Jangan Sampai Salah! Ini Cara Melakukan Translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang Benar

Dec 26, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Bahasa Inggris sudah sangat dekat dengan kita dan bisa ditemui pada kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak ada satu haripun kamu tidak melihat bahasa Inggris di sekelilingmu. Kamu akan menemukan bahasa Inggris dari internet, film, atau musik yang biasa kamu dengar.    Sayangnya, banyak orang yang tidak mengerti bahasa Inggris sehingga kesulitan untuk menafsirkannya. Sehingga masih banyak yang membutuhkan terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia untuk mengerti kalimat yang dimaksud.   Nah, jangan sampai salah. Berbagai kosakata dari setiap bahasa pasti memiliki banyak makna yang berbeda-beda. Sehingga proses penerjemahan juga harus dilakukan dengan benar supaya tidak mengubah arti kalimat yang dimaksud. Kendati demikian, kamu harus mengetahui cara menerjemahkan bahasa dengan benar di bawah ini. Yuk langsung simak di bawah!  

Bagaimana Cara Menerjemahkan yang Benar? 

Pertama-tama kamu harus memastikan bahwa tidak ada yang salah dalam hasil terjemahan, yaitu dengan melakukan proses identifikasi dan pemahaman tentang teks atau dokumen yang akan diterjemahkan.   Lakukan penerjemahan dengan baik agar tidak ada kesalahan penafsiran yang dapat membuat kalimat menjadi rancu. Kamu bisa melakukan revisi dari hasil terjemahan untuk meninjau kesalahan kata atau arti supaya informasi yang disampaikan bisa diterima dengan baik.  

Langkah-Langkah Translate Teks Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia yang Baik

Tidak boleh asal menerjemahkan, karena tidak boleh ada kesalahan dari kalimat yang diterjemahkan supaya tidak mengubah kalimat yang dimaksud. Supaya tidak salah, simak langkah-langkah menerjemahkan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di bawah ini!  

1. Memahami Vocabulary dan Grammar

Pahami vocabulary dan grammar ketika kamu ingin menerjemahkan kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, supaya kamu mengetahui kosakata yang digunakan berdasarkan tenses. Jika kamu belum menguasai keduanya, sangat sulit untuk menerjemahkan arti dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan tepat. Apalagi satu kosakata saja sudah memiliki banyak makna yang berbeda-beda.  

2. Gunakan Struktur Bahasa yang Benar

Gunakan struktur bahasa yang benar sehingga enak untuk dibaca dan didengar, karena banyak contoh terjemahan yang berbentuk pasif dan terdengar tidak alami. Pastikan kamu menggunakan struktur bahasa yang benar dengan membaca ulang hasil terjemahannya. Jika masih kurang enak didengar, maka masih ada struktur kalimat yang kurang tepat dan harus diperbaiki.  

3. Terjemahkan Sesuai Konteks Kalimat

Jangan menerjemahkan kosakata satu-persatu, karena dapat menafsirkan arti yang berbeda-beda. Terjemahkan satu kalimat penuh agar bisa diterjemahkan dengan jelas sesuai dengan konteks yang dimaksud. Terkadang tools penerjemah seringkali menerjemahkan kalimat secara harfiah dan tidak sesuai dengan yang dimaksud, sehingga kamu juga harus mengerti konteksnya kalimatnya.  

4. Menggunakan Tools Penerjemah

Manfaatkan tools penerjemah untuk memudahkan kamu dalam menerjemahkan bahasa. Kamu bisa menggunakan Google Translate, Microsoft Translator, Yandex Translate, dan Oxford Dictionaries yang mudah diakses secara daring dari smartphone kamu. Jika kamu sedang membaca artikel atau mendengar lagu berbahasa Inggris dan tidak mengerti arti dari kalimatnya, kamu bisa langsung mengakses tools penerjemah untuk mencari tahu artinya.  

5. Bertanya Kepada Ahli

Selain menggunakan tools penerjemah, kamu juga bisa bertanya kepada ahli yang bisa diandalkan. Misalnya seperti guru bahasa Inggris atau keluarga dan kerabat kamu yang memiliki keahlian berbahasa Inggris dengan baik. Akan lebih bagus jika kamu bisa bertanya langsung kepada native speaker. Pelajari banyak kosakata baru yang jarang kamu dengar dengan para ahli, agar kemampuan bahasa Inggris kamu semakin berkembang.  

6. Baca Kembali Kalimat yang Sudah di Translate

Baca kembali kalimat yang sudah diterjemahkan, apakah sesuai dengan kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, pastikan juga kalimat yang diterjemahkan sudah sesuai dengan konteks yang dimaksud pada kalimat bahasa Inggris. Jika ada kosakata yang kurang tepat, kamu perlu mencari tahu lebih lanjut kosakata yang cocok dan sesuai dengan yang dimaksud.   

7. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Cara terakhir untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan baik yaitu dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Jika kamu sudah memahami bahasa Inggris dengan baik, kamu tidak perlu lagi mengandalkan tools penerjemah. Kamu juga bisa lebih mudah untuk menafsirkan setiap kalimat bahasa Inggris yang ditemui dengan cepat.   Nah, tidak perlu bingung untuk mencari ahli yang bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris, karena Wall Street English dapat menyediakannya khusus untuk kamu! Di Wall Street English, kamu akan bertemu dengan member lain dengan minat yang sama. Sehingga kamu dapat memperluas jaringan pertemanan dengan mudah.   Tentu dengan bantuan Native English Trainers, kamu akan lebih mudah dan cepat dalam mempelajari bahasa Inggris. Kamu juga akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker untuk persiapan ketika kamu bertemu dengan orang asing di dunia pendidikan maupun dunia kerja.   Yuk daftar sekarang untuk bergabung bersama member Wall Street English yang lain! Selain belajar bahasa Inggris, kamu dapat memperluas koneksi dan membuka peluang baru untuk masa depan. Apalagi setiap member Wall Street English juga akan mendapatkan sertifikat internasional untuk memudahkan kamu melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri.

More News

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

Jun 13, 2022
Business & Career

5 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Eropa Nomor Satu!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP