Latihan Bahasa Inggris di Rumah yang Efektif? Bagaimana Caranya?

Jun 22, 2020

Belajar bahasa Inggris di rumah kadang bisa berakhir tidak sesuai rencana. Banyak sekali distraksi yang bisa mengganggu kegiatan ini, mulai dari pekerjaan rumah sampai godaan tidur siang. Sebenarnya, banyak sekali cara mudah untuk latihan bahasa Inggris selain mengerjakan buku latihan atau menghafal buku tebal yang membosankan. Nih, cara-cara di bawah ini bisa menjadi sarana latihan bahasa Inggris yang seru dan tidak membuat kamu merasa terpaksa.

Baca juga: Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? Bagaimana Cara yang Efektif?

Sarana Latihan Bahasa Inggris di Rumah

Ada beberapa cara mudah dan bisa dibilang efektif untuk memperlancara bahasa Inggris kamu walaupun di rumah saja. Di antaranya adalah:

Nonton series berbahasa Inggris tanpa subtitle

Agar skill listening kamu terus diasah, kamu bisa memulainya dengan menonton Netflix bahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Dengan menonton series atau film kesukaan kamu, kamu akan merasa lebih bahagia karena tak ada unsur belajar sama sekali. Namun, faktanya otak kamu tetap memproses kata demi kata bahasa Inggris agar kamu tetap ingat dan familiar. Sebenarnya dengan menonton bahasa Inggris tanpa subtitle ini kamu membuat otak bekerja 2 kali lebih efektif, lho!

Pertama, otak akan membuat kamu fokus untuk mengerti jalan ceritanya dan kedua, otak secara otomatis mengartikan percakapan bahasa Inggris agar kamu paham. Tak hanya itu, dengan menonton tanpa subtitle kamu juga bisa langsung mengetahui bagaimana pelafalan kata-kata bahasa Inggris yang benar.

Namun, jika kamu masih takut untuk menonton tanpa subtitle, kamu bisa menyalakan subtitle bahasa Inggris-nya. Dengan ini kamu juga masih bisa belajar bagaimana struktur kalimat dan grammar dalam bahasa Inggris.

Latihan speaking

Tahukah kamu bahwa dalam belajar sebuah bahasa kita harus mempraktikannya terutama dalam berbicara? Jika kamu tidak mencoba untuk melakukan conversation, dapat dibilang usahamu belajar akan sia-sia. Kamu bisa membiasakan untuk melakukan percakapan bahasa Inggris dengan teman atau keluargamu yang juga ingin mempertajam skill bahasa Inggris.

Tak hanya itu, membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa Inggris juga membantu kepercayaan dirimu untuk bangkit. Dengan begitu, kamu tidak akan merasakan gugup lagi ketika berbincang dengan menggunakan bahasa Inggris. Takut dibilang sok inggris? Sok british? Jangan dihiraukan! Berbicara dengan menggunakan bahasa asing bukan berarti akan melupakan bahasa ibu kita. Jadi, teruslah berlatih ya.

Baca juga: Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Membaca, menulis, dan berdiskusi untuk latihan bahasa Inggris

Latihan bahasa Inggris

Sumber: Canva

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan skill bahasa Inggris adalah dengan melakukan kegiatan literasi seperti membaca, menulis, dan berdiskusi. Apa saja yang bisa kamu baca? Kamu bisa membaca majalah bahasa Inggris, artikel, berita, novel, bahkan buku sastra Inggris yang berat. Jika kamu sudah terbiasa membaca, kamu akan mengetahui bagaimana alur tulisan yang nyaman dibaca sesuai dengan seleramu dan kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan menulis.

Kamu bisa menulis cerpen, jurnal, puisi, sajak, dan apapun yang kamu suka. Selain membaca dan menulis, berdiskusi dengan menggunakan bahasa Inggris juga sangat penting. Kamu bisa mulai dengan peka terhadap isu-isu penting dan isu terbaru lalu diskusikan bersama teman-teman menggunakan bahasa Inggris. Selain mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu juga bisa meningkatkan kepekaan dan juga kemampuan berpikir kritis.

Ikut forum bahasa Inggris

Untuk membiasakan diri menulis dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris kamu bisa memanfaatkan internet dengan mengikuti forum internasional. Kamu bisa cari forum-forum yang biasanya membicarakan topik tertentu sesuai dengan hobi atau sesuai preferensi. Nah, di sinilah kamu bisa mengekspresikan diri kamu untuk ikut ngobrol-ngobrol dengan bahasa Inggris. Buang jauh-jauh rasa takut salah, fokus untuk menyampaikan pesan dibanding hanya memikirkan struktur kalimat atau grammar.

Baca juga: Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Ikut kursus online

Daripada diam di rumah saja, mendingan kamu ikut kursus online bahasa Inggris yang bisa kamu atur sendiri waktunya. Salah satu kursus online bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti adalah program WSE GO (Wall Street Indonesia Goes Online) yang memiliki metode pembelajaran efektif untuk kamu yang di rumah. Dengan ditangani native speaker berpengalaman, skill bahasa Inggris kamu dijamin langsung melonjak!

Baca juga artikel menarik lainnya

Mengenal Apa Itu Toxic Positivity dan Dampak Bagi Kesehatan

Jul 14, 2020

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah toxic positivity. Istilah ini memang sedang populer belakangan ini. Banyak juga…

Weekly Grammar: Perbedaan Will dan Going To Dalam Future Tense

Jul 14, 2020

Seperti yang sudah kamu ketahui, Present Future Tense merupakan tense yang membicarakan mengenai kejadian yang…

Konsentrasi Bisa Ditingkatkan dengan Cara-Cara Ampuh Berikut Ini!

Jul 13, 2020

Pernahkah kamu merasa bahwa kamu hilang konsentrasi? Mudah terdistraski dengan gangguan-gangguan lain yang menyebabkan kamu…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami