Home English Tips   Meningkatkan Skill dengan Buku Bahasa Inggris: Bagaimana Caranya?

Meningkatkan Skill dengan Buku Bahasa Inggris: Bagaimana Caranya?

Jul 3, 2020

Salah satu media yang paling efektif untuk meningkatkan skill bahasa Inggris adalah buku. Nah, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana kamu memilih buku sesuai dengan kemampuan dan preferensimu? Kamu tidak boleh tergesa-gesa dan harus eksplor sejauh mungkin di mana letak kesukaanmu. Mencari buku yang tidak sesuai selera akan membuatmu merasa terpaksa dan apa yang kamu baca akan ‘mental’ begitu saja. Lalu, bagaimana menjadikan buku menjadi alat belajar yang paling mudah dan efektif?

Belajar dari Novel Modern

Jika kamu ingin lancar berbahasa Inggris, kamu boleh coba untuk belajar dari novel-novel modern. Kenapa? Karena novel modern ini memperlihatkan bahasa Inggris yang relevan dengan masa sekarang. Jika kamu bandingkan dengan novel tahun lama, bahasa Inggris yang digunakan pasti akan berbeda dan lebih sulit untuk dipahami. Maka dari itu, pilihlah novel modern dengan alur cerita yang modern juga. Buku pelajaran bahasa Inggris yang sering dipakai dalam kursus tidak memberikan bahasa sederhana karena mereka menulis khusus untuk para non-native.

Selain vocabulary yang semakin luas, novel juga akan membuatmu belajar bagaimana cara mengekspresikan emosi lewat bahasa Inggris atau menyatakan ide dengan bahasa Inggris yang baik. Kamu juga akan menemukan berbagai percakapan realistis yang sering digunakan oleh para native. Hal ini berguna agar kamu bisa ngobrol santai dan tidak terlalu kaku.

Baca juga: Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? Bagaimana Cara yang Efektif?

Baca Halaman Pertama Dahulu

Tidak semua orang memiliki dasar minat dalam membaca, tapi sebenarnya sangat bisa diusahakan. Mencari buku yang tepat memang perlu proses yang panjang dan sabar. Sebelum membeli buku, jangan lupa untuk baca sinopsis serta halaman pertamanya. Dengan cara ini kamu bisa tahu apakah kamu berminat untuk membuka halaman selanjutnya atau tidak.

Jika kamu tertarik untuk baca halaman selanjutnya, kemungkinan besar kamu cocok dengan buku tersebut dan bisa menikmatinya sampai akhir. Sebaliknya, jika kamu tidak ada ketertarikan dengan buku tersebut, kamu bisa cari buku lainnya lagi.

Di toko buku sudah jarang sekali toko yang membuka segel untuk dibaca. Jika kamu kesulitan, kamu bisa mencari reviewnya terlebih dahulu di internet atau bisa juga melalui Goodreads. Di dalam Goodreads memiliki komentar serta review yang sudah terkurasi secara baik di setiap judul buku.

Cari Buku Asli dan Terjemahan

Pasti kamu sudah tidak asing dengan buku terjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris, kamu bisa mulai dengan membeli buku yang asli dan juga terjemahan. Hal ini bermanfaat agar kamu bisa membandingkan apakah terjemahannya akurat? Apakah bahasa Inggris yang digunakan sulit? Apakah terjemahan akan mengubah jalan ceritanya? Selain untuk mengetahui bagusnya cerita sebuah buku, kamu juga bisa membandingkan dan menilai kedua buku tersebut. Hal ini bermanfaat agar kamu terbiasa dengan bahasa Inggris dan juga berpikir lebih kritis.

Baca juga: Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Cari Tahu Artinya

buku bahasa inggris

Sumber: Canva

Salah satu kebiasaan buruk yang sangat sering dilakukan dalam membaca buku bahasa Inggris adalah malas mencari artinya. Hal ini sama saja kamu tidak melakukan proses belajar. Yuk buang jauh-jauh kebiasaan malas seperti ini! Jika kamu menemukan kata atau kalimat yang sulit, tandai dan cari tahu artinya di kamus. Dengan kamu mencari tahu, kata-kata ini pasti akan selalu nempel dalam ingatan dan mempermudah kamu untuk menghafal.

Catat Kata-Kata yang Kamu Suka

Sesuai yang kita ketahui, banyak sekali kata-kata atau ungkapan bahasa Inggris yang memiliki banyak kata namun tetap 1 arti. Pastinya kita tidak serta merta hafal semua sinonim kata bahasa Inggris dalam sekali belajar. Memperluas vocabulary perlu proses yang panjang dan perlu dinikmati. Hal ini bisa dimulai dari mencatat semua kata yang kamu suka di buku atau notes smartphone.

Baca juga: Bagaimana Cara Mudah Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris?

Selain membaca buku bahasa Inggris, kursus online bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperlancar bahasa Inggris. Bagaimana ya mencari kursus online dengan mutu terjamin di Indonesia? Tenang, program WSE GO (Wall Street English Goes Online) sudah hadir untuk memenuhi kebutuhan kamu. Waktu yang fleksibel dan ditangani langsung oleh native speaker, kamu akan jauh lebih mudah memahami bahasa Inggris. Sudah mulai daftar untuk bulan ini?

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami