Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

Jun 14, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak salah bagi mahasiswa saat kuliah di luar negeri untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak sedikit juga mahasiswa asing yang kuliah di luar negeri sambil menjalani kegiatan part-time atau magang. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, namun juga mendapatkan pengalaman menjalani pekerjaan. Banyak sekali kesempatan pekerjaan yang dapat dijalani seperti Bartender, Waiter/Waitress, bekerja di bagian pariwisata seperti Hotel, Tour Guide, dan pekerjaan sampingan lainnya. 

Bagi kamu yang sedang menjalani kuliah di luar negeri dan ingin sambilan bekerja, wajib kamu membaca artikel ini untuk mengetahui tips-tips bagaimana caranya kuliah sambil kerja di luar negeri. Sebagai informasi tambahan kamu dapat mengetahui negara rekomendasi untuk kuliah sambil kerja di luar negeri. 

3 Rekomendasi Negara Dekat Indonesia untuk Kuliah sambil Kerja

Singapura

Negara maju yang ada di Asia Tenggara dan merupakan negara yang sangat dekat dengan Indonesia ini merupakan negara pilihan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan dan juga menjalani pekerjaan sambil kuliah. Rata-rata gaji part-time dalam satu hari bisa mendapatkan 10 Dollar Singapura atau sekitar Rp 100 ribu rupiah.

Malaysia

Negara kedua yaitu Malaysia. Memiliki kualitas pendidikan yang bagus dan juga prospek pekerjaan yang cukup tinggi, kamu dapat bekerja sambil kuliah dengan penghasilan yang cukup. Rata-rata penghasilan yang bisa kamu dapatkan selama satu hari yaitu RM 4 – RM 8. 

Australia

Salah satu negara maju dan memiliki kualitas pendidikan terbaik, Australia sudah menjadi target bagi mahasiswa negara asing khususnya Indonesia untuk mengenyam pendidikan dan bekerja sambil kuliah. Penghasilan yang bisa kamu dapatkan meskipun hanya seorang part-timer rata-rata mencapai Rp 10 juta rupiah per 20 jam. 

Ingin Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri? Ini Caranya!

Terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk bekerja sambil menjalani kuliah di luar negeri : 

Situs Online/Lembaga/Perusahaan

Kamu dapat menggunakan jejaring situs online seperti LinkedIn atau Jobstreet untuk mencari potensi pekerjaan baik part-time ataupun magang. Kemudian, kamu dapat mencari juga lewat lembaga pendidikan, sekolah atau kampus tempat kamu mengenyam pendidikan. Kemudian, kamu dapat langsung mengunjungi perusahaan atau tempat pekerjaan lainnya yang menerima part-time seperti kafe, restoran, agency, dan lainnya. 

Program Magang

Kamu dapat mengikuti program magang dari perusahaan atau dari lembaga pendidikan yang langsung menyediakan program tersebut. Tergantung dimana kamu bekerja, kamu bisa dibayar atau tidak. Program ini merupakan program unggulan yang bisa membantu kamu menambah ilmu, mengetahui wawasan mengenai dunia kerja secara profesional. 

Sesuaikan dengan Jadwal

Agar kamu tidak mudah kehilangan fokus dalam menjalani kuliah di luar negeri, pekerjaan yang kamu jalani harus disesuaikan dengan waktu kuliah kamu. Misalnya, jika kamu memiliki jadwal kuliah pagi, kamu dapat bekerja di sore hingga malam hari atau kamu dapat bekerja saat weekend ketika sedang tidak ada jadwal kelas. 

Cari Pekerjaan yang Sesuai dengan Kemampuan

Menjalani kuliah di luar negeri, sudah pastinya kamu mengetahui apa tujuan kamu? Yaitu untuk menggapai impian karir atau bisnis yang ingin kamu jalankan seusai lulus dari kampus nanti. Untuk itu, kamu dapat mencari pekerjaan yang memang sesuai dengan tujuan dan kemampuan kamu agar kamu dapat menambah pengalaman di bidang yang kamu tekuni. 

Berikan Performa Terbaik 

Semakin sering kamu memberikan performa yang terbaik, perusahaan atau tempat kamu bekerja akan selalu mengapresiasi kamu, bahkan memberikan kamu bonus seperti penghasilan tambahan bahkan kamu juga dapat diangkat menjadi pegawai tetap. 

Begitulah beberapa tips yang bisa kamu jalani agar bisa kuliah sambil kerja di luar negeri. Tentu saja kamu harus menguasai bahasa asing, yang paling utama adalah bahasa Inggris. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan Wall Street English. Tersedia banyak sekali program terbaik, dengan modul pembelajaran berkualitas dan guru bahasa Inggris terbaik! 

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP