10 Cara Belajar yang Efektif Agar Cepat Paham dan Mudah Ingat

Feb 8, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Pasti banyak dari kamu yang merasa kesulitan untuk memahami dan mengingat ketika sedang belajar. Padahal kamu sudah belajar selama berjam-jam, namun hanya beberapa materi saja yang masuk ke otak. Mungkin saja kamu tidak menerapkan cara-cara belajar yang efektif agar bisa menghemat waktu untuk memahami materi yang dipelajari.   Tidak perlu bingung bagaimana caranya, karena artikel ini akan membagikan kepada kamu bagaimana cara belajar yang benar agar lebih cepat paham dan mengingat berbagai materi. Kamu bisa menerapkannya ke dalam proses belajar supaya lebih mudah dalam mencapai target yang diinginkan. Penasaran bagaimana caranya? Berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kamu tahu!  

Bagaimana Cara Belajar agar Cepat Masuk ke Otak?

Memang terasa sulit ketika kamu diberikan sebuah buku yang berisi puluhan halaman dan harus memahami semua isinya. Sebetulnya, kamu tidak perlu memahami semuanya. Pahami informasi penting yang disampaikan dari setiap materi yang disampaikan. Untuk itu, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini agar materi lebih cepat masuk ke otak. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti:
  • Membuat Catatan Kecil
  • Menggarisbawahi Hal Penting
  • Membuat Mind Map
  • Perbanyak Latihan Soal
  • Case Study
  • Brainstorming
Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa memisahkan antara informasi yang penting dan kurang penting. Sehingga kamu bisa memprioritaskan bagian mana yang harus dipahami secara mendalam dan bagian mana yang tidak perlu dipahami terlalu dalam. Selain itu, kamu juga bisa mempraktikkan cara yang ampuh agar cepat paham dan mudah mengingat ketika belajar. Yuk simak cara-caranya di bawah ini!  

Tips dan Cara Ampuh Belajar Agar Cepat Paham dan Ingat

 

1. Mencari Tempat yang Tepat untuk Belajar

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam memilih tempat yang cocok untuk belajar. Ada yang menyukai tempat-tempat yang ramai seperti kafe atau taman, ada juga sebagian orang yang menyukai tempat yang sepi seperti di kamar atau perpustakaan. Tentukan tempat mana yang paling menyenangkan bagimu, karena kenyamanan akan meningkatkan hasrat dan semangat untuk belajar.  

2. Memahami Informasi dari Sebuah Materi

Pahami setiap informasi yang ada di dalam sebuah materi, karena informasi tersebut yang akan kamu petik sebagai ilmu baru untuk dipelajari. Jangan sampai kamu tidak mendapatkan informasi yang disampaikan karena kurang paham dengan bahasa yang digunakan atau cara penyampaiannya. Apabila kamu kurang memahami informasi dari sebuah materi yang disampaikan, carilah materi dari sumber yang lain dengan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami dan dihafal. Kamu bisa mencarinya di internet dari sebuah jurnal atau karya tulis dengan tingkat validitas yang tinggi.

3. Mencatat Informasi Penting

Jangan lupa untuk mencatat informasi-informasi penting yang disampaikan. Catatlah poin-poin utama yang perlu untuk diingat karena mengandung informasi penting dari sebuah materi. Gunakan bahasa yang lebih mudah agar kamu mengerti dengan maksud yang disampaikan, sehingga poin yang ditulis tidak rancu dan membingungkan.  

4. Mengulang Kembali Materi

Setelah mencatat informasi penting dari materi yang ada di buku atau sumber lainnya, lakukan teknik pengulangan untuk memahami informasi dari sebuah materi tersebut. Pahami benar-benar maksud dan arti dari materi tersebut, agar kamu bisa menjelaskannya kembali dan bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Perlu diingat, jangan sampai kamu hanya menghafalnya namun tidak memahami apa maksud yang disampaikan.   

5. Istirahat yang Cukup

Bukan berarti kamu harus belajar tanpa henti untuk mengingat sebuah materi, karena otak dan organ tubuh lainnya harus beristirahat untuk melakukan pemulihan setelah bekerja keras. Beristirahatlah apabila kamu sudah merasa lelah akibat belajar. Jangan paksakan otak untuk bekerja keras berjam-jam yang dapat membuat pusing dan stres. Lakukan pembagian waktu antara belajar dengan beristirahat, supaya kamu tidak belajar terlalu keras dan memiliki batas waktu untuk belajar. Pastikan kamu tidur cukup dengan durasi selama 7-8 jam sehari. Tidak hanya otak, organ tubuh lainnya juga perlu beristirahat agar bisa mengakomodir segala aktivitas yang kamu lakukan.  

6. Belajar di Waktu yang Tepat

Banyak yang belum tahu bahwa ada waktu yang tepat bagi otak untuk belajar. Pukul 7-9 pagi, otak masih sangat segar dan sangat baik untuk memulai aktivitas belajar. Pukul 9-11 pagi, otak sudah memiliki hormon kortisol untuk membantu memfokuskan pikiran. Pukul 11-2 siang, kurangi aktivitas secara bersamaan karena seseorang mudah kehilangan konsentrasi. Pukul 2-3 sore, asupan darah dan oksigen ke otak sedikit berkurang, karena sistem pencernaan sedang bekerja. Pada waktu ini, sebaiknya kamu beristirahat sejenak atau melakukan hal-hal lain untuk melawan kantuk. Pukul 3-6 sore, kamu bisa belajar dengan fase yang lebih ringan seperti mengulang poin-poin penting yang sudah dipelajari.    Pukul 6-8 malam, segarkan pikiran kamu dengan menonton film, berkumpul bersama keluarga atau teman, dan aktivitas lainnya. Pukul 8-10 malam, tubuh sudah mulai merasa lelah dan sedang transisi menuju kantuk. Jika masih kuat, kamu bisa belajar sedikit dan merangkum semua materi yang telah dipelajari hari itu. Pukul 10 malam, istirahatkan tubuh kamu supaya otak bisa pulih untuk kembali bekerja di esok hari.  

7. Atur Jadwal Khusus untuk Belajar

Supaya aktivitas belajar kamu terstruktur dan terorganisir, atur jadwal khusus supaya kamu tahu apa yang harus dilakukan ketika belajar. Kamu bisa menyusun agenda harian, seperti berapa durasi waktu untuk belajar dan berapa durasi waktu untuk beristirahat. Kemudian buatlah target harian yang harus dipenuhi, supaya kamu tahu sudah sampai mana progres belajar yang telah dilakukan.  

8. Belajar Kelompok

Belajar kelompok memiliki banyak dampak positif yang bisa kamu aplikasikan agar aktivitas belajar semakin efektif. Ajaklah teman-teman yang nyambung dan memiliki tujuan atau visi misi yang sama denganmu untuk belajar bersama. Bagi sebagian orang, belajar kelompok dapat meningkatkan keinginan untuk belajar dan menambah semangat.   Bahkan kamu bisa bertukar pikiran dan berdiskusi bersama, sehingga membuat pengetahuan semakin luas. Kamu juga bisa memotivasi satu sama lain untuk mencapai target yang diinginkan bersama-sama. Tentunya kamu juga harus memilih teman yang giat dan juga memiliki keinginan tinggi untuk belajar.  

9. Perbanyak Materi atau Referensi

Perluas pengetahuanmu dengan memperbanyak materi dan referensi dari berbagai sumber. Terkadang, mengambil sebuah informasi hanya dari satu sumber sulit untuk dijadikan ilmu dan dikembangkan kembali. Apalagi di dunia ini banyak sekali peneliti yang memiliki perbedaan jawaban dari sebuah penelitian. Dengan demikian, kamu harus mencari sudut pandang lain dari sebuah materi yang ada agar pengetahuanmu semakin luas.  

10. Giat Belajar dan Konsisten

Giat dan konsisten belajar memang sangat menyulitkan sebagian orang. Banyak orang yang semangat belajar dalam beberapa hari, kemudian merasa bosan dan menjadi tidak konsisten. Apabila kamu kurang giat dan konsisten ketika belajar, pikirkan banyaknya dampak positif yang bisa kamu dapat apabila belajar dengan konsisten.    Jika kamu bisa meraih nilai tertinggi dan masuk ke universitas impian karena belajar dengan konsisten, maka jadikan target itu sebagai semangatmu untuk selalu belajar. Apalagi jika kamu sudah memimpikannya sejak lama. Sangat disayangkan apabila impian kamu gagal hanya karena kurang giat dan konsisten ketika belajar.   Nah, memang sebagian banyak orang ada yang perlu dibimbing agar bisa belajar dengan giat dan konsisten. Karena mereka membutuhkan pengajar yang bisa meningkatkan keinginannya untuk belajar. Tidak perlu bingung apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat dan efektif. Apalagi untuk kamu yang berniat ingin melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri.   Wall Street English bisa membantu kamu dalam mempelajari bahasa Inggris dengan cepat dan juga membantu meraih impianmu! Tentunya dengan bantuan Native English Trainers, kamu akan dibimbing langsung oleh native speaker agar progres belajar semakin cepat dan mudah.  Setiap member Wall Street English akan mendapat bimbingan personal dari para ahli. Sehingga kamu bisa berkonsultasi dan membagikan kesulitan yang dirasakan dalam mempelajari bahasa Inggris.   Yuk, hilangkan rasa ragu kamu dan segera daftar sekarang untuk menjadi member Wall Street English! Selain belajar bahasa Inggris, kamu juga akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki visi misi yang sama. Bahkan kamu bisa memperluas jaringan pertemanan yang bisa membantu kamu dalam dunia kerja nantinya.  

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP