Tips Lengkap dan Jitu Bagi yang Ingin Bekerja di Perusahaan Asing!

Aug 18, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Perusahaan asing atau perusahaan internasional merupakan perusahaan yang sudah memiliki target pasar tidak hanya di satu negara, namun hingga ke berbagai negara. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di perusahaan asing karena berbagai manfaat yang dapat diterima seperti gaji yang besar, teknologi yang maju, ilmu pengetahuan yang lebih luas hingga kesempatan untuk berkembang yang tinggi. 

Bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan asing, terdapat beberapa tips yang sangat wajib kamu ikut agar dapat bekerja di perusahaan asing di Indonesia. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu perusahaan asing apa saja yang ada di Indonesia!

5 Contoh Perusahaan Asing di Indonesia

Unilever

Unilever merupakan perusahaan internasional yang berasal dari Belanda dan sudah melakukan ekspansi ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Unilever berdiri pada tahun 1930 dan sampai saat ini Unilever sudah mempekerjakan lebih dari 6000 karyawan. Tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya di kalangan milenial yang memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan top ini. 

Exxon Mobil

Exxon Mobil adalah perusahaan internasional yang bergerak di bidang minyak dan gas dunia. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 1999 dengan penyatuan atau penggabungan dari perusahaan Exxon dan Mobil. Exxon Mobil melebarkan jangkauan perusahaannya dengan membuka kantor di Indonesia, yang terletak di Wisma GKBI, DKI Jakarta. 

Toyota

Siapa sih yang tidak mengenal Toyota, perusahaan internasional di bidang otomotif dari Jepang dan penggunaan produknya sudah dapat ditemukan di berbagai belahan dunia ini juga sangat laku keras di pasar Indonesia. Hadirnya direksi dari Indonesia juga sangat membantu meraih dan meningkatkan pasar lokal. 

Astra International

Astra International merupakan perusahaan yang bergerak di banyak bidang. Mulai dari industri keuangan, teknologi informasi, hingga layanan keuangan. Tahukah kamu bahwa Astra International merupakan perusahaan dari Indonesia yang kini dimiliki oleh konglomerat asing dari Inggris? Lebih dari 50% saham Astra International dimiliki oleh Jardine Matheson. 

Google

Perusahaan teknologi raksasa yang kini teknologi nya sudah digunakan di kegiatan kita sehari-hari dalam mencari informasi lewat internet, Google memiliki kantor cabang di Indonesia. Meskipun Google memiliki kantor pusat cabang Asia di Singapura. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pasar lokal serta kebutuhan informasi masyarakat Indonesia. Serta, dapat membantu Indonesia dalam memajukan kualitas dari segi teknologi. 

Itulah beberapa contoh perusahaan asing yang sekarang berada di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai patokan dalam mencari perusahaan asing. Tentu saja, masih ada banyak lagi perusahaan asing yang bisa kamu temukan di Indonesia. 

Ini Dia, Cara Jitu Bekerja di Perusahaan Asing

Kuasai Bahasa Inggris

Syarat utama dan yang paling penting agar kamu dapat diterima di perusahaan asing adalah kamu wajib menguasai bahasa Inggris. Mulai dari tahap berkomunikasi hingga menulis semuanya harus menggunakan bahasa Inggris. Jika kamu ingin bekerja di perusahaan asing namun tidak menguasai bahasa Inggris, kemungkinan diterima di perusahaan asing sangatlah kecil. 

Alangkah baiknya kamu belajar bahasa Inggris bersama dengan komunitas bahasa Inggris terbesar dan terbaik yaitu Wall Street English. Di komunitas ini, banyak sekali kegiatan dan pembelajaran terbaik yang berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dari segi penulisan hingga komunikasi. 

Tentukan Perusahaannya dengan Baik

Meskipun banyak sekali perusahaan asing di Indonesia, namun kamu jangan sampai sembarang dalam memilih. Jangan hanya karena penghasilan yang tinggi, lingkungan kerja yang terkesan baik dan lainnya. Kamu harus melakukan riset lebih mendalam seperti visi misi perusahaan, budaya kerjanya hingga darimana perusahaan tersebut berasal. 

Jika semua sudah cocok dan sesuai, baru kamu dapat melamar di perusahaan tersebut. Namun, alangkah baiknya kamu menyimpan beberapa perusahaan lainnya lagi sebagai pilihan selanjutnya. 

Harus Beradaptasi dengan Baik

Adaptasi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan di dalam dunia kerja, baik di perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Budaya kerja di perusahaan asing biasanya lebih ketat dibandingkan perusahaan lokal. Mulai dari jam kerja, budaya berpakaian, hingga cara komunikasi. Kamu harus mampu beradaptasi dengan baik agar karir di perusahaan asing dapat semakin meningkat dengan baik. 

Siap Menerima Tantangan

Bekerja di perusahaan asing sangatlah berbeda dengan perusahaan lokal. Tuntutan pekerjaan yang lebih berat, deadline yang singkat hingga sering lembur telah menjadi budaya bekerja di perusahaan asing. Kalau kamu serius ingin bekerja di perusahaan asing, kamu harus siap menerima segala tantangan ini. Tips nya adalah kamu harus belajar untuk menggunakan waktu dengan baik agar dapat mengerjakan semua tugas yang diberikan. 

Percaya Diri

Hal penting yang harus kamu miliki agar dapat sukses bekerja di perusahaan asing adalah percaya diri. Kepercayaan diri dapat ditingkatkan dengan terlibat dengan lebih aktif di kegiatan perusahaan, fokus terhadap pekerjaan yang diberikan dengan memberikan yang terbaik, mampu identifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dan selalu berpikir positif. 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP