Soft Skill Yang Harus Dimiliki Fresh Graduate untuk Sukses Berkarir!

Sep 1, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Soft skill adalah kemampuan seseorang dalam melakukan interaksi dengan satu sama lain. Kemampuan ini adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan di dunia karir, apalagi bagi seorang fresh graduate. Namun, kendala yang dimiliki oleh seorang fresh graduate adalah minimnya pengalaman kerja, dan bahkan ada yang belum memiliki pengalaman bekerja secara profesional sama sekali. 

Alangkah baiknya hal ini jangan dijadikan sebagai halangan untuk berkarir. Ada banyak hal yang dapat dikembangkan terlebih dahulu sebelum memulai berkarir bagi seorang fresh graduate. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai kemampuan soft skill apa saja yang harus dimiliki oleh fresh graduate.  

Komunikasi

Soft skill yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang fresh graduate adalah kemampuan untuk berkomunikasi. Komunikasi yang buruk akan menuntun perusahaan kepada jalan yang tidak baik, bahkan bisa berdampak sangat buruk. Pada saat kamu melakukan wawancara, atau sudah mulai bekerja di suatu perusahaan utamakan komunikasi yang baik dan efektif baik secara verbal dan non-verbal. Komunikasi yang baik juga akan membuat impresi dirimu terhadap orang-orang di kantor menjadi lebih baik apalagi bagi kamu yang baru masuk kerja. 

Manajemen Waktu yang Baik

Bekerja di perusahaan membutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Saat bekerja, kamu akan dihadapkan oleh banyak pekerjaan yang wajib diselesaikan dengan waktu tenggat yang telah diberikan. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik akan menimbulkan rasa disiplin yang lebih tinggi. Alangkah baiknya kamu seorang fresh graduate belajar untuk memprioritaskan pekerjaan dan kegiatan pribadi agar tidak berantakan pada saat menghadapi situasi bekerja. 

Mampu Bekerjasama Dalam Tim

Setiap pekerjaan di kantor membutuhkan tim yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Kamu pasti diminta untuk selalu berinteraksi terhadap sesama rekan kerja. Maka dari itu, memiliki kemampuan untuk bekerjasama di dalam tim adalah suatu kewajiban bagi semua pekerja, tidak terkecuali. Memiliki kerjasama yang solid dan kuat di dalam tim juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan untuk meraih visi dan misi perusahaan. 

Harus Aktif dalam Bekerja

Seorang fresh graduate harus bersikap aktif di dalam bekerja. Rajin membantu senior dari segi pekerjaan, memberikan ide serta solusi dalam menyelesaikan masalah, hingga rajin bertanya terhadap suatu pekerjaan merupakan contoh aktif dalam bekerja. Jangan sampai menjadi pasif, karena seorang yang pasif dalam bekerja karirnya tidak akan mudah untuk naik menjadi lebih tinggi. 

Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Baik

Saat menjalani pekerjaan, seorang karyawan dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan. Seorang karyawan yang baik harus siap menghadapi berbagai macam permasalahan serta resiko-resiko yang ada dalam bekerja. Milikilah kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan secara profesional. Kemampuan problem solving akan menciptakan kesan yang profesional serta menambah value dari si karyawan itu sendiri. 

Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang fresh graduate untuk berkarir di dalam perusahaan adalah memahami bahasa Inggris dengan baik secara verbal dan non-verbal. Kemampuan bahasa Inggris dibutuhkan untuk profesionalisme dan membantu perusahaan memasuki era globalisasi dunia. Tidak hanya itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris juga akan memudahkan interaksi di sosial media bagi kebutuhan marketing perusahaan. 

Seorang fresh graduate sudah sangat wajib memiliki kemampuan dasar memahami Bahasa Inggris, jika tidak akan semakin sulit untuk maju kedepannya baik dari segi karir atau segi kehidupan pribadi. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu mendaftarkan diri di Wall Street English! 

Komunitas bahasa Inggris ini menyediakan berbagai program yang dipastikan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara verbal dan nonverbal agar kamu dapat bekerja dan diterima di perusahaan besar! Salah satu programnya adalah Profesional Skills yang mengajarkan kamu bahasa Inggris dari segi dunia profesional!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP