Home English Tips   Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula. Apa Saja Caranya?

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula. Apa Saja Caranya?

Jun 23, 2020

Di era yang serba instan dan teknologi yang memadai, belajar bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang sulit. Banyak sekali media dan cara untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris pun kini juga beragam dan mudah khususnya bagi para pemula. Untuk para pemula yang ingin memulai belajar bahasa Inggris, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti di rumah. Apa saja itu?

Baca juga: Latihan Bahasa Inggris di Rumah yang Efektif? Bagaimana Caranya?

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Ada beberapa cara belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba khususnya untuk para pemula. Di antaranya adalah:

Melatih pendengaran bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang pertama adalah dengan melatih kemampuan listening kamu terlebih dahulu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, radio atau podcast bahasa Inggris, atau nonton film bahasa Inggris. Hal ini bermanfaat agar telinga kamu peka dengan vocabulary bahasa Inggris dan juga bagaimana penyebutannya. Dengan begitu, nantinya kamu akan mudah saat membiasakan diri dalam melakukan percakapan bahasa Inggris.

Nonton YouTube

Nonton YouTube bisa bikin kamu jago bahasa Inggris? Bisa, asal kamu memilih channel edukasi yang sesuai dengan preferensimu. Kamu juga bisa memilih tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Namun, nonton YouTube terlalu lama juga bisa membuat kamu jadi bosan lho! Kamu juga harus mengatur strategi agar belajar bahasa Inggris bisa menyenangkan dan tidak membosankan. Secara sederhana strategi belajar ini bisa dikatakan sebagai jadwal belajar. Kamu harus pintar-pintar mengatur mana saja video yang akan kamu pelajari setiap harinya. Sebagai contoh:

  • Hari 1: Noun dan Verb
  • Hari 2: Belajar kata-kata yang memiliki arti lebih dari 1
  • Hari 3: Tenses
  • Hari 4: Mengulang Noun dan Verb dan contoh percakapan sehari-hari.

Dengan membuat jadwal kamu akan lebih semangat dalam mempelajari hal baru setiap harinya. Jangan lupa untuk mengulang materi beberapa hari sekali biar materi yang sudah dipelajari tidak menguap dari ingatan.

Mengumpulkan kata-kata bahasa Inggris yang kamu suka

Untuk memperluas pengetahuan akan kosa kata bahasa Inggris, kamu bisa mengumpulkan setiap kata bahasa Inggris yang kamu suka di catatan atau smartphone kamu. Catat setiap hari dengan membuat target. Walaupun sudah dicatat, jangan lupa untuk dicari juga apa saja artinya. Semakin kamu suka dengan katanya, kamu akan semakin mudah juga untuk mengingatnya.

Baca juga: Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Membuat diary bahasa Inggris

Cara belajar bahasa inggris

Sumber: Canva

Siapa yang masih suka menulis diary? Mungkin zaman sekarang diary ini bisa dikatakan sebagai daily journal yang bisa kamu hias sesuka hati. Nah, mulai sekarang kumpulkan lagi niatan menulis diary dalam bahasa Inggris. Apa saja yang bisa kamu tulis?

  • Kegiatan yang kamu lakukan hari ini.
  • Deskripsi mood yang kamu rasakan setiap harinya.
  • Cuaca hari ini.
  • List-list film yang ingin kamu tonton.
  • Wishlist barang-barang yang ingin kamu beli.
  • Rencana besok yang akan kamu lakukan.

Selain list di atas, kamu bisa menambahkan poin lainnya yang kamu anggap penting. Semakin panjang tulisan kamu, semakin bagus juga kamu mengekspresikan dirimu lewat bahasa Inggris. Lupakan grammar sejenak, fokus dengan alur serta kosa kata yang kamu tulis di sana.

Mulai membaca artikel bahasa Inggris

Jika buku bahasa Inggris merupakan sarana efektif untuk belajar bahasa Inggris, artikel ber-bahasa Inggris juga bisa jadi alternatif. Selain gratis, artikel ini juga sangat mudah dicari di internet. Kamu bisa browsing situs-situs yang memuat berbagai artikel seperti Buzzfeed. Dengan situs yang memiliki banyak tema artikel kamu tidak akan merasa terbebani untuk membaca beberapa artikel dalam sehari.

Baca juga: Belajar Grammar? Adakah Cara Mudah untuk Memahaminya?

Ikut kursus online

Cara belajar bahasa Inggris yang terakhir dan bisa kamu coba adalah dengan mengikuti kursus online. Kursus bahasa Inggris online memiliki banyak kelebihan seperti salah satunya biaya yang lebih murah dibandingkan dengan kursus konvensional. Selain ditimbang dari segi biaya, waktu dalam kursus online juga lebih fleksibel. Kamu bisa mengatur sendiri kapan dan di mana kamu ingin belajar.

Program WSE GO (Wall Street English Goes Online) bisa jadi kursus online yang kamu coba saat ini. Dengan ditangani langsung oleh native speaker berpengalaman, kemampuan bahasa Inggris kamu dijamin langsung meningkat pesat!

Baca juga artikel menarik lainnya

Adverb dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Sep 30, 2020

Apa yang kamu tahu mengenai adverb? Secara sederhana adverb digunakan untuk menjelaskan atau memberikan tambahan…

Dongeng Bahasa Inggris Singkat 3-5 Menit untuk Anak Terbaru

Sep 30, 2020

Tahukah moms bahwa dongeng bahasa Inggris merupakan cara termudah untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak?…

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami