Daftar Lengkap Beasiswa S2 di Luar Negeri!

Jul 29, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Melanjutkan kuliah di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang, apalagi di jenjang yang lebih tinggi baik S2 atau S3. Namun, menjalani pendidikan di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya biaya pendidikan saja yang harus kamu siapkan, namun juga biaya kehidupan sehari-hari. Kamu harus pandai dalam mengatur keuangan saat tinggal di luar negeri. 

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah di dalam keuangan kamu dapat menggunakan bantuan beasiswa. Beasiswa dapat membantu kamu menyediakan segala kebutuhan finansial pada saat kamu menjalani kuliah S2 di luar negeri. Sebelum kamu melamar beasiswa, perhatikan terlebih dahulu langkah-langkahnya! 

Cara Daftar Beasiswa S2 di Luar Negeri

Berikut ini merupakan bagaimana caranya kamu mendaftarkan diri ke penyelenggara beasiswa S2 di luar negeri : 

Tingkatkan Kemampuan IELTS

Skor minimal untuk mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri adalah 6.0 dibawah dari skor ini dipastikan kamu akan sulit untuk mendapatkan beasiswa, apalagi di jenjang S2 sampai S3. Maka dari itu, tingkatkan sebaik mungkin kemampuan bahasa Inggris kamu dari segi Listening, Writing, Reading, dan Speaking. 

Lakukan Riset

Kamu wajib melakukan riset dalam mencari tahu jurusan, universitas dan penyelenggara beasiswa. Syarat apa saja yang harus dipenuhi, dokumen apa yang harus dilengkapi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Nantinya, saat wawancara kamu akan ditanya apa yang kamu ketahui tentang universitas, hingga jurusan yang kamu minati.

Cari Pengalaman Kerja

Setelah kamu menyelesaikan S1, kamu harus memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama dengan kamu mengambil peminatan di jurusan S2 nanti. Hal ini akan membantu kamu ketika melakukan interview dengan penyelenggara beasiswa untuk menyampaikan tujuan dan kontribusi kamu kuliah S2 di luar negeri. 

Surat Rekomendasi

Memiliki surat rekomendasi merupakan hal yang dapat membantu kamu untuk lanjut kuliah S2. Surat rekomendasi berisi tentang rekomendasi dari individu tertentu yang melihat bahwa kamu memiliki kemampuan dan potensi untuk melanjutkan kuliah S2. Surat rekomendasi harus ditulis oleh 2 orang. Dari dosen kampus atau atasan tempat kamu bekerja. 

Konsultasi dengan yang Berpengalaman

Pergunakan media sosial kamu untuk mencari orang-orang yang sudah berpengalaman menjalani kuliah S2 di luar negeri. Kemudian, kamu dapat langsung bertanya-tanya mengenai bagaimana kehidupan di negara yang kamu tuju, apa yang akan dipelajari di jurusan yang kamu minati, bagaimana dengan biayanya dan lainnya. 

Daftar Beasiswa S2 Luar Negeri, Lengkap! 

Berikut ini adalah daftar beasiswa S2 di Luar Negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk lanjut kuliah S2 di luar negeri. 

Beasiswa Fulbright

Program beasiswa S2 pertama yang dapat kamu jadikan referensi adalah Beasiswa Fulbright dari pemerintah Amerika Serikat. Beasiswa ini khusus bagi kamu yang ingin melanjutkan S2 hingga S3 di Amerika Serikat. Beasiswa ini rutin dibuka setiap awal tahun. 

Beasiswa Australia Awards

Australia menyediakan beasiswa S2 bagi mahasiswa internasional contohnya Indonesia yang berminat untuk melanjutkan kuliahnya di Australia. Beasiswa ini bekerja sama dengan universitas-universitas ternama di Australia dengan berbagai program studi pilihan. Pendaftaran Beasiswa ini dibuka setiap Februari hingga April. 

Beasiswa Clarendon

Beasiswa S2 ini cocok bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Inggris. Tepatnya di kampus University of Oxford. Beasiswa ini memiliki program keahlian yang bervariasi dan khusus. Beasiswa ini dibuka pada bulan September hingga Januari. 

Beasiswa Monbukagakusho

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di Jepang, kamu dapat mendaftarkan diri di program beasiswa ini. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya penuh bagi kamu yang ingin belajar di tingkat lebih tinggi di Jepang. Dibuka untuk semua warga negara, khususnya Indonesia. 

Beasiswa KGSP

KGSP atau Korean Government Scholarship Program merupakan beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Korea Selatan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di Korea Selatan. Terdapat lebih dari 60 universitas ternama di Korea Selatan yang bergabung dengan program beasiswa ini. 

Beasiswa LPDP

Pemerintah Indonesia juga tidak lupa menyediakan program Beasiswa yaitu LPDP bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di luar negeri maupun dalam negeri. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya penuh dan menyediakan pendaftaran setiap tahunnya! 

Beasiswa Eiffel

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Eropa, khususnya di Prancis. Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Prancis. Setiap bulan, bagi penerima beasiswa ini akan mendapatkan tunjangan hidup bulanan, tiket pulang pergi, jaminan sosial, tunjangan transportasi, dan lainnya. Beasiswa ini dibuka mulai dari bulan September hingga Januari setiap bulannya. 

Itulah beberapa rekomendasi beasiswa S2 di luar negeri, cocok bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat lanjutan. Namun, hal yang paling penting untuk kamu tingkatkan adalah IELTS! Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan IELTS agar bisa menerima beasiswa S2 di luar negeri, kamu wajib mendaftarkan diri ke program IELTS dari Wall Street English! 

Program IELTS di WSE menyediakan berbagai benefit, mulai dari materi yang lengkap, native speaker yang memiliki kompetensi terbaik, hingga kelas yang fleksibel yang dapat disesuaikan dengan jadwal kamu! Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!   

More News

Aug 10, 2022
Business & Career

Cara Ampuh Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama!

Aug 9, 2022
Business & Career

Syarat Lengkap Menjadi Manajer di Perusahaan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir di Perusahaan, Wajib Diperhatikan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki Pegawai agar Bisa Naik Jabatan?

Aug 4, 2022
Business & Career

Strategi Jitu untuk Mengembangkan Karir bagi Karyawan!

Aug 3, 2022
Lifestyle, Media Coverage

Komunitas Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia Hadir di Kelapa Gading!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP