11 Checklist Barang-barang yang Wajib Kamu Bawa Saat Kuliah di Luar Negeri

Feb 28, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Mahasiswa yang melanjutkan kuliah di luar negeri pasti merasakan kehidupan yang berbeda dibanding di negara asalnya. Mereka harus hidup mandiri tanpa orang tua dan melakukan semuanya sendiri tanpa dibantu. Apalagi mereka juga harus tinggal di sana dalam waktu yang sangat lama. Sehingga dibutuhkan barang-barang penting yang dapat menunjang aktivitas supaya lebih mudah.

Setiap orang pasti memiliki barang-barang wajib yang harus dibawa kemanapun ia pergi. Namun, kamu harus membawa barang lebih banyak saat kuliah di luar negeri, karena terdapat beberapa barang yang dapat mempermudah hidup ketika berada di negara asing. Penasaran apa saja barang wajib yang harus dibawa? Yuk simak di bawah!

Barang-barang yang Wajib dibawa Saat Kuliah di Luar Negeri

Tenang aja, tidak banyak kok barang yang wajib kamu bawa. Jika kamu sudah membawa barang-barang di bawah ini, dijamin kamu tidak akan merasa kesulitan ketika tinggal di negara tujuanmu. Berikut barang-barang yang wajib kamu bawa ketika kuliah di luar negeri!

1. Dokumen penting

Dokumen penting wajib untuk dibawa saat kamu kuliah di luar negeri, seperti visa dan paspor. Paspor merupakan identitas kamu ketika berada di luar negeri, sehingga segala urusan yang membutuhkan identitas harus menggunakan paspor. Selain itu, kamu juga harus membawa dokumen penting lainnya, seperti asuransi, letter of acceptance, ijazah, sertifikat tes bahasa asing, dan dokumen lainnya.

2. Buku dan peralatan kuliah

Apabila kamu memiliki buku untuk menunjang proses perkuliahan, kamu bisa membawanya dari Indonesia sebagai bahan untuk belajar. Jangan lupakan juga peralatan lainnya, seperti pena, pensil, penghapus, staples, dan sebagainya. Sebetulnya kamu bisa membelinya di negara tujuan, namun harganya sudah pasti lebih tinggi. Maka itu kamu bisa membawa beberapa buku dan peralatan supaya bisa menghemat biaya pengeluaran.

3. Gadget

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang, jangan sampai lupa untuk membawa gadget yang diperlukan untuk menunjang kegiatan mu di sana. Beberapa gadget yang wajib kamu bawa adalah handphone dan laptop. Selain itu, kamu juga bisa membawa gadget lainnya seperti kamera untuk berfoto-foto di sana dan membagikannya di sosial media.

4. Travel adaptor dan extension

Beberapa negara di dunia memiliki model colokan listrik yang berbeda dengan di Indonesia. Sebaiknya kamu sudah menyiapkan travel adaptor dan extension kabel supaya kamu tidak kebingungan ketika mendapatkan model colokan listrik yang berbeda. Barang ini wajib dibawa supaya tidak menghambatmu ketika ingin mengisi daya handphone atau laptop ketika keadaaan darurat.

5. Peralatan masak

Hidup di luar negeri mewajibkan kamu untuk memasak. Apalagi di di negara-negara maju yang membutuhkan biaya cukup tinggi untuk membeli makanan jadi. Siapkan satu koper untuk membawa peralatan masak, seperti teflon, panci, dan spatula. Jika koper kamu masih muat, tidak ada salahnya untuk membawa rice cooker agar kamu lebih mudah untuk memasak nasi di sana.

6. Bumbu masak dan makanan instan

Supaya bisa mengobati rasa rindu dengan rumah, kamu bisa membawa beberapa makanan instan yang biasa dikonsumsi di rumah. Beberapa makanan instan yang wajib kamu bawa adalah mie instan, abon, dan bawang goreng. Jangan lupa juga untuk membawa bumbu masak khas Indonesia, seperti bumbu nasi goreng, bumbu rendang, kecap, saus sambal, dan sebagainya.

7. Pakaian sesuai iklim

Perhatikan iklim yang ada di negara tujuanmu dan mencari pakaian yang sesuai. Jika tujuanmu adalah negara-negara Eropa dengan cuaca yang dingin, sudah pasti kamu tidak bisa menggunakan pakaian yang bisa digunakan di Indonesia. Apalagi jika negara tujuanmu memiliki cuaca cukup ekstrim bahkan bersalju. Siapkan pakaian hangat seperti sweater, rain coat, jaket tebal, dan sepatu tebal agar tidak kedinginan.

8. Pakaian khas negaramu

Beberapa universitas seringkali mengadakan festival budaya yang mewajibkan mahasiswanya untuk memperkenalkan budaya dari negara masing-masing. Sudah pasti kamu berpikir akan memperkenalkan batik atau kebaya khas Indonesia yang sulit ditemukan di sana. Supaya kamu tidak kerepotan, kamu wajib membawa pakaian khas Indonesia untuk digunakan pada saat diperlukan.

9. Obat-obatan

Barang yang satu ini terkadang dilupakan oleh banyak orang, padahal obat-obatan sangat dibutuhkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu merasa jarang mengalami sakit, setidaknya kamu membawa obat sakit kepala, obat masuk angin, dan obat flu. Kamu tidak akan tau virus apa yang akan menyerang ketika bepergian. Sebaiknya selalu sedia obat-obatan tersebut agar tidak memperburuk kondisimu.

10. Skincare dan make up

Negara dengan suhu yang dingin cenderung memiliki udara yang kering. Sangat berbanding terbalik dengan Indonesia yang memiliki udara yang lembab. Nah, udara yang kering juga dapat membuat bibir dan kulitmu menjadi kering. Sehingga kamu harus rajin menggunakan pelembab bibir dan kulit agar tidak terlihat kusam. Selain itu, kamu juga bisa membawa make up pribadimu agar bisa berdandan seperti biasa.

11. Uang

Sebelum berangkat ke luar negeri, sebaiknya kamu sudah memiliki uang yang sudah menggunakan mata uang negara yang dituju. Setidaknya kamu sudah memegang uang ketika ingin membeli sesuatu di bandara negara tujuan, seperti minuman dan makanan. Selain uang, kamu juga bisa menyiapkan kartu debit dari bank internasional supaya bisa digunakan di negara tujuan. Dengan itu kamu bisa mengambil uang yang dikirim oleh orang tuamu dari Indonesia.

Nah, itu lah beberapa barang yang wajib kamu bawa ketika ingin kuliah di luar negeri. Sebetulnya beberapa barang di atas bisa kamu beli di negara tujuan, namun kemungkinan kamu akan menemukan harga yang cenderung lebih tinggi. Sehingga dapat membebankan biaya hidupmu di sana.

Selain membawa barang-barang di atas, kamu juga harus membawa bekal yang paling penting namun tidak akan memenuhi kopermu. Bekal yang dimaksud adalah kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Agar kamu bisa membawa barang-barang di atas ke luar negeri, kamu harus bisa berbahasa Inggris untuk memudahkan ketika berkomunikasi.

Wall Street English bisa membantu kamu supaya lancar berbahasa Inggris dengan proses yang cepat. Tentunya dengan bantuan Native English Trainers, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker dan memudahkan kamu ketika bertemu teman atau dosen di kampus tujuanmu nanti.
Tunggu apalagi? Segera daftar sekarang dan bergabung bersama member Wall Street English lainnya! Selain untuk kuliah di luar negeri, mahir berbahasa Inggris juga dapat membantumu dalam bekerja dan bersaing dengan calon pegawai lain. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan komunitas bahasa Inggris yang dapat memperluas koneksi pertemananmu.

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP