah pengenalan berupa informasi mengenai siapa, di mana, kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lalu. Di dalam bagian ini, kamu diharapkan untuk memberikan pembaca informasi yang diperlukan untuk memahami keseluruhan dari teks. Contoh :

Yesterday I stayed the night at my friend’s house, Magda, with my other three friends, Lilia, Syaline, and May. Magda’s house is so pretty. It has a big garden with a lot of kind of flowers and a big swimming pool. Right from the balcony, we can see the scenery of Sudirman Street.

Events

Di tahap kedua ini, kamu dapat menyampaikan atau mengisahkan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Kamu diminta untuk menulis cerita dalam urutan kronologis. Seperti ‘In the first day… . In the next day… . In the last day…’ Contoh: Depart from Muara Angke – Arrived – Went to the guest house – Rent bicycle and cycling –  Had lunch –  Snorkeling dan seterusnya.

Reorientation

Tahap yang terakhir dalam struktur teks recount adalah reorientation. Merupakan tahapan pengulangan pengenalan yang ada di tahap pertama. Pengulangan yang ada merangkum semua peristiwa atau kejadian yang diceritakan. Di tahapan terakhir, kamu bisa menuliskan rangkuman dari semua peristiwa atau kejadian yang diceritakan. Kamu juga bisa menuliskan komentar atau kesan personal terhadap peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. Contoh:

When we first arrived at 8 AM, Magda has welcomed us and asked us to get around the house as she explains all the room inside her home along with its function. After walking around the house, we gathered at Magda’s room to put our things. Then, we go to the garden and have some tea while chatting with each other.

atau

We finally go to sleep around 2 AM, it was late, but we had so much fun. I would love to go back to Magda’s house.

Macam-Macam Recount Text

Dalam recount text, masih ada lagi macam-macam di dalamnya yang bisa kamu gunakan sebagai referensi menulis. Biasanya seseorang akan memilih macam teks recount sesuai dengan tujuan dari penulisan. Adapun macam-macam dari teks recount adalah:

  • Personal recount: Merupakan recount text yang berfungsi menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.
  • Factual recount: Merupakan recount text yang berfungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian.
  • Imaginative: Merupakan recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginatif dan dituangkan dalam peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

Baca juga: Yuk, Belajar Simple Present Tense (Pengertian, Rumus, dan Contohnya)

Jadi, sudah paham mengenai teks recount yang sangat berguna dalam penulisan bahasa Inggris? Jika kamu masih ingin tahu lebih dalam mengenai jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris, mungkin kamu perlu ikut WSE GO (Wall Street English Goes Online). Waktu yang fleksibel untuk belajar dan ditangani langsung oleh para native speaker berpengalaman, akan membuat proses belajar lebih efektif.

Baca juga artikel menarik lainnya

5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Aug 7, 2020

5W+1H merupakan singkatan dari who, where, when, what, why, dan how. Sama seperti dalam bahasa…

As If dan As Though: Bagaimana Cara Penggunaannya?

Aug 6, 2020

Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun ada beberapa kata sambung yang bisa digunakan…

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami