Home Business & Career   Tips Lancar Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris

Tips Lancar Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris

Jul 3, 2020

Penggunaan kata dalam bahasa Inggris memang dibeda-bedakan sesuai dengan tujuan. Banyak sekali kata yang memiliki arti sama untuk mengekspresikan sesutu. Salah satu contohnya adalah penggunaan kata bahasa Inggris dalam komunikasi bisnis. Bahasa Inggris dalam dunia kerja atau bisnis pastinya akan terdengar lebih formal dan berbeda dengan percakapan sehari-hari.

Bagaimana kita tahu penggunaan istilah-istilah yang tepat dan tetap terlihat profesional? Bagaimana cara untuk memperlancar kemampuan bahasa Inggris dalam dunia profesional?

Tips Lancar Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris

Dilansir dari harvard Business Review, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperlancar english business. Di antaranya adalah:

Mengatur target belajar

Hal yang paling utama dalam memperlancar skill bahasa Inggris adalah belajar dan berlatih. Jika kamu ingin cepat bisa, jangan lupa untuk atur target. Jangan biarkan proses belajarmu terbuka lebar begitu saja tanpa jadwal yang jelas. Hal tersebut akan membuat proses belajarmu semakin lama dan peningkatan kemampuan akan berjalan dengan lambat. Aturlah target dan buat materi harian atau mingguan untuk kamu pelajari.

Jika mampu, kamu juga bisa membuat ujian mandiri agar mengingat kembali materi yang sudah kamu pelajari. Apa sih contoh target dalam belajar business english? Contohnya seperti menguasai presentasi singkat dalam waktu 1 minggu, menulis memo formal dalam 2 minggu, dan hal lainnya yang berhubungan dengan dunia profesional.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Bisa Kamu Lakukan

Ciptakan kebiasaan

Untuk memperlancar bahasa asing yang sedang kita pelajari, sebaiknya kita tidak terpaku hanya pada buku saja. Kita juga harus gunakan bahasa tersebut untuk berkomunikasi agar lidah kita terbiasa dengan bahasa tersebut. Dalam bahasa Inggris, kita perlu juga mengaplikasikan cara tersebut agar cara berkomunikasi semakin lancar. Maka dari itu, kamu bisa mulai untuk menciptakan kebiasaan sehari-hari seperti: membaca artikel bahasa Inggris tiap hari, berlatih presentasi setiap minggu, atau latihan menulis surat formal setiap minggu. Pilihlah kebiasaan ini sesuai dengan target yang ingin kamu capai.

Percaya diri

Salah satu modal untuk bisa bahasa Inggris sebenarnya cuma 1 yaitu percaya diri. Percaya diri ini banyak sekali bentuknya, diantaranya adalah percaya diri saat melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris, percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa juga selalu berpikir optimis bahwa apa yang sudah kamu pelajari bisa kamu serap dengan baik. Pikiran yang pesimis bisa mengganggu proses belajar yang sedang kamu lakukan, materi yang dipelajari bisa ‘menguap’ begitu saja dengan cepat. Selain itu proses belajar juga bisa terasa membosankan karena kamu tidak percaya pada diri sendiri. Lakukan secara pelan-pelan namun progressnya pasti dibanding terlalu ambisius dan berujung bosan di tengah proses belajar.

Baca juga: Latihan Bahasa Inggris di Rumah yang Efektif? Bagaimana Caranya?

Nikmati proses belajar

komunikasi bisnis

Sumber: Canva

Selain percaya pada diri sendiri, kamu juga perlu menikmati proses belajar bahasa Inggris terutama dalam komunikasi bisnis. Carilah cara belajar yang sesuai dengan kepribadian serta preferensimu. Jika kamu suka belajar dengan gaya visual, kamu bisa cari-cari video yang menarik di internet, atau jika kamu lebih suka dengan audio agar bisa sambil mengerjakan yang lain, podcast bisa jadi alternatif. Eksplorlah cara belajar yang paling kamu suka agar hasilnya lebih maksimal. Semakin kamu menikmati proses belajar, semakin kamu tidak akan pernah berhenti untuk mencari tahu.

Jangan malu untuk bertanya

Sudah terlanjur nyemplung di perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris tapi kamu masih sedikit bingung? Learning-by-doing adalah solusinya. Jangan takut atau malu untuk bertanya jika kamu menemukan kendala saat berkomunikasi. Rekan kerja atau atasan pastinya dengan senang hati untuk menjelaskan ulang maksud dari perkataannya, dengan begitu kamu juga belajar untuk memahami command sentence bahasa Inggris dengan lebih baik. Jangan sampai bahasa yang tidak kamu mengerti menjadi kendala bekerja dan bisa membuat kinerja mu menurun ya.

Baca juga: Generasi Milenial: Bagaimana Mereka Bisa Sukses Mencari Kerja

Kursus online

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar kemampuan business english adalah ikut kursus bahasa Inggris profesional. Dengan mengikuti kursus, materi yang kamu pelajari pasti akan lebih terstruktur dan jelas. Program WSE Professional Skill ditangani langsung oleh native speaker yang bepengalaman.

Kamu bisa langsung mendapatkan pengalaman berkomunikasi sekaligus membangun percaya diri dalam presentasi. Dengan waktu belajar yang fleksibel, kamu tidak perlu takut jam kerja kamu terganggu. Gabung sekarang dan jadikan karir kamu lebih cemerlang dengan bahasa Inggris. Yuk, daftar di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami