Home English Tips   20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Agu 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa diartikan satu persatu. Biasanya, idiom dipakai dalam percakapan dan sering ditemukan pula dalam dialog film atau lirik lagu. Idiom juga ternyata bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Gunanya agar percakapan atau tulisan kamu tidak kaku. Apa saja idiom bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui?

Baca Juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Comparing Apples to Oranges

Jika diartikan secara harafiah comparing apples to oranges adalah membandingkan buah apel dan buah jeruk. Nah, artinya pun juga sama yaitu membandingkan sesuatu yang tidak sesuai atau tidak bisa dibandingkan.

A Close Call

Idiom ini memiliki arti lolos dari kejadian yang tidak menyenangkan yang hampir menimpa kita.Idiom ini digunakan ketika hampir mengalami sesuatu yang buruk.

A Piece of Cake

Memiliki arti sesuatu yang sangat mudah untuk dikerjakan. Ungkapan ini digunakan ketika seseorang menyatakan bahwa apa yang telah ia kerjakan itu sangatlah mudah.

Be In Someone Shoes

Hampir sama dengan ungkapan dalam bahasa Indonesia, be in someone shoes juga memiliki arti agar kita selalu memiliki empati atas orang lain. Kita harus mencoba untuk memposisikan diri kita dalam keadaan orang lain.

Saving for A Rainy Day

Dipakai ketika kamu ingin mengingatkan temanmu atau saudaramu untuk menabung untuk kebutuhan yang di masa depan. “Rather than buying a new iPhone, saving for a rainy day is the best choice for you now,” bisa jadi contoh yang paling tepat untuk menggunakan ungkapan ini.

You Can’t Make An Omelet Without Breaking Some Eggs

Segala sesuatu selalu dilakukan dengan pengorbanan. Entah itu membeli barang yang diinginkan sejak lama sampai memilih untuk pindah ke luar negeri. Pengorbanan itu bisa dalam bentuk materi, waktu ataupun tenaga. Idiom ini menjelaskan situasi semacam itu.

Brush Up On Something

Ungkapan ini digunakan ketika seseorang mengulas skill atau knowledge yang pernah ia pelajari di masa lalu. Contohnya ketika kita sudah belajar mengenai bab tertentu, dan keesokan harinya kita akan menghadapi tes. Kita bisa mengatakan “I’ve to brush up on my note.”

Baca juga: Tips Lancar Berbahasa Inggris Tanpa Rasa Minder

Look Before You Leap

Jika kamu pernah mendengar ungkapan ini disampaikan kepada dirimu maka orang tersebut mengingatkanmu untuk memikirkan konsekuensi apa yang ada di balik setiap keputusan yang bakal kamu pilih.

Birds of A Feather Flock Together

Bila seseorang punya kesamaan hobi atau makanan favorit pastinya dirinya akan berkumpul dengan orang lain yang juga punya kesamaan serupa. Idiom ini bisa kamu gunakan ketika menemui kondisi seperti itu.

Give Someone The Benefit of The Doubt

Ketika berdebat terkadang kita sering tidak percaya dengan apa yang dikatakan lawan bicara. Idiom ini digunakan dalam situasi seperti ini. Ungkapan ini punya makna bahwa setidaknya kita memberikan kepercayaan pada perkataan orang lain terlepas apakah pernyataannya terbukti benar atau salah.

The Best of Both Worlds

Memperoleh situasi ideal tentu diharapkan semua orang. Bekerja namun masih tetap bisa berkuliah jadi salah satu contohnya terutama bagi mahasiswa. Idiom ini bisa dipergunakan untuk kondisi semacam itu.

Beat Around The Bush

Jika kamu memiliki lawan bicara yang bertele-tele atau tidak to the point, kamu bisa menggunakan ungkapan ini. Contoh kalimatnya bisa kamu gunakan seperti, “Don’t beat around the bush! Tell me the truth.”

Get Wind of Something

Sebuah kabar yang berkaitan dengan rahasia pasti dijaga oleh mereka yang memilikinya. Nah jika sampai terbongkar mereka bakal resah dan berusaha menutupi rahasia ini. Nah, idiom ini menjelaskan kabar yang sifatnya rahasia itu yang bisa berupa kejahilan bahkan sampai isu kejahatan yang tidak boleh sampai diketahui publik .

Baca juga: Latihan Soal Bahasa Inggris Past Tense

It Is A Poor Workman Who Blames His Tools

Menyalahkan orang lain ketika kamu gagal menyelesaikan suatu pekerjaan tidaklah etis. Idiom ini dipergunakan untuk mengingatkan agar tak lakukan hal serupa. Kamu bisa menggunakannya ketika temanmu mengeluh karena kondisi itu terjadi pada dirinya sendiri.

Don’t Put All Your Eggs In One Basket

Ketika ada yang mengatakan ungkapan ini kepadamu berarti dirinya sedang mengingatkan bahwa apa yang kamu lakukan terlalu berisiko. Contohnya : “I know you have an opportunity to get a job at this company but don’t put all your eggs in one basket. Make sure to apply to several companies,”.

Know The Ropes

Know The Ropes digunakan untuk menggambarkan kamu atau seseorang mengetahui seluk beluk atau rincian dari sesuatu. Contohnya: “She really knows the ropes around this office because she has been here ten years.”

See Eye to Eye

Pernahkah kamu berada dalam situasi tidak bisa menolak pendapat orang lain? Idiom yang bisa digunakan adalah out of question. Secara sederhana ungkapan ini menyatakan persetujuan pendapat atau ajakan orang lain.

Have My Heart Set On Something

Pernah mengingkan sesuatu sampai tidak bisa dilupakan? Misalnya tertarik untuk membeli barang diskonan? Atau liburan ke sebuah tempat? Bahkan jatuh cinta dengan tempat yang kamu kunjungi? Nah, idiom ini bisa kamu gunakan untuk menggambarkan situasi tersebut.

Out Of Question

Dalam melakukan sebuah tindakan pasti ada konsekuensi atau juga plus dan minusnya. Jika kamu masih ragu untuk melakukannya, ungkapan ini paling pas untuk digunakan. Selain ragu atau masih dipertimbangkan, ungkapan ini juga bisa berarti tidak mungkin melakukan hal tersebut.

Baca juga: Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Take After Someone

Melihat teman kamu yang sangat mirip dengan orang tuanya? Mulai dari fisik sampai juga dengan kepribadiannya? Nah, idiom ini bisa kamu pakai untuk menggambarkan situasi tersebut.

Apakah setelah melihat list di atas pengetahuan bahasa Inggris kamu semakin bertambah? Meningkatkan skill bahasa Inggris bisa dilakukan dari mana saja seperti salah satunya mengikuti kursus online. Tapi jangan sampai salah pilih kursus karena bisa jadi bukannya untung malah buntung. Daripada memilih yang tidak pasti, coba pilih WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang sudah pasti praktis dan efisien.

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami