11 Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Pelajar Agar Lebih Produktif

Feb 10, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Terkadang kita kebingungan untuk melakukan kegiatan ketika sedang waktu luang, sehingga banyak orang yang memilih untuk bersantai dan bermalas-malasan. Padahal, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengasah otak selain bermalas-masalan. Apalagi jika kamu masih berada di usia yang tergolong muda serta belum memiliki banyak tanggung jawab dan tuntutan.

 

Saat kamu tumbuh dewasa dan berkeluarga nanti, semakin sedikit juga waktu luang yang kamu miliki. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak melakukan kegiatan yang bermanfaat ketika masih muda. Maka itu, kamu harus mengetahui kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat waktu luang pada artikel ini!

 

Bagaimana Cara Meluangkan Waktu untuk Kegiatan Kreatif dan Produktif?

 

Jangan sia-siakan waktu luangmu untuk melakukan kegiatan yang tidak penting. Semakin bertambahnya usia, kemungkinan kamu juga tidak akan memiliki waktu luang untuk dimanfaatkan. Jika kamu sudah bosan bersantai-santai, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan di bawah ini!

 

  • Memulai hobi baru
  • Mengatur kotak masuk e-mail
  • Merencanakan aktivitas yang menyenangkan
  • Mengatur ulang jadwal rutin
  • Mengikuti kursus daring
  • Mempelajari keterampilan baru
  • Membuat blog
  • Membangun jaringan
  • Menonton film dokumenter

 

Beberapa kegiatan di atas dapat mengisi waktu luang kamu agar lebih kreatif dan produktif. Dibanding bermain game dan bermalas-masalan, kegiatan di atas dapat membuat pikiran kamu tetap berjalan. Maka itu, kamu harus terbiasa untuk melakukan kegiatan yang produktif supaya tidak bermalas-malasan.

 

Cara Mengisi Waktu Luang Bagi Para Pelajar

 

Sebagai seorang pelajar, menimba ilmu sebanyak-banyaknya adalah hal yang harus dilakukan. Masa-masa ini harus dimanfaatkan untuk mencari pengalaman-pengalaman baru, apalagi jika kamu belum ada tanggung jawab dan tuntutan yang besar. Nah, buat kamu para pelajar, di bawah ini terdapat banyak hal produktif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang. Berikut cara mengisi waktu luang bagi para pelajar yang perlu kamu ketahui!

 

 

1. Mengerjakan Tugas / PR

Sebagian banyak sekolah masih memberikan tugas atau pekerjaan rumah yang cukup banyak. Sehingga kamu harus menggunakan waktu luang untuk mengerjakan PR yang diberikan. Sayangnya, masih banyak pelajar yang malas mengerjakan PR karena sudah lelah belajar di sekolah.

 

Padahal, mengerjakan PR dapat menyegarkan pikiran kamu untuk mengingat materi yang diajarkan. Memang diperlukan manajemen waktu yang baik supaya tidak merasa bosan dan lelah ketika mengerjakan PR. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan PR dan jangan menunda-nunda.

 

2. Mempelajari Keahlian Baru

Semakin banyak keahlian yang dimiliki, semakin memudahkan kamu dalam menghadapi dunia kerja. Kamu juga bisa menangani beberapa pekerjaan yang bisa menambah pendapatan dan mempercepat kesuksesanmu. Terlebih lagi, kamu bisa mempelajari banyak keahlian baru dengan mudah melalui kursus daring di internet.

 

Beberapa keahlian yang mungkin bisa kamu pelajari adalah pengolahan data, pengembangan software, digital marketing, dan user experience design. Beberapa keahlian tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang tumbuh di zaman modern, sehingga orang-orang yang menguasai keahlian tersebut memiliki banyak lapangan pekerjaan untuk dipilih.

 

3. Mengembangkan Hobi

Pasti setiap orang memiliki hobi yang sering dilakukan untuk menyegarkan pikiran. Selagi masih banyak waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan hobi. Jika kamu hobi bermain musik, kembangkan kemampuan bermusik kamu hingga mencapai tingkat tertinggi. 

 

Tidak menutup kemungkinan bahwa hobi bisa mempermudah karir kamu di masa depan. Bahkan bisa saja kamu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan hobimu, sehingga pekerjaan kamu bisa lebih menyenangkan karena melakukan hal yang disukai.

 

4. Bersosialisasi

Jangan lupa untuk bersosialisasi, karena bersosialisasi sangat penting untuk memperluas koneksi pertemanan kamu. Ketika bersosialisasi, kamu bisa saja bertemu teman baru yang memiliki visi misi serta mimpi yang sama. 

 

Dengan demikian, kamu bisa saling berbagi pengalaman dan menggapai mimpi bersama-sama. Bersosialisasi juga dapat mengasah kemampuan kamu dalam berbicara dan beropini, sehingga kamu terbiasa ketika bertemu orang baru nantinya.

 

5. Magang/Kerja Part-time

Magang atau melakukan kerja part-time tidak hanya memberikanmu uang saku, namun juga dapat memberi banyak pengalaman yang bisa menjadi bekal kamu nantinya. Apalagi jika kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu. 

 

Sebagai contoh, jika kamu suka dengan dunia fotografi atau videografi, kamu bisa mencari pekerjaan part-time sebagai fotografer atau videografer. Jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman ketika magang, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sama ketika sudah memasuki dunia kerja.

 

6. Mengikuti Kegiatan / Komunitas Pengembangan Diri

Apabila kamu merasa masih memiliki banyak kekurangan saat masa sekolah, kamu harus siap untuk berubah dan mengembangkan diri. Ketika di masa kuliah atau di dunia kerja, kamu harus bisa berpikir kritis dan beropini dengan baik.

 

Selain itu, kamu juga harus bisa memberikan solusi ketika dihadapi sebuah masalah. Sehingga kamu harus mengembangkan diri jauh lebih baik dengan mengikuti kegiatan atau komunitas pengembangan diri, seperti pelatihan, workshop, atau seminar ketika ada waktu luang.

 

7. Membaca Buku Materi Pelajaran

Sudah belajar di sekolah, bukan berarti kamu tidak belajar di rumah. Kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku pelajaran yang bersangkutan dengan materi di sekolah. Selain untuk mengulang materi yang sudah diajarkan, kamu juga bisa mempelajari materi baru yang belum diajarkan.

 

Jika kamu sudah mempelajari materi baru, kamu akan lebih mudah mencerna materi yang disampaikan oleh dosen atau guru. Dampak positifnya, kamu berada selangkah di depan dibanding teman-temanmu yang tidak membaca buku materi pelajaran.

 

8. Berwirausaha

Memiliki modal dan strategi untuk berwirausaha? Jangan takut untuk membuka usaha untuk mendapatkan uang. Namun kamu juga harus siap untuk gagal, karena berwirausaha tidak selamanya berjalan mulus. Jika kamu sudah siap dengan konsekuensinya, berwirausaha juga dapat memberikan banyak ilmu, seperti berpikir kritis, cara memecahkan masalah, dan memanfaatkan peluang.

 

Kamu bisa memulai membuka usaha dengan risiko kerugian yang kecil, supaya modal kamu tidak terkuras habis ketika kurang berhasil. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak platform yang bisa menunjang para wirausaha untuk berbisnis. Sehingga kamu bisa memanfaatkan berbagai platform yang ada agar bisnis kamu bisa berkembang.

 

9. Menjadi Sukarelawan

Bagi kamu yang sangat peduli dengan kemanusiaan, menjadi sukarelawan dapat memberikanmu banyak ilmu tentang kehidupan. Masih banyak orang yang fokus dengan dirinya sendiri tanpa memperhatikan orang di sekitarnya. Padahal, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan sukses dengan bantuan orang lain.

 

Kamu bisa memulainya dengan membagikan makanan, air bersih, sembako, pakaian, dan lain-lainnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Jangan hanya menggali ilmu akademik, kamu juga harus menumbuhkan rasa empati supaya bisa bermanfaat bagi orang lain.

 

10. Bergabung di Organisasi

Manfaatkan organisasi yang diselenggarakan untuk bergabung di dalamnya. Biasanya, ada banyak sekali organisasi yang tersedia ketika di universitas. Bergabung dalam organisasi dapat melatih kemampuanmu dalam bersosialisasi dan bertanggung jawab. Bahkan organisasi juga bisa menguji kemampuanmu dalam memimpin apabila kamu menempati posisi yang tinggi.

 

Pengalaman berorganisasi juga dibutuhkan oleh perusahaan dalam mencari calon pegawai, karena berorganisasi memiliki banyak ilmu yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. Dengan demikian, kamu harus mengikuti berbagai organisasi untuk mencari pengalaman.

 

11. Belajar Bahasa Asing

Saat ini, kemampuan bahasa asing wajib dimiliki oleh para pelajar, terlebih lagi bahasa Inggris. Bahkan beberapa perusahaan besar mencari calon pegawai yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris, karena sudah banyak perusahaan di Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan asing.

 

 

Jika kamu sudah memiliki kemampuan berbahasa asing, kamu sudah memenuhi salah satu kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima dibanding dengan calon pegawai yang tidak bisa berbahasa asing.

 

 

Yuk langsung bangkitkan semangat dalam diri kamu untuk melakukan berbagai kegiatan penting dan bermanfaat. Selagi masih muda, carilah ilmu dan kegiatan yang bermanfaat sebanyak-banyaknya! Terlebih lagi dalam mempelajari bahasa Inggris yang sangat dibutuhkan saat ini.

 

 

Dengan bergabung bersama Wall Street English, kamu akan dibimbing langsung oleh Native English Trainers yang berpengalaman. Proses belajar akan semakin cepat dan mudah, karena kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker. Sertifikat internasional juga akan diberikan setelah kamu menyelesaikan studi.

 

Nah, jika kamu memiliki banyak waktu luang dan ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris. Daftar sekarang untuk bergabung bersama member Wall Street English lainnya! Kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi misi yang sama denganmu, sehingga kamu dapat memperluas koneksi pertemanan dan membantu masa depanmu nantinya.

 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP