Home English Tips   Contoh CV Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya dengan Baik

Contoh CV Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya dengan Baik

Nov 10, 2020

CV Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang sangat perlu dan penting kamu siapkan di masa sekarang, apalagi jika kamu ingin melamar di perusahaan internasional yang butuh keahlian Bahasa Inggris.

Namun, walaupun kamu tidak melamar di perusahaan internasional, CV berbahasa Inggris juga bisa menjadi tolak ukur skill Bahasa Inggris kamu.

Untuk kamu yang sedang mencari kerja dan sedang bingung bagaimana cara buat CV. Terlebih lagi ketika kamu ingin menuliskan CV dalam Bahasa Inggris. Membuat CV yang berkualitas dapat meningkatkan kemungkinan kamu bisa dipanggil wawancara loh.

Nah, apa saja sih yang harus kamu masukkan dalam CV berbahasa Inggris kamu? Di bawah ini adalah cara membuat CV bahasa Inggris yang keren dan profesional.

Baca Juga: Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan

Pilih Format yang Tepat

Dalam membuat CV, terdapat banyak format yang bisa kamu gunakan. Ada yang berdasarkan kronologi pengalaman, fungsi pekerjaan atau yang campuran. Kamu bisa memilih salah satu tergantung dari bagaimana kamu ingin menggambarkan pengalaman kamu.

Jika kamu ingin mengurutkan pengalaman kerja kamu berdasarkan tahun, kamu bisa memakai format kronologi. Namun, jika kamu ingin menjelaskan fungsi dari pekerjaan kamu sebelumnya, kamu bisa menggunakan format fungsi pekerjaan. Format yang tepat akan membantu CV kamu terlihat lebih rapi dan konsisten.

Format huruf yang digunakan juga harus diperhatikan. Selain isi, ada juga font yang perlu kamu perhatikan saat menulis CV. Pilih satu font yang mudah dibaca dan tidak membuat sakit mata. Atur juga tulisan agar tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

Tulis Informasi Pribadi

Tentunya dalam menulis CV, kamu tidak bisa meninggalkan informasi pribadi. Informasi pribadi dapat membantu rekruter untuk mudah menghubungi kamu. Kamu bisa memasukkan alamat, nomor telfon, dan email.

Tuliskan Objektif yang Jelas

Jangan lupa untuk menuliskan apa objektif kamu dalam bekerja. Namun, perlu diingat untuk tidak menuliskan target-target yang terlalu personal. Misalnya yang perlu dicantumkan adalah target karir yang kamu inginkan lima tahun ke depan, bukan target kehidupan kamu secara umum lima tahun ke depan.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Profesional

Tuliskan Pencapaian

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, penting untuk menuliskan pencapaian kamu apa saja. Dengan begitu, rekruter akan dengan mudah mengetahui apa saja kemampuan kamu di dalam pekerjaan kamu. Tulislah pencapaian dengan pernyataan-pernyataan yang dapat diukur, misalnya “increased traffic by 50%.” Dengan menggunakan angka, rekruter dapat membayangkan target kerja kamu.

Deskripsikan Pekerjaan Kamu

Dibandingkan kamu membuat poin-poin jumlah pekerjaan kamu saja, coba jelaskan juga apa saja yang kamu kerjakan. Misalnya, ada tiga pengalaman kerja yang kamu cantumkan, coba jelaskan satu-satu seperti tanggung jawabmu dengan gaya yang deskriptif tapi juga singkat, padat, dan jelas.

Gunakan Grammar yang Benar

Nah, yang satu ini penting ketika kamu ingin menuliskan CV dalam Bahasa Inggris. Menggunakan grammar yang benar akan membantu kredibilitas kamu di mata rekruter. Grammar yang benar juga membantu proses membaca CV kamu, jadi rekruter dapat mengerti dengan jelas.

Jika kamu belum percaya diri atau mau mengecek grammar dalam CV kamu, baca artikel rumus 16 tenses ini untuk mempelajari lengkapnya!

Tinjau Ulang Penulisan

Setelah semua selesai jangan lupa untuk melakukan peninjauan ulang CV kamu. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam penulisan atau lupa memasukkan hal yang penting.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam proses peninjauan adalah struktur penulisan, grammar dan informasi-informasi penting. Faktanya, kita ingin terlihat pintar dalam sebuah CV. Kita harus berusaha ‘menjual diri’ untuk memperlihatkan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. Tapi, jangan sampai kamu menggunakan istilah-istilah yang njelimet dalam sebuah CV. Bukannya terlihat keren malah bisa membuat CV kamu tidak dibaca karena pusing.

Hindari juga kesalahan penulisan kata. Baca ulang CV kamu sebelum di-submit. Jangan sampai ada typo atau salah penulisan di dalam CV yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga: Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Itu dia tips cara buat CV dalam bahasa Inggris. Sekarang mari kita beralih ke contohnya.

Contoh Format CV Bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa CV perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaannya masing-masing? Jangan sampai kamu mengirimkan CV yang sama ke semua perusahaan apalagi untuk melamar pekerjaan yang berbeda-beda.

Selain bisa mengurangi kesempatan untuk bisa diterima, CV dan resume dirasa tak spesial dan personal lagi. Untuk menghindari hal tersebut, mari cek contoh CV di bawah ini berdasarkan jenis pekerjaannya yang dilansir dari Career Addict.

CV Bahasa Inggris tradisional

CV tradisional di bawah ini merupakan salah satu contoh format teraman yang bisa kamu aplikasikan ke dalam pekerjaan apapun. Tanpa warna-warna yang mencolok dan font yang unik, kamu tetap bisa mengambil perhatian rekruter.

Tulis hal-hal yang urut dan juga gunakan skill menulis kamu. Mulailah dari pengalaman kerja terbaru, edukasi, dan skill yang kamu miliki. Gunakanlah poin-poin yang mudah dibaca saat menulis CV.

cv bahasa inggris

Sumber: Career Addict

Fresh Graduate

Jika kamu ingin mencari kerja selepas lulus kuliah, kamu bisa contoh format CV di bawah ini. Jika kamu belum memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa tulis pengalaman-pengalaman organisasi yang pernah kamu lakukan di kampus serta skills lain yang diperoleh selama berkuliah.

Kamu harus meng-highlight tujuan karirmu di perusahaan yang kamu pilih serta tujuan dari memilih pekerjaan yang kamu inginkan. Hal-hal seperti ini bisa kamu tulis di paling atas untuk membuat rekrute tahu bahwa kamu seorang fresh graduate.

Setelah itu, kamu bisa lanjutkan dengan background edukasi serta IPK yang sudah kamu capai.

cv bahasa inggris

Sumber: Career Addict

Baca juga: Personal Branding: Seberapa Pentingnya dalam Urusan Mencari Kerja?

Akademik

Mungkin di pikiranmu CV hanyalah sebuah tulisan yang merangkum riwayat hidup dan bisa diaplikasikan di mana-mana. Nyatanya, tidak semudah itu, lho! Apakah CV untuk pekerjaan yang berhubungan dengan akademik dengan CV seorang arsitek bisa disamakan? Tentu saja tidak.

Jika kamu ingin melamar pekerjaan yang berhubungan dengan bidang akademik, kamu bisa menggaris bawahi bagian edukasi, publikasi, jurnal, pengalaman mengajar, dan lainnya. Biasanya perusahaan akan mendahului hal-hal tersebut dibandingkan dengan skill yang kamu miliki.

Sumber: Career Addict

Magang

Jika kamu ingin melakukan magang karena kebijakan dari kampus, kamu perlu siapkan CV yang keren khususnya CV Bahasa Inggris. Walaupun kamu belum punya pengalaman apa-apa dan belum tahu secara penuh skill yang kamu miliki, kamu tetap harus ‘menjual diri’ sebaik mungkin, apalagi karena saingan untuk magang pastinya banyak. Lalu, apa yang perlu kamu tulis dalam CV untuk posisi magang? Kamu bisa mencantumkan apa saja yang sudah kamu buat selama kuliah, lebih bagus jika berhubungan dengan perusahaan yang kamu lamar.

Kedua, kamu bisa tulis alasan-alasan mengapa kamu cocok untuk magang di perusahaan dan posisi yang diinginkan. Jika kamu pernah ikut kompetisi, kamu juga bisa tulis di dalam CV karena hal tersebut adalah sebuah pencapaian. Dalam kolom edukasi, tulislah edukasi terbaru sampai terlama.

Sumber: Career Addict

Mengganti Karir

Mengganti karir dalam dunia pekerjaan bukanlah hal yang aneh. Namanya juga masih mencari yang terbaik, pasti ada pergeseran karir dalam hidup. Apakah mengganti karir berarti kamu harus mengulang lagi dari nol dengan gaji junior padahal kamu sebelumnya sudah berada di posisi senior? Bisa iya bisa tidak. Hal ini tergantung dari CV yang kamu buat serta kebijakan dari perusahaan yang kamu lamar.

Jika kamu ingin mengubah karir di tengah-tengah pekerjaanmu, kamu bisa menggali lebih dalam mengenai korelasi antara pekerjaan yang sekarang dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Misalnya saja kamu ingin mengubah karir dari sales ke copywriter. Kedua pekerjaan ini mungkin terlihat sangat bertentangan.

Namun, jika kamu menggalinya lebih dalam dengan mencantumkan pernyataan “prepare and execute presentations/demos and provide solutions to customer inquiries” bisa jadi recruiter akan memperhitungkan kamu sebagai kandidat.

cv bahasa inggris

Sumber: Career Addict

Baca juga: Mengapa Bahasa Inggris Bisnis Penting untuk Karir? Berikut Tipsnya!

Itu dia cara membuat dan beberapa contoh CV Bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi dalam membenahi CV kamu. Skill Bahasa Inggris dalam CV memang sudah terlihat baik, tapi apakah kamu sudah siap jika diajak interview dalam Bahasa Inggris? Yuk, perdalam skill conversation kamu dalam WSE GO (Wall Street English Goes Online) dengan mengikuti Conversation Master Class.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggris kamu!

English Tips Mar 4, 2021

Superlative Degree: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Siapa yang masih ingat dengan  materi perbandingan dalam bahasa Inggris? Sesuai yang sudah kita pelajari, tingkatan perbandingan dalam bahasa Inggris terbagi 3, yaitu positive degree, comparative degree dan superlative degree. Jika diartikan ke dalam bahasa…


English Tips Mar 2, 2021

Subject Verb Agreement: Rumus, Contoh, dan Penggunaannya

Dalam belajar bahasa Inggris, pastinya kita akan mengenal verb, subyek, grammar, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang mungkin sampai sekarang masih membuat kita bingung atau keliru adalah perubahan kata kerja pada sebuah kalimat bahasa…


Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami