Home English Tips   Cara Mempersiapkan Rapat Menggunakan Bahasa Inggris Profesional

Cara Mempersiapkan Rapat Menggunakan Bahasa Inggris Profesional

Jul 6, 2020

Tidak dapat dihindari lagi jika hampir semua perusahaan terlebih lagi perusahaan global menggunakan bahasa Inggris. Melansir dari Harvard Business Review, bahasa Inggris banyak dipakai dalam kegiatan yang berguna oleh 1,75 milyar orang. Itu artinya, satu dalam setiap empat orang bisa berbahasa Inggris. Baik dalam komunikasi tim maupun dalam rapat.

Baca Juga: Kursus Bahasa Inggris dan Berbagai Macam Manfaatnya

Hal ini mengharuskan kita untuk mengasah bahasa Inggris agar siap menghadapi dunia kerja. Terutama ketika rapat yang seringkali mewajibkan kita untuk menyelenggarakan rapat dengan bahasa Inggris. Karena biasanya jika bekerja di perusahaan global, peserta rapat dapat datang dari berbagai negara. Jadi menggunakan bahasa Inggris merupakan bahasa paling efisien untuk dimengerti semua orang.

Apa saja yang harus kamu persiapkan untuk rapat yang menggunakan bahasa Inggris? Simak di bawah ini:

Belajar Istilah Bahasa Inggris dalam Rapat

Agar kamu terlihat memahami maksud dan tujuan dari rapat tersebut, ada baiknya kamu mulai dari mengerti istilah-istilahnya.

  • Kick-off Meeting: Biasanya diselenggarakan di awal bulan, awal quarter atau ketika ingin memulai sebuah proyek. Tujuannya untuk mengenal satu per satu orang yang akan bekerja dalam proyek tersebut. Kemudian orang-orang yang ada dalam meeting tersebut akan bersama-sama men-set tujuan dari proyek tersebut.
  • Weekly Meeting: Sebuah rapat mingguan yang rutin diselenggarakan per-tim. Misal, tim marketing mempunyai weekly meeting setiap hari Selasa. Tujuan rapat tersebut bisa beragam tergantung dari tim itu sendiri.
  • Town-Hall Meeting: Dalam pertemuan ini biasanya harus dihadiri semua karyawan di dalam perusahaan. Biasanya masing-masing pemimpin akan memberikan materi seputar apa yang terjadi atau keberhasilan apa yang telah perusahaan capai dalam jangka waktu tertentu.

Mempersiapkan Materi

Jika kamu harus mengikuti rapat yang mengharuskan kamu membawa materi, persiapkan dengan baik. Karena kamu akan mempresentasikan materi tersebut dalam bahasa yang bukan bahasa sehari-hari kamu. Jadi ada kemungkinan kamu akan merasa kagok atau tidak terbiasa.

Persiapkan dulu draft dari materi yang akan kamu presentasikan. Kemudian dari sana kamu bisa mempersiapkan catatan dari apa yang akan kamu jelaskan dalam bahasa Inggris. Jadi mencegah bahasa Inggris kamu terlihat tidak lancar, ada baiknya kamu siapkan catatan terlebih dahulu.

Pelajari Kalimat yang Digunakan dalam Rapat

Terdapat kalimat yang sering digunakan dalam rapat, nah agar kamu mengerti arti dan dapat mengimplementasikan, lebih baik dipelajari dahulu. Contoh:

Ketika ingin menambahkan sesuatu ke dalam rapat:

  1. There’s something I’d like to add to the discussion. 
    (Ada sesuatu yang saya ingin tambahkan ke dalam diskusi).
  2. Can I raise a point here?
    (Boleh saya menyampaikan pendapat?)

Meminta kesimpulan:

  1. Can you summarize the main point for me please?
    (Bisakah kamu merangkum poin utamanya?)
  2. What would you say the main actionable points here?
    (Jadi apa poin utama yang akan dilakukan setelah ini?)

Baca Juga: Tips Lancar Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris untuk Profesional

Jika kamu sudah bekerja di dunia profesional, ini bukan saat yang terlambat untuk kamu meningkatkan bahasa Inggris kamu. Sekarang ini kursus bahasa Inggris tidak saja diperuntukkan kepada orang yang masih sekolah. Untuk pekerja profesional pun bisa meningkatkan bahasa Inggris agar lebih percaya diri memimpin tim atau pun sebuah rapat.

Seperti di Wall Street English, terdapat program WSE Professional Skill. Dimana kamu dapat mengasah kemampuan kamu di bidang profesional menggunakan bahasa Inggris. Di dalam program ini, kamu bisa meningkatkan personal branding, sehingga kamu percaya diri saat ikut serta dalam sebuah rapat. Di dalam program ini juga akan melatih untuk menulis CV dan email dengan bahasa Inggris secara formal.

Untuk kamu yang ingin meningkatkan bahasa Inggris profesional kamu, gabung sekarang ke WSE Professional Skill sekarang juga!

Baca juga artikel menarik lainnya

5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Aug 7, 2020

5W+1H merupakan singkatan dari who, where, when, what, why, dan how. Sama seperti dalam bahasa…

As If dan As Though: Bagaimana Cara Penggunaannya?

Aug 6, 2020

Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun ada beberapa kata sambung yang bisa digunakan…

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami