Tata Cara Melamar Pekerjaan, Mudah dan Professional!

May 21, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak dapat sembarangan untuk melamar pekerjaan, terdapat tata cara melamar pekerjaan yang harus dilakukan agar terlihat lebih profesional dan meningkatkan kesempatan kamu untuk masuk ke perusahaan yang diinginkan. Mulai dari dokumen yang dibutuhkan, penguasaan skill di bidang pekerjaan yang kamu lamar, hingga mampu menjawab beberapa pertanyaan dari HRD hingga ke level User (Senior) di bidang itu. Terdapat beberapa dokumen wajib yang harus dilengkapi guna untuk melamar pekerjaan. 

Dokumen yang perlu disiapkan saat melamar kerja

Tidak hanya kesiapan kemampuan dan juga jawaban yang kemungkinan akan ditanyakan oleh HRD, kamu juga harus melengkapi beberapa dokumen dibawah ini, apalagi jika kamu ingin melamar pekerjaan secara full-time di perusahaan BUMN, Swasta atau Multinasional. 

  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai
  • Pas Foto terbaru
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  • Curriculum Vitae / CV
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Sertifikat (Jika ada)
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja 
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Namun, beberapa dokumen seperti surat keterangan pengalaman kerja, hingga surat keterangan catatan kepolisian sudah tidak diperlukan lagi untuk beberapa perusahaan. Dokumen paling penting yang wajib kamu selalu update adalah CV dan Portofolio kamu. Kedua dokumen ini merupakan dokumen utama yang dapat menentukan kamu apakah kamu layak untuk masuk ke perusahaan atau tidak. 

Dengan menambahkan beberapa poin penting seperti skill yang kamu miliki, pendidikan, hingga penghargaan/kegiatan organisasi di masa-masa kuliah untuk menarik perhatian HRD. 

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Kerja

Jika kamu baru mulai untuk melamar pekerjaan, selain dokumen terdapat beberapa hal lainnya yang harus kamu persiapkan sebelum melamar kerja. 

Cari Tahu tentang Perusahaan yang ingin Dilamar

Sebelum kamu melamar ke perusahaan target atau tujuan kamu, alangkah baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaannya. Mulai dari profil, target, sistem kerja, lingkungan kerja atau budaya kerjanya, dan jenjang karir di dalam perusahaan tersebut. Kamu dapat menggunakan media di internet atau bertanya kepada orang-orang kenalan kamu yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. 

Melakukan riset terhadap perusahaan akan membantu kamu dalam menjawab pertanyaan saat interview!

Sebut Gaji dengan Jujur

Pada saat interview, kamu akan ditanya mengenai ekspektasi gaji yang diharapkan. Tentu saat ditanya pertanyaan ini, kamu akan menjadi dilema atau bingung. Lebih baik kamu memberitahu ekspektasi gaji dengan jujur. 

Kamu wajib berhati-hati karena kebanyakan HRD memiliki koneksi yang luas. Jika kamu ketahuan berbohong, proses perekrutan kamu akan lebih sulit. 

Pilih Bidang yang Sesuai dengan Kemampuan

Jika kamu ingin melamar, pilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Hal ini dapat membantu kamu memiliki performa terbaik saat bekerja. Dengan demikian perekrut bisa yakin kalau kamu merupakan seorang pelamar yang ahli di bidangnya dan memiliki kualifikasi di bidang tersebut. 

Percantik Portofolio

Portofolio harus kamu buat semakin menarik agar dapat memperkuat kesempatan untuk masuk ke dalam perusahaan. Kamu dapat mencantumkan semua projek yang telah kamu lakukan dengan begitu HRD akan semakin tertarik dengan kamu. 

Memiliki Pengalaman dan Keterampilan

HRD akan semakin tertarik dengan pengalaman dan keterampilan ekstra yang kamu miliki. Tampilkan keterampilan dan pengalaman kamu di CV. Hal ini guna untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu calon yang tepat untuk masuk di perusahaan. 

Nah itulah beberapa tata cara melamar pekerjaan yang wajib kamu jalani. Terdapat satu skill yang wajib kamu penuhi agar kamu bisa keterima di perusahaan, yaitu skill Bahasa Inggris! Bahasa Inggris wajib dimiliki untuk meningkatkan kemampuan, memperkuat rasa percaya diri dan membuat kamu semakin keren! 

Kamu dapat mendaftarkan diri kamu di Wall Street English untuk belajar Bahasa Inggris Bisnis untuk mendapatkan kemampuan bahasa inggris secara profesional! Yuk, segera daftarkan diri kamu di Wall Street English!

More News

Jun 21, 2022
Business & Career

Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP