Home English Tips   Cara Buat CV Bahasa Inggris yang Bikin Dilirik Rekruter

Cara Buat CV Bahasa Inggris yang Bikin Dilirik Rekruter

Jul 22, 2020

Untuk kamu yang sedang mencari kerja, pasti sedang bingung bagaimana cara buat CV. Terlebih lagi ketika kamu ingin menuliskan CV dalam bahasa Inggris. Membuat CV yang berkualitas dapat meningkatkan kemungkinan kamu bisa dipanggil wawancara. Nah, apa saja sih yang harus kam masukkan dalam CV berbahasa Inggris kamu? Simak artikel di bawah ini ya!

Baca Juga: Contoh Cover Letter Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Gunakan

#1 Pilih Format yang Tepat

Dalam cara buat CV, terdapat banyak format yang bisa kamu gunakan. Ada yang berdasarkan kronologi pengalaman, fungsi pekerjaan atau yang campuran. Kamu bisa memilih salah satu tergantung dari bagaimana kamu ingin menggambarkan pengalaman kamu.

Jika kamu ingin merunutkan pengalaman kerja kamu berdasarkan tahun, kamu bisa memakai format kronologi. Namun, jika kamu ingin menjelaskan fungsi dari pekerjaan kamu sebelumnya, kamu bisa menggunakan format fungsi pekerjaan. Format yang tepat akan membantu CV kamu terlihat lebih rapih dan konsisten.

#2 Tulis Informasi Pribadi

Tentunya dalam menulis CV, kamu tidak bisa meninggalkan informasi pribadi. Informasi pribadi dapat membantu rekruter untuk mudah menghubungi kamu. Di dalam informasi pribadi, kamu bisa memasukkan alamat, nomor telfon, dan alamat email.

#3 Tuliskan Objektif yang Jelas

Jangan lupa untuk menuliskan apa objektif / target kamu dalam bekerja. Namun, perlu diingat untuk tidak menuliskan target-target personal. Misalnya target kehidupan kamu lima tahun ke depan. Yang perlu dicantumkan adalah target pekerjaan seperti karir yang kamu inginkan lima tahun ke depan.

Contoh: “With these achievement and my past experiences, I want to achieve my career target in the next five years to be a manager.”

#4 Tuliskan Pencapaian

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, penting untuk menuliskan pencapaian kamu apa saja. Dengan begitu, rekruter akan dengan mudah mengetahui apa saja kemampuan kamu di dalam pekerjaan kamu.

Usahakan dalam menuliskan pencapaian, gunakan kalimat-kalimat yang dapat diukur. Misal, “Increased traffic number to 50%.” Dengan menggunakan angka, rekruter dapat membayangkan target kerja kamu.

#5 Deskripsikan Pekerjaan Kamu

Dibandingkan kamu membuat poin-poin jumlah pekerjaan kamu saja, coba jelaskan juga apa saja yang kamu kerjakan. Misalnya, ada tiga pengalaman kerja yang kamu cantumkan, coba jelaskan satu-satu dengan gaya yang deskriptif. Kamu bisa menjelaskan apa saja tanggung jawab kamu dan deskripsi pekerjaan kamu.

#6 Gunakan Grammar yang Benar

Nah, yang satu ini penting ketika kamu ingin menuliskan CV dalam bahasa Inggris. Menggunakan grammar yang benar akan membantu kredibilitas kamu di mata rekruter. Grammar yang benar juga membantu proses membaca CV kamu, jadi rekruter dapat mengerti dengan jelas.

Jika kamu belum percaya diri atau mau mengecek grammar dalam CV kamu, baca artikel rumus 16 tenses ini untuk mempelajari lengkapnya!

#7 Tinjau Ulang Penulisan

Setelah semua selesai jangan lupa untuk melakukan peninjauan ulang atau review CV kamu. Ini merupakan salah satu proses cara buat CV yang penting. Karena jangan sampai kamu melakukan kesalahan dalam penulisan atau lupa memasukkan hal yang penting.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam proses peninjauan adalah struktur penulisan, grammar dan informasi-informasi penting.

Baca Juga: Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Itu dia tips cara buat CV dalam bahasa Inggris. Semoga membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Gabung ke Wall Street English Goes Online (WSE GO) dan belajar bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun.

Dengan program yang tidak membosankan, kamu akan tetap aktif berinteraksi dengan teman-teman komunitas bahasa Inggris lainnya. Kamu pun akan dibimbing langsung oleh Native English Trainer yang berpengalaman. Gabung sekarang juga di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Aug 7, 2020

5W+1H merupakan singkatan dari who, where, when, what, why, dan how. Sama seperti dalam bahasa…

As If dan As Though: Bagaimana Cara Penggunaannya?

Aug 6, 2020

Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun ada beberapa kata sambung yang bisa digunakan…

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami