Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Dengan Baik

Apr 6, 2018
Share on facebook
Share on twitter

Biasanya, ketika mempelajari bahasa Inggris pertama kali, kamu akan sering sekali menemukan dialog mengenai cara memperkenal diri yang baik dalam bahasa Inggris. Mulai dari memperkenalkan nama, tempat tinggal, hingga menceritakan tentang hobi dan kegiatan apa yang kamu gemari. Hmm, tetapi apakah kamu sudah mengetahui cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan sopan?

Jangan salah, lho! Memperkenalkan diri dalam dunia profesional bagi para orang dewasa bisa menjadi hal yang menakutkan. Disini kita akan mempelajari cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang baik, sopan dan menggunakan bahasa Inggris yang formal. Yuk, kita pelajari bersama-sama!

  1. Mulai dengan membuat dirimu merasa nyaman

 

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai suatu percakapan dengan seseorang. Kamu tidak perlu mengingat semuanya, cukup satu atau dua saja yang kamu ketahui agar tidak mudah lupa. Pastikan dirimu merasa nyaman saat melakukannya agar tidak kelihatan canggung dan terkesan kaku. Inilah satu contoh yang paling umum dan mudah untuk diingat:

 

You        : “Hi, my name is Adrian.”

                    (Offer your hand)

Gaby     : “Hello, I’m Gaby.”

                    (Give a firm handshake)

You        : “Nice to meet you!”

 

Mudah, bukan? Kamu juga dapat melakukan ice-breaking dengan mengucapkan salam seperti Good morning, Good afternoon atau Good evening. Selain mengucapkan salam, cara yang baik untuk break the ice dengan menanyakan pertanyaan sederhana hingga pujian singkat.

 

“I really like your dress. It looks so elegant!”

“Is that your car? I really like it.”

 

  1. Teruskan percakapan dengan melontarkan pertanyaan

Kamu harus menjaga percakapan agar terus berlanjut. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengingat beberapa pertanyaan sederhana, seperti:

“How are you?”

“Where are you from?”

“What are you doing here?” or “What brings you here?”

“Are you having a good time?”

 

[maxbutton id=”6″ url=”https://wallstreetenglish.co.id/englishtest/everyday/?utm_source=blog&utm_medium=article&utm_campaign=%5BSEO%5D%20Cara%20Memperkenalkan%20Diri%20Dalam%20Bahasa%20Inggris%20Dengan%20Baik” ]

 

Membuat lawan bicaramu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memberikan waktu untukmu memikirkan hal lain untuk dibicarakan.

 

  1. Mendengar secara aktif

Jika kamu tidak terlalu percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, maka menjadi pendengar akan menjadi lebih mudah dibandingkan menjadi pembicara. Walau demikian, untuk membuat kesan yang baik ketika memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris kamu harus tetap siap untuk memberikan respon kepada lawan bicaramu.

 

“What do you like about it?”

“How can you do that?”

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti diatas akan membuat lawan bicaramu merasa diperhatikan dan akan terus melanjutkan pembicaraannya.

 

  1. Senyum dan percaya diri lah!

Kalahkan rasa takutmu dan jadilah seorang yang percaya diri. Dengan kepercayaan diri, kamu akan dapat memperkenalkan dirimu dalam bahasa Inggris dengan natural. Susun terlebih dahulu poin-poin yang akan kamu kemukakan ketika memperkenalkan diri. Misalnya, setelah mengucapkan nama kamu akan menjelaskan mengenai tempat tinggal atau kegiatan apa yang kamu gemari.

 

Gunakan bahasa Inggris yang baik, sehingga lawan bicaramu dapat memahami apa yang kamu bicarakan dan dapat merespon dengan pertanyaan ataupun jawaban yang tepat.

More News

May 28, 2021
Grammar

Past Progressive Tense: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Demonstrative Pronoun: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Dependent Clause: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Bare Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

May 28, 2021
Vocabulary

In Order to, In Order That, So That: Contoh dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Adverb of Place: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!