4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 11, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri dan merasa bahwa biaya kuliah sangatlah mahal kamu dapat menggunakan bantuan dari beasiswa untuk mengurangi beban biaya saat menjalani kuliah di luar negeri. Beasiswa bisa kamu dapatkan lewat jalur swasta maupun lewat pemerintahan. Namun, untuk mencari beasiswa kamu juga harus menjalani berbagai persyaratannya terlebih dahulu. 

Persyaratannya juga harus dijalani dengan baik agar kamu bisa mendapatkan beasiswa terbaik. Mulai dari pengumpulan dokumen, menjalani proses interview, hingga proses melakukan tes IELTS. Di artikel kali ini, kita akan membahas 4 beasiswa yang disediakan pemerintah. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan yang ada! 

Apa Saja Persyaratan untuk Mendapatkan Beasiswa?

Terdapat 6 persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa : 

  • Pastikan kamu tidak pernah atau tidak sedang mendaftar beasiswa dari pihak penyedia beasiswa lainnya.
  • Memiliki prestasi akademik yang baik. Penyedia beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta tidak ingin memiliki murid yang memiliki nilai akademis biasa saja. 
  • Berperilaku dengan baik. Penyedia beasiswa juga mengedepankan siswa/siswi yang memiliki perilaku baik, dengan menaati peraturan yang berlaku serta tidak melanggar norma-norma.
  • Melengkapi dokumen persyaratan seperti formulir beasiswa, kartu keluarga, kartu tanda penduduk, surat keterangan keluarga tidak mampu bagi yang memiliki perekonomian menengah kebawah
  • Pastikan kamu lulus dalam waktu yang cepat karena seluruh biaya kuliah ditanggung oleh pihak ketiga. 

Daftar Beasiswa Kuliah dari Pemerintah

Terdapat 4 beasiswa kuliah dari pemerintah Indonesia yang dapat membantu kamu untuk menjalani kuliah di luar negeri : 

Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP adalah lembaga pemerintah Indonesia yang membuka program beasiswa bagi siswa dan siswi berprestasi dalam bidang akademik dan keterampilan lainnya demi pembangunan bangsa dan negara. Beasiswa LPDP menyediakan penawaran bagi mahasiswa dan mahasiswi yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang S2 sampai S3.

Biaya yang ditanggung meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tunjangan keluarga dan biaya lainnya selama menjalani pendidikan di luar negeri.

Beasiswa PPA 

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik adalah program beasiswa pemerintah yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi . Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa/i dari berbagai daerah terutama yang sedang menjalani kuliah serta berprestasi baik di bidang akademik. Baik di sarjana S1, D4 dan D3 minimal di semester dua. 

Biaya yang diberikan yaitu berbentuk dana sebesar Rp 400 ribu per bulan selama satu tahun yang akan diberikan dalam dua periode. 

Beasiswa Unggulan Kemdikbud Ristek

Terdapat 4 jenis beasiswa yang diberikan oleh Kemdikbud Ristek : 

  • Beasiswa Masyarakat Berprestasi : Diberikan kepada masyarakat yang berprestasi  di bidang akademik dan non-akademik.
  • Beasiswa Pegawai Kemendikbud Ristek : Diberikan kepada aparatur sipil negara di lingkungan Kemdikbud Ristek dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas : Diberikan bagi mahasiswa penyandang disabilitas baik disabilitas fisik, intelektual, mental maupun sensorik
  • Beasiswa Penghargaan : diberikan kepada mahasiswa yang memiliki orang tua namun gugur saat menjalankan pengabdian pada negara

Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar selalu membuka pendaftaran baru setiap tahunnya. Penerima KIP Kuliah adalah siswa/siswi di tingkat SMA/Sederajat yang lulus pada tahun tersebut atau lulus 2 tahun sebelumnya. Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini adalah keterbatasan ekonomi. 

Memiliki potensi akademik yang baik dengan memiliki keterbatasan ekonomi disertai dengan dokumen pendukung yang sah. 

Itulah beberapa daftar beasiswa kuliah dari pemerintah lengkap dengan persyaratannya. Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri di pendidikan luar negeri kamu harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu, tidak hanya untuk kebutuhan tes IELTS namun juga untuk berkomunikasi di luar negeri. 

Nah, kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang lengkap dengan berbagai keuntungan yaitu Native Speaker dan guru lokal bersertifikat, komunitas bahasa Inggris, hingga pembelajaran bahasa Inggris untuk kebutuhan profesional. Yuk segera daftarkan diri di Wall Street!

More News

Jun 21, 2022
Business & Career

Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP