Home English Tips   Level Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Mengukur Kemampuanmu?

Level Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Mengukur Kemampuanmu?

Sep 2, 2020

Dalam belajar bahasa khususnya bahasa Inggris, kamu perlu sering-sering atau secara rutin mengukur kemampuan. Mungkin di antara kamu masih banyak yang mengesampingkan hal ini bahkan masih menganggap hal ini tidak penting. Padahal, mengukur level bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting. Kenapa? Hal ini bertujuan agar kamu bisa terus improve dan progress belajar tidak terhenti sampai di situ saja. Dengan kamu melakukan tes, kamu juga akan tahu di mana letak kekurangan kamu serta kelebihan yang perlu kamu pertahankan. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, semakin mudah kita mengukur level bahasa Inggris. Apa saja caranya?

Baca Juga: Wall Street English dan Berbagai Program Belajarnya

IELTS

Merupakan singkatan dari International English Language Testing System, IELTS adalah salah satu ujian bahasa Inggris paling bergengsi dan banyak digunakan oleh orang-orang. Tes IELTS ini biasanya digunakan untuk kebutuhan kuliah, sekolah, kerja, atau pindah ke negara-negara berbahasa Inggris seperti Australia, Canada, Irlandia, New Zealand, dan United Kingdom. Biasanya IELTS memiliki score yang akan keluar di saat kamu selesai mengerjakan soal yang diberikan. Tes IELTS bisa dilakukan di lembaga-lembaga bahasa Inggris dan memiliki biaya yang cukup mahal. Namun, jika kamu hanya ingin iseng-iseng mengukur kemampuan, sudah banyak kok situs yang menyediakan tes IELTS secara gratis. Dari sini kamu akan sedikit tahu sudah seberapa layak kamu dalam IELTS.

TOEFL

TOEFL adalah tes bahasa inggris yang paling terkenal karena sering dipakai di Indonesia. Tes ini menjadi syarat ketika kamu mau berkuliah di daerah Amerika. Untuk melanjutkan studi maupun kerja, skor minimal TOEFL yang diminta menurut persyaratan adalah sekitar 550. Untuk mendaftar tes TOEFL, biaya pendaftarannya berkisar $40 atau sekitar 550 ribu rupiah. TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking dengan durasi tes sekitar 3-4 jam. Namun, sama halnya dengan IELTS kamu bisa juga mencari situs yang menyediakan latihan soal secara online. Hal ini akan memudahkan kamu sebelum memtuskan membayar tes TOEFL secara resmi. Dengan mengikuti tes online tersebut, kamu akan tahu bagian apa yang perlu kamu perbaiki.

Language Level

level bahasa Inggris

Sumber: Canva

Language level merupakan situs yang menyediakan tes singkat dan gratis yang berfokus pada vocabulary dan grammar. Kamu hanya akan diberi 15 pertanyaan dan tingkat kesulitannya berubah tergantung jawaban yang disubmit. Setelah selesai, level bahasa Inggris kamu langsung bisa diketahui, dari A1 ke C2. Berdasarkan informasi tersebut, kamu bisa tahu gambaran besar nilai yang mungkin kamu dapatkan untuk IELTS atau TOEFL. Online test seperti ini juga sangat baik dan bermanfaat jika kamu ingin mendaftar kursus bahasa Inggris namun masih bingung dari mana untuk memulainya. Daripada kamu memulai dari 0, lebih baik tes dulu untuk tahu hasilnya. Dengan penganganan yang tepat, kemampuan bahasa Inggris bisa dipastikan tidak akan jalan di tempat apalagi dibantu dengan program WSE GO (Wall Street English Goes Online).

TOEIC

Tes satu ini cocok untuk kamu yang mau mencari pekerjaan di luar negeri. Tidak cuma itu, beberapa perusahaan di Indonesia ternyata mewajibkan kandidat karyawan untuk memiliki sertifikat ini, seperti: FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia. Standar penilaian untuk tes ini memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment). Untuk lulus dalam tes ini, kamu harus memiliki skor setidaknya 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990. Biaya untuk pendaftaran test ini berkisar $40-$50 atau sekitar 600-700 ribu rupiah.

Baca juga: Latihan Soal Bahasa Inggris Past Tense

Mengisi Kuis Gratis di Wall Street English

Tahukah kamu jika Wall Street English menyediakan tes gratis untuk mengukur level bahasa Inggris? Nah, ini merupakan kesempatan kamu untuk memanfaatkan semaksimal mungkin tes yang disediakan. Kamu juga bisa memilih jenis tes yang kamu ingin ikuti, seperti: everyday, study, travel, and business. Dengan memilih jenis sesuai dengan kebutuhan, hasil yang kamu dapatkan akan lebih spesifik. Hal ini sangat bermanfaat dan sangat membantu di mana letak kekurangan serta kelebihanmu.

Tak hanya itu, tes ini juga berfungsi jika kamu ingin mendalami kemampuan bahasa Inggris dengan Wall Street English. Kamu bisa ambil kelas sesuai dengan kebutuhanmu yang bisa dilihat dari hasil tes kuis tersebut. Yuk isi tes bahasa Inggris di bawah ini!

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami