8 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mempersiapkan Belajar di Luar Negeri

Jan 18, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Banyak sekali orang Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Apalagi saat ini sudah banyak lembaga penyelenggara beasiswa yang dapat mensponsori kamu untuk kuliah di luar negeri, sehingga kamu bisa meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan. Seperti yang kita tahu, kuliah di luar negeri membutuhkan dana yang sangat besar untuk biaya pendidikan dan biaya tinggal.

 

Tak bisa dipungkiri, belajar di luar negeri memiliki banyak keuntungan yang dapat membuat masa depan lebih baik. Terlebih lagi jika kamu mengincar universitas terkemuka di Asia maupun di dunia yang memiliki reputasi terbaik. Nah, memangnya apa saja sih keuntungan yang bisa didapatkan ketika belajar di luar negeri? Langsung aja yuk simak artikel ini untuk dapatkan informasinya secara lengkap!

 

Apa Keuntungan Belajar di Luar Negeri?

Tentu belajar di luar negeri memiliki banyak sekali keuntungan dibanding di dalam negeri. Kamu bisa berteman dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia dan mempelajari budaya-budaya baru. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari banyak hal baru yang dapat mengubah pandangan dan cara berpikir. Apalagi jika kamu berada di luar wilayah Asia Tenggara yang memiliki pola pikir berbeda dibanding orang-orang Asia Tenggara.

 

Keuntungan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah kesempatan berkarir di kancah internasional. Perusahaan besar pasti menginginkan calon karyawan yang memiliki banyak pengalaman, termasuk pengalaman internasional. Selain hard skills, perusahaan akan sangat senang apabila calon karyawannya memiliki kemahiran dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dengan belajar di luar negeri, sudah pasti kemampuan berbahasa Inggris kamu sudah lebih dari cukup.

 

Apakah Kuliah di Luar Negeri Harus Pintar?

Pintar dan tidak pintar bukanlah syarat utama untuk kuliah di luar negeri. Namun mentalitas adalah syarat penting yang harus dimiliki. Jika kamu percaya diri untuk bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri, jangan patahkan kepercayaan diri kamu hanya karena kamu merasa tidak pintar. Nah, bukan berarti juga kamu tidak berusaha untuk belajar, karena berusaha adalah cara untuk memantaskan diri.

 

Jika kamu merasa tidak pintar seperti orang lain, carilah celah-celah yang bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkannya. Kamu bisa menghubungi konsultan luar negeri untuk menanyakan persiapan dengan potensi yang kamu miliki sekarang. Walaupun kamu tidak pintar, orang lain akan menghargai usaha dan mengupayakan agar kamu bisa mewujudkan impian untuk kuliah di luar negeri.

 

Tips dan Cara Mempersiapkan Diri untuk Belajar di Luar Negeri

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja tips dan cara untuk belajar di luar negeri, sebaiknya kamu simak beberapa tipsnya di bawah ini. Soalnya kamu harus melewati berbagai langkah yang tidak boleh dilewatkan agar rencana kamu bisa berjalan sesuai yang diinginkan. Berikut tips belajar di luar negeri yang perlu kamu tahu!

 

 

1. Pilih Kampus/Universitas Tujuan

Tips pertama yaitu menentukan kampus atau universitas yang ingin kamu tuju. Terdapat banyak sekali universitas terkemuka di Asia dan di dunia yang bisa dijadikan pilihan, sehingga kamu harus menentukan universitas yang paling cocok dengan rencana pendidikan kamu. Di Asia, terdapat beberapa universitas terbaik, seperti National University of Singapore, Peking University, dan Nanyang Technological University. Sedangkan di luar Asia Tenggara terdapat Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, dan Harvard University yang menempati urutan terbaik di dunia.

 

2. Perhitungkan Biaya

Setelah menentukan universitas tujuan, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya yang perlu dikeluarkan. Walaupun kamu menggunakan beasiswa, tidak semua biaya dicakup oleh penyelenggara beasiswa. Untuk itu kamu harus memastikan biaya apa saja yang dicakup dan tidak dicakup, sehingga kamu bisa menghitung dana pribadi yang harus disiapkan. Perlu diingat, setiap negara memiliki biaya hidup yang berbeda-beda, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang negara yang akan kamu tinggali.

 

3. Dapatkan Beasiswa

Apabila kamu memiliki nilai akademis dan prestasi yang baik di masa sekolah, sebaiknya carilah beasiswa untuk mensponsori kamu belajar di luar negeri. Dengan beasiswa, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar. Bahkan beberapa penyelenggara beasiswa tidak hanya mencakup biaya kuliah, melainkan dapat mencakup juga biaya tinggal dan biaya perjalanan kamu. Menarik bukan? Maka dari itu kamu harus menggali nilai dan prestasi yang baik semasa sekolah supaya bisa mendapatkan beasiswa.

 

4. Siapkan Motivation Letter

Sesuai namanya, motivation letter adalah surat yang berisi motivasi atau alasan untuk tujuan kamu dalam melakukan sesuatu. Dalam konteks beasiswa untuk belajar di luar negeri, motivation letter dibutuhkan untuk meyakinkan penyelenggara beasiswa bahwa kamu layak untuk menerima beasiswa ke luar negeri. Sampaikan latar belakang, motivasi, dan kelebihan dirimu pada motivation letter dengan baik, karena motivation letter adalah penilaian awal sebelum masuk ke penilaian rapor dan prestasi yang kamu miliki.

 

5. Kuasai Bahasa Negara yang Dituju

Bahasa adalah bekal utama yang harus kamu siapkan sebelum memutuskan untuk belajar di luar negeri. Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang harus kamu kuasai, setelah itu barulah pelajari bahasa pengantar yang digunakan oleh universitas kamu. Sebagai contoh apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan di Jepang, maka kuasai dulu bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, kemudian kuasai bahasa Jepang sebagai bahasa ketiga kamu.

 

6. Pelajari Gaya Hidup di Negara yang Dituju

Gaya hidup setiap negara sudah pasti berbeda, terlebih lagi untuk negara-negara di luar Asia Tenggara. Nah, jangan sampai lupa untuk mempelajari gaya hidup dari negara yang kamu tuju, supaya kamu bisa meminimalisir culture shock yang mungkin saja terjadi. Apalagi jika kamu baru menjejakkan kaki di negara yang belum pernah didatangi sebelumnya. Pelajari cara berpakaian dan kebiasaan orang-orang di negara tersebut. Kemudian ketahui juga jenis makanan dan minuman yang akan kamu temui di sana.

 

7. Siapkan Dokumen-dokumen Penting

Jangan lupakan juga dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan yaitu ijazah, transkrip nilai, LOA (Letter of Acceptance), essay dan CV, skor TOEFL dan IELTS, paspor dan visa, akte kelahiran, surat rekomendasi, surat keterangan sehat, SKCK, dan KTP. Selain itu, siapkan juga dokumen-dokumen lain yang diminta oleh penyelenggara beasiswa supaya memudahkan ketika proses permohonan beasiswa.

 

8. Persiapkan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Ada banyak sekali hal tak terduga yang mungkin saja terjadi ketika sedang mengemban ilmu di luar negeri, salah satunya adalah terserang penyakit. Layaknya pepatah yang mengatakan sedia payung sebelum hujan, kamu harus menyiapkan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sebagai perlindungan kamu ketika berada di negeri orang. Pastikan kamu menggunakan asuransi yang diterima di negara tempat tinggal kamu dengan benefit terbaik yang bisa didapatkan.

 

 

Itulah tips-tips yang harus diterapkan apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Bagimana, apakah kamu masih tertarik untuk mewujudkannya? Tenang aja, Wall Street English bisa membantu kamu untuk memahami bahasa Inggris dengan cepat dan memudahkan ketika kamu ingin berkomunikasi di negara tujuan. Proses belajar kamu juga akan semakin mudah apabila kamu memilih kampus yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

 

 

Dengan bantuan Native English Trainer, setiap member Wall Street English akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker. Sehingga proses belajar akan semakin cepat dan membekali kamu ketika harus berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan orang asing. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat internasional untuk memudahkan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

 

 

Menarik bukan? Tidak perlu pikir panjang untuk bergabung dengan member Wall Street English lainnya. Kamu akan bertemu orang-orang dengan tujuan yang sama untuk memperluas lingkup pertemanan dan menambah koneksi. Dapatkan banyak benefit yang menguntungkan selain belajar bahasa Inggris. Yuk daftar sekarang juga! 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP