Apa Itu Idiom Bahasa Inggris? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mei 23, 2020

Kata idiom mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Tak hanya dalam Bahasa Indonesia, idiom Bahasa Inggris pun juga bermacam-macam dan dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. Lalu, apa saja contoh idiom dalam Bahasa Inggris? Bagaimana cara penggunaannya? Yuk mari belajar lebih dalam mengenai idiom.

Pengertian Idiom Bahasa Inggris

Idiom Bahasa Inggris adalah sekelompok kata yang maknanya tidak bisa dijelaskan hanya dengan mengartikan kata-katanya secara individual. Idiom berkembang seiring waktu dan mungkin kedengaran acak bagi kita. Idiom Bahasa Inggris biasanya menggunakan analogi dan metafora. Dalam percakapan Bahasa Inggris, idiom sangat sering digunakan sehingga jika kamu sudah terbiasa pasti kamu akan lebih cepat memahami konteksnya. Idiom Bahasa Inggris sering muncul pada bagian Listening pada tes TOEFL. Cara untuk dapat memahaminya adalah dengan mengenal dan menghafalkannya.

Baca juga: Cari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Apa Itu IELTS

Contoh Idiom Bahasa Inggris

Sesuai yang sudah dijabarkan di atas, idiom merupakan kalimat dengan kata-kata yang terkesan acak. Di bawah ini ada beberapa contoh idiom yang bisa kamu pelajari. Di antaranya adalah:

Hit the books

Secara harfiah, hit the books berarti memukul, meninju, atau menepuk buku. Akan tetapi, ini adalah idiom Bahasa Inggris di kalangan pelajar, khususnya mahasiswa Amerika yang harus membaca banyak buku. Arti idiom ini adalah belajar. Biasanya orang-orang menggunakan idiom ini untuk ujian akhir, ujian tengah semester, atau ujian bahasa Inggris. Contoh kalimat: Sorry but I can’t watch the game with you tonight, I have to hit the books. I have a huge exam next week!

Lose your touch

Idiom ini digunakan apabila seseorang yang berbakat atau pintar mulai melakukan sebuah kesalahan secara terus menerus. Contoh kalimat: It looks like you’ve lost your touch with math.

Ring a bell

Ring a bell biasanya digunakan ketika kamu merasa familiar dengan sesuatu. Seperti contohnya jika kamu berkenalan dengan seseorang dan namanya tidak asing di telinga. Nah, kamu bisa mengungakpannya dengan idiom ini. Contoh kalimat: Hmmm, I’m not sure, but that name rings a bell. Was she the one who went to Paris last year?

Baca juga: Nonton Netflix Sambil Belajar Bahasa Inggris? Ini Tipsnya!

Blow off steam

Idiom ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sedang marah besar dan berusaha untuk meredamnya dengan melalukan seuatu. Contoh kalimat: He had a fight with his brother, so he went for a run to blow off steam.

Up in the air

Secara sederhana up in the air bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai “gantung”. Keputusan yang masih belum memiliki kepastian dapat menggunakan idiom ini. Contoh kalimat: Not exactly, things are up in the air and we’re not sure if our families can make it on the day we wanted. Hopefully we’ll know soon and we’ll let you know as soon as possible.

Born with a silver spoon in one’s mouth

Bagaimana untuk merepresentasikan seseorang yang lahir dalam kekayaan? Idiom ini bisa kamu gunakan untuk menggambarkannya. Contoh kalimat: John was born with a silver spoon in his mouth. His parents bought him everything he wanted and sent him to the best private schools.

Living hand to mouth

Arti dari idiom ini adalah untuk menggambarkan keadaan di mana seseorang hidup pas-pasan bahkan tidak memiliki uang banyak. Contoh kalimat: The family has been living hand to mouth ever since their father lost his job.

Keep your chin up

Apakah kamu ingin menghibur temanmu yang sedang bersedih atau murung? Idiom ini bisa kamu gunakan untuk menyemangati mereka. Contoh kalimat: Don’t worry, you’ll find something soon, keep your chin up buddy and don’t stress.

A piece of cake

Ingin menggambarkan sesuatu yang sangat mudah dikerjakan? A piece of cake merupakan idiom yang tepat untuk menggambarkan keadaan tersebut. Contoh kalimat: I expected the English test to be difficult but it was a piece of cake.

Couch potato

Apakah kamu terlalu banyak rebahan? Atau duduk sambil nonton Netflix sambil ngemil? Mungkin julukan yang pas untukmu adalah couch potato. Idiom ini sangat pas untuk menggambarkan seseorang yang tidak melakukan apa-apa selain duduk dan nonton TV. Contoh kalimat: After my uncle retired from his job, he became a couch potato.

Baca juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Untuk Pemula

Nah itu dia beberapa idiom yang bisa kamu gunakan dalam percakapan Bahasa Inggris. Idiom bisa juga kamu gunakan untuk mendeskripsikan sebuah keadaan yang kadang susah dijelaskan. Apa lagi sih yang ingin kamu tahu selain idiom? Ingin belajar lebih lanjut mengenai Bahasa Inggris tapi masih bingung caranya? Yuk cobain program WSE GO (Wall Street English Goes English)! Dengan metode pembelajaran online kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Mau cari tahu lebih lanjut? Klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat terutama dalam percakapan? salah satu…

Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Kirimkan ke Kerabat

Walaupun Idul Fitri tahun ini tidak bisa saling mengunjungi, namun silaturahmi tidak boleh putus. Banyak…

Kegiatan Lebaran yang Bisa Kamu Lakukan Selama #DiRumahAja

Dalam hitungan hari kita akan merayakan hari lebaran. Namun, lebaran kali ini akan terasa berbeda…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami