Home English Tips   Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Jun 17, 2020

Pernah nggak kamu minder saat ingin menggunakan bahasa Inggris? “Duh grammarnya salah nggak ya?” “Hmm pelafalan ku jelek deh kayaknya”. Kemudian kamu juga takut kalau saja ada orang yang mendengar kamu salah dalam berbahasa Inggris. Jangan khawatir! Pasti banyak yang merasa seperti itu. Di artikel ini, WSE akan membahas tips agar kamu bisa berbahasa Inggris tanpa rasa minder.

Baca Juga: Weekly Grammar: Kenali Perbedaan Antara Berbagai Past Tense

Malu dan khawatir kalau bahasa Inggris kamu berantakan atau salah membuat kamu tidak mau berbahasa Inggris. Padahal kesalahan merupakan awalan dari pembelajaran. Jadi jangan takut salah dan ikut tips di bawah ini!

Latihan Terus Tanpa Takut Salah

Kesadaran atas kemampuan bahasa Inggris yang masih minim seringkali membuat kamu tidak mau berbicara menggunakan bahasa Inggris. Padahal dengan terus mencoba berbahasa Inggris, dapat membuat kamu mengetahui apa kesalahan kamu. Dengan mengetahui kesalahan, kamu jadi tahu apa yang harus ditingkatkan.

Yang perlu kamu ingat adalah bahasa Inggris bukan bahasa utama kamu. Jadi ketika belajar, sangat wajar jika kamu melakukan kesalahan. Practice makes perfect!

Dengarkan Banyak Percakapan Bahasa Inggris

Dengan banyak mendengarkan orang mempraktekkan bahasa Inggris, akan membuat kamu gampang mengikuti. Jadi kamu bisa mulai dari menonton film dengan bahasa Inggris dan mendengarkan percakapan pemerannya. Kamu bisa mengikuti pelafalan mereka dan memperhatikan cara mereka menggunakan grammar. 

Selain itu kamu bisa mendengarkan musik juga atau memperhatikan orang lain berbicara Inggris. Dengan banyak mendengarkan juga akan memperkaya vocabulary kamu.

Berbahasa Inggris Setiap Hari

Ada baiknya kamu mulai menjadikan berbahasa Inggris sebuah kebiasaan. Kenapa? Karena itu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu. Semakin kamu terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris setiap hari, semakin rasa takut kamu hilang dan berani berbahasa Inggris.

Kamu bisa memulai menggunakan bahasa Inggris untuk sehari-hari dalam percakapan sesama teman. Di dalam rumah pun kamu bisa berbahasa Inggris dengan keluarga. Kamu bisa memulai percakapan sehari-hari dengan “how are you?” atau “hey how was your day?” ketika bertemu dengan teman atau keluarga kamu.

berbahasa inggris

Cari Partner Percakapan

Nah, ada baiknya kamu memiliki pasangan untuk melakukan percakapan. Mungkin kamu bisa membuat perjanjian dengan teman atau keluarga untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris setiap hari. Pasangan percakapan ini pun lebih baik lagi jika dilakukan dengan orang yang level bahasa Inggrisnya lebih bagus. Jadi kamu bisa belajar dengan dia sambil berlatih.

Jangan terpatok dengan berlatih secara serius ya! Justru dengan adanya partner, kamu harus menjadikan berlatih bahasa Inggris ini menyenangkan.

Lakukan Review dan Evaluasi

Agar kamu mempunyai proses, tentukan di level mana kamu ingin mengembangkan bahasa Inggris. Misal, fokus kamu berbahasa Inggris adalah agar percaya diri dalam presentasi. Maka berlatihlah untuk menggunakan bahasa Inggris formal. Kemudian review lagi apakah kamu sudah menunjukkan peningkatan.

Kemudian lakukan evaluasi di mana saja kamu merasa butuh peningkatan. Jika kamu sudah tahu, mulai melakukan perbaikan di bagian itu. Ingat ya, kembali ke poin pertama, jangan takut salah!

Baca Juga: Manfaat Kursus Online dan Tips Memilih Kursus yang Tepat

Itu dia tips agar kamu bisa berbahasa Inggris tanpa merasa minder lagi! Cara efektif lainnya adalah dengan bergabung ke WSE GO (Wall Street English Goes Online). Di sana kamu bisa berlatih bahasa Inggris dengan native English teacher. Jadi kamu bisa memiliki partner percakapan dengan seseorang yang memang handal dalam bahasa Inggris!

Program belajarnya pun menyenangkan dan disesuaikan dengan tingkatan bahasa Inggris kamu. Yuk, tingkatkan bahasa Inggris kamu sekarang dengan bergabung di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami