Home English Tips   Bahasa Inggris: Sejarah dan Ilmu Dasar yang Perlu Kamu Tahu

Bahasa Inggris: Sejarah dan Ilmu Dasar yang Perlu Kamu Tahu

Nov 2, 2020

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk memperdalam skill Bahasa Inggris? Ikut kursus? Mengasah skill percakapan di program WSE GO (Wall Street English Goes Online)? Mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris? Atau bahkan belajar dari Internet? Mungkin semua metode ini sudah kamu lakukan demi “mengenal” Bahasa Inggris, namun apakah kamu sudah mencoba menggali lebih dalam dari sisi sejarah dan ilmu dasarnya? Jika belum, yuk perdalam wawasanmu dengan hal-hal berikut yang perlu kamu tahu.

Asal-Usul

Tahukah kamu bahwa Bahasa Inggris ternyata merupakan Bahasa Jermanik pertama yang dituturkan pertama kali di Inggris pada abad pertengahan awal. Sampai saat ini, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia bahkan menjadi bahasa internasional saat ini. Walaupun Bahasa Inggris merupakan bahasa umum dan sudah menjadi bahasa internasional, namun bahasa ini bukanlah bahasa #1. Inggris adalah bahasa ke-3 yang paling banyak dituturkan oleh masyarakat dunia setelah Mandarin dan Spanyol.

Lalu, bagaimana Bahasa Inggris bisa menyebar dan berkembang? Bahasa Inggris berkembang pertama kali di Kerajaan Anglo-Saxon di Inggris dan di wilayah yang saat ini membentuk Skotlandia tenggara. Setelah meluasnya pengaruh Britania Raya pada abad ke-17 dan ke-20 melalui Imperium Britania, bahasa Inggris tersebar luas di seluruh dunia. Selain hal tersebut, penyebaran kebudayaan dan teknologi Amerika Serikat yang mendominasi di sepanjang abad ke-20 juga menjadi salah satu sebab bahasa ini semakin meluas.

Baca juga: American English VS British English: Apa Saja Perbedaannya?

Sejarah Bahasa Inggris

Menurut sejarahnya, Inggris berasal dari peleburan beragam dialek terkait yang saat ini secara kolektif dikenal sebagai Bahasa Inggris Kuno. Lalu, bahasa ini  dibawa ke pantai timur Pulau Britania oleh pendatang Jermanik (Anglo-Saxons) pada abad ke-5. Suku Anglo-Saxons merupakan suku yang berasal dari wilayah Angein yang sekarang ini adalah wilayah Schleswig-Holstein di Jerman bagian utara. Tak hanya itu, bahasa ini juga dipengaruhi oleh Bahasa Norse kuno setelah para viking menaklukan negara Inggris pada abad ke-9 dan ke-10.

Secara sederhana, Jerman sebenarnya memiliki peran besar untuk membawa dan mengembangkan Bahasa Inggris. Juga bisa disimpulkan bahwa bahasa ini juga bukanlah bahasa yang murni yang dibuat oleh negara-negara berbahasa Inggris dan masih banyak kata serapan yang terdapat dalam Bahasa Inggris. Sayangnya, bahasa ini sering dianggap superior bahkan oleh masyarakat yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa tak perlu belajar bahasa lain karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling universal.

Baca juga: 5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Fun Facts

Selain asal-usul dan sejarah, ada beberpa fakta unik mengenai Bahasa Inggris yang perlu kamu tahu menurut Grammarly.

  • “I am” merupakan kalimat lengkap terpendek dalam Bahasa Inggris.
  • Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis adalah kata terpanjang dalam Bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu tipe penyakit paru-paru yang disebabkan oleh debu dan abu. Bisa tidak kamu menyebutnya?
  • Salah satu kata tertua, terpendek, dan paling banyak digunakan adalah I.
  • Setiap dua jam ada kata baru yang dimasukkan ke dalam kamus Bahasa Inggris?
  • Apakah kamu tahu mengenai Ambrigram? Ambirgram merupakan kata yang bisa dilihat sama walaupun terbalik. Dalam Bahasa Inggris, kata yang ambrigram adalah “SWIMS”.
  • Pada awalnya, “girl” memiliki arti anak-anak atau anak kecil secara universal.
  • Ghostword merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang tidak memiliki arti sama sekali. Pada pertengahan abad ke-20, ada kata dord yang tercetak dalam kamus dikarenakan kesalahan mesin cetak. Kata ini pernah eksis di kamus selama delapan tahun.

Baca juga: Mengenal Tenses Bahasa Inggris dan Perbedaan Kegunaannya

  • Sesuai dengan penjelasan di atas, kata-kata dalam Bahasa Inggris memiliki serapan dari bahasa lain. Nah, Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa yang paling banyak berpengaruh untuk kata-kata dalam Bahasa Inggris.
  • Amerika Serikat tidak memiliki bahasa resmi. Dalam tingkat federal, Amerika Serikat tidak memiliki bahasa yang official hingga akhirnya mendeklarasikan bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi. Hal ini disebabkan banyaknya wilayah di Amerika Serikat menggunakan bahasa lain seperti Spanyol, Tagalog, dan Mandarin. Sama halnya dengan yang terjadi di Indonesia bukan?

Tenses 

Tenses merupakan salah satu elemen penting dan mendasar jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris. Tenses adalah bentuk kata kerja yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa. Waktu yang ditunjukkan bisa masa lalu, masa kini atau sekarang, dan masa depan. Secara sederhana tenses merupakan gabungan dari waktu dan peristiwa dan keberadaannya tidak dapat dipisahakan. Contoh:

Waktu

  • Present (sekarang)
  • Past (masa lalu)
  • Future (masa yang akan datang)
  • Past Future (rencana dimasa lalu)

Peristiwa

  • Simple (aktifitas sederhana).
  • Continuous (aktivitas yang sedang berlangsung).
  • Perfect (aktivitas yang telah usai).
  • Perfect Continuous (aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu).

Baca juga: How Are You? Bagaimana Cara Menjawabnya dengan Bahasa Inggris?

Mempelajari Vocabulary Bahasa Inggris

Dilansir dari FluentU, ada beberapa startegi yang bisa kamu lakukan di rumah dalam mempelajari kosakata baru:

  • Temukanlah hal-hal yang mudah ditemukan di rumah seperti kamar mandi, kamar tidur, atau dapur.
  • Tulislah nama Bahasa Inggris dari objek yang kamu temukan lalu tempel di post-it. Hal ini akan membuatmu lebih mudah ingat karena bersinggungan langsung dengan objeknya.
  • Menempel catatan di kamar mandi bisa lebih efektif karena secara tidak sadar kita akan pergi ke kamar mandi saat bangun tidur. Biasanya membaca sesuatu yang diulang-ulang akan membuat otak kita terus mengingatnya.

Melatih Skill Mendengar (Listening)

Setelah kamu memahami tentang tenses, dasar-dasar belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah mendengar atau listeningListening merupakan salah satu skill atau kemampuan Bahasa Inggris yang penerapannya adalah dengan mendengarkan kosakata dalam Bahasa Inggris.

Dengan mendengarkan, secara tidak langsung nantinya kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain. Cobalah untuk mulai menonton film berbahasa Inggris, podcast, bahkan lagu yang kamu suka.

Melatih Skill Membaca (Reading)

Selain latihan listening atau mendengarkan, membaca alias reading juga sangat penting untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dengan bacaan-bacaan yang ringan bahkan bisa mulai dari dongeng anak-anak dengan bahasa yang sederhana. Jika nantinya kamu sudah jago, kamu bisa naik level dengan membaca novel ringan secara bertahap menuju ke novel yang lebih kompleks.

Baca juga: 20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Melatih Skill Menulis (Writing)

Sebenarnya, skill menulis dalam Bahasa Inggris ini sangat penting dan perlu diasah terus menerus lho! Khususnya dalam dunia kerja, kamu akan dihadapi dengan berbagai situasi yang memerlukan skill menulis Bahasa Inggris, mulai dari menulis riwayat hidup sampai juga menulis kontrak. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis sesuatu adalah tone and fluency sehingga tulisanmu akan lebih enak dibaca. Menyambungkan kalimat memang tidak semudah menambahkan kata sambung, tapi kamu juga harus memikirkan bagaimana flow yang baik.

Terus, bagaimana melatih skill menulis agar semakin lancar? Untuk mempelajarinya dengan baik, kamu bisa menemukannya dalam buku Practice and Progress karya L.G. Alexander yaitu tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Baca cerita dalam Bahasa Inggris.
  2. Buka kamus kosakata baru yang ditemui dalam cerita tersebut.
  3. Baca kembali kemudian pahami.
  4. Jawab pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan.
  5. Ceritakan kembali cerita tersebut dari sudut pandang kamu sendiri.

Melatih Skill Berbicara (Speaking)

Sudah melakukan empat hal di atas? Mulai merasa sudah ada kemajuan? Ini saatnya kamu melatih skill berbicara alias speaking. Salah satu kemampuan berbahasa Inggris yang penting selain menulis adalah speaking alias berbicara. Selain berguna untuk melakukan percakapan dengan teman, skill berbicara juga bermanfaat untuk presentasi baik di kampus maupun di tempat kerja. Dalam berlatih skill berbicara, kamu harus menanamkan kepercayaan diri yang tinggi supaya progress semakin lancar.

Baca juga: Sejarah Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional

Belajar Bahasa Inggris

Jika ingin belajar Bahasa Inggris, kamu bisa memulainya dengan kursus karena banyak orang yang tidak bisa belajar sendiri dan membutuhkan bimbingan dari orang-orang yang berpengalaman. Namun, bagaimana caranya melakukan kursus saat pandemi? Dan bagaimana jika kamu hanya ingin mempertajam salah satu skill yang kamu miliki? Kamu bisa ikut program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang memiliki beberapa pilihan kelas. Dengan didampingi para native English trainers yang berpengalaman, kamu akan lebih fokus dalam mengasah skill berbahasa Inggris.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggris kamu!

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami