Home Business & Career   Presentasi Bahasa Inggris? Ikuti Tips Suksesnya di Bawah Ini Yuk!

Presentasi Bahasa Inggris? Ikuti Tips Suksesnya di Bawah Ini Yuk!

Mei 29, 2020

Perasaan cemas dan grogi pastinya menghantui kita saat akan menghadapi presentasi apalagi dengan menggunakan bahasa Inggris. Salah satu yang kita takutkan pastinya tatanan kata, grammar, serta gugup dalam berbicara. Padahal, jika kita menikmatinya semua kecemasan itu akan hilang dan presentasi akan lancar. Nah, bagaimana ya untuk menghilangkan pikiran ini dan meningkatkan kepercayaan diri untuk presentasi bahasa Inggris? Ikuti tipsnya di bawah ini!

Persiapan Presentasi bahasa Inggris

Agar presentasi berjalan maksimal, kamu perlu persiapan matang. Apa saja persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan presentasi?

Mempersiapkan bahan presentasi bahasa Inggris

Ibarat sebelum perang, kamu perlu mempersiapkan semua amunisinya jangan sampai ada yang tertinggal. Pilihlah topik yang sudah kamu kuasai sehingga saat mempresentasikannya kamu sudah enjoy dan bisa berbicara dengan lancar. Pembawaan kamu yang enjoy akan mempengaruhi cara kamu menyampaikan pesan ke audiens, lho! Tulis materi yang ingin kamu sampaikan berupa poin-poin yang akan kamu tulis dalam slide.

Jika kamu sudah mendapatkan poin-poin besar yang ingin kamu presentasikan, buatlah slide presentasi yang baik. Pilih tulisan dan ukuran tulisan yang mudah dibaca oleh audiens. Saat menyusun slide, posisikan diri kamu sebagai audiens yang akan melihat presentasimu.

Latihan

Poin kedua ini merupakan poin yang paling penting. Walaupun kamu sudah khatam dengan materi yang ingin kamu sampaikan, berlatih tetap diperlukan. Berlatih lah dengan menggunakan stopwatch dengan tujuan mengetahui durasi presestasimu. Jangan terlalu sebentar atau terlalu lama yang akan membuat audiens bosan. Idealnya, dalam 1 slide kamu bisa menjelaskan 1-2 menit, jika 1 slide lebih dari 4 menit sepertinya kamu harus membagi 2 slide tersebut.

Selain latihan berbicara, kamu juga bisa latihan untuk melakukan eye contact saat presentasi. Melakukan eye contact akan membuatmu jauh lebih tenang karena bisa mengetahui reaksi audiens yang tersorot dari tatapan matanya. Pilihlah wajah yang kamu kenal dan jangan lupa beri senyuman untuk memberikan interaksi yang natural.

Baca juga: Meeting Online: Bagaimana Cara Membuatnya Lebih Efektif?

Penampilan

Mungkin kita terlalu fokus dengan materi dan juga slide presentasi yang akan ditampilkan sampai lupa memperhatikan diri sendiri. Jangan lupa dengan penampilan diri sendiri yang bisa kamu mulai dengan menjaga kesehatan sampai juga mengenakan pakaian yang rapi. Audiens pastinya ingin melihat sang speaker terlihat fit dan juga good looking saat membawakan materi.

Urutan Presentasi Bahasa Inggris

Nah, jika kamu sudah siap untuk melakukan presentasi, mari mengurutkan bagian-bagian apa saja yang harus dilakukan atau diucapkan terlebih dahulu.

Kalimat pembuka

Dalam presentasi menggunakan bahasa Inggris, tahapan dalam melakukan presentasi tentu sangat diperhatikan sedetail mungkin. Oleh karena itu, tips dasar ketika melakukan presentasi bahasa Inggris, ada baiknya kita tidak lupa untuk menggunakan kalimat pembuka. Adapun kalimat pembuka yang biasa digunakan ketika melakukan presentasi berbahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  • Good Morning, Thank you for coming to this presentation. An honor to meet you here
  • Assalamualaikum Wr. Wb. I would like to say thank you for coming to my presentation. It’s great to see you all.
  • Good Morning, Ladies and gentlemen. I’m glad to see you all.

Presentasi Bahasa Inggrirs

Perkenalan diri

Setelah melakukan pembukaan, jangan lupa untuk memperkenalkan diri kamu sebagai speaker. Hal ini bertujuan agar para audiens bisa lebih “ngeh” dengan siapa mereka akan berdiskusi.

  • Let me introduce myself. My name is…, and I am from Chicago.
  • Okay, Let me introduce my self and my partner. I am … and my partner Is …, We are from CC Company.
  • Let me introduce ourselves. I am …, next to me is …, and the lady in red is…

Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense

Tujuan dari presentasi

Menjelaskan maksud dan tujuan dari presentasi sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar audiens bisa mendapatkan gambaran besar dari materi yang akan kamu sampaikan.

  • The purpose of the presentation is…
  • Please look at the picture. Okay? Can you see the picture? What do you see in the picture? Nice, we will continue to find out what is going on there.
  • Okay my friend, in this presentation we will discuss…

Bawakan materi sebaik mungkin

Dalam tahap ini saatnya kamu pamer dengan apa yang sudah kamu pelajari dan ingin kamu sampaikan. Bawakan materi secara 2 arah yang artinya ada interaksi terhadap audiens. Jangan sampai presentasi terasa seperti kamu berbicara dengan diri sendiri. Hargai audiens yang sudah datang untuk melihat presentasimu. Saat membawakan materi, kamu bisa menggunakan contoh-contoh kalimat seperti di bawah ini.

  • Menggunakan sebuah contoh sebagai gambaran, seperti misal: The only example of this species is…, the example is…, we will see how many examples we will show you but look at the pictures first. Already?
  • Menggunakan kalimat transisi, seperti misal: First, I will explain to you about how to read the book. Then, I will explain why reading the book is so important for us. Finally, you will know how to read the book.
  • Menggunakan kata yang menunjukkan sebuah alasan, contrast, atau hasil, seperti misal: Because, since, however, although, in addition.

Penutup

Sudah selesai dengan materi yang disampaikan? Jangan lupa ucapakan terima kasih sebagai penutup presentasimu. Apa yang bisa kamu katakan dengan audiens sebagai salam penutup?

  • Thank you very much for your great attention, ladies, and gentlemen.
  • Thank you for your listening, may all those we have share be beneficial for all of us.
  • Thank you so much for your attention.

Baca juga: Belajar Menulis untuk Business Writing: Bagaimana Caranya?

Dengan penjabaran di atas, apa lagi sih yang menjadi beban terberat kamu saat menghadapi presentasi bahasa Inggris? Pronounciation? Grammar? Vocabulary? Kalau itu yang jadi masalah, kamu bisa ikut program terbaru WSE GO (Wall Street Goes Online).

Program ini merupakan program belajar bahasa Inggris dengan metode online yang tidak perlu membebani kamu untuk belajar di kelas. Dengan native speaker yang handal, kamu akan lebih cepat dan terbiasa dalam menggunakan percakapan bahasa Inggris. Mau tahu info lebih lanjut? Klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami