Selain Gaji Tinggi, Ini Dia Manfaat Kerja di Luar Negeri!

Apr 4, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bekerja di luar negeri sudah menjadi dambaan setiap masyarakat, apalagi orang-orang dari Indonesia. Mereka melihat bahwa di luar negeri memiliki gaji yang sangat tinggi dengan tingkat kesejahteraan yang juga sangat tinggi. Namun, jangan salah sangka! Tidak semua negara di luar negeri menawarkan gaji yang tinggi dan kesejahteraan sosial juga. Contohnya, sebagai orang asing yang baru tinggal di luar negeri kamu pasti akan menghadapi yang namanya rasisme atau diskriminasi atau perbuatan yang sangat merendahkan diri. Bahkan, di beberapa negara seperti Korea Selatan pada tahun 2019, lebih dari 68% warga asing menyatakan bahwa pernah mendapatkan perlakuan diskriminasi dan rasisme berdasarkan data dari KOMNAS HAM Korea Selatan.

Namun, disamping hal-hal negatif tersebut terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menjalani pekerjaan di luar negeri. Tentunya selain daripada gaji yang tinggi! Sebelum itu, kamu harus mengetahui tips cara bekerja di luar negeri! 

Tips Sukses Kerja di Luar Negeri

Bekerja di luar negeri bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dijalankan. Jika kamu ingin sukses di luar negeri maka kamu harus mengikuti beberapa anjuran dan saran dibawah ini agar kerja di luar negeri lebih nyaman. 

Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Tentu saja, jika kamu ingin menjalani kerja di luar negeri kamu harus memiliki kemampuan bahasa negara tujuan kamu yang baik. Setidaknya, kamu harus mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum pergi ke negara tujuan untuk bekerja. 

Jika kamu tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris sudah dipastikan kamu tidak akan diterima di perusahaan luar negeri tempat kamu melamar pekerjaan.

Rajin Bersosialisasi

Mungkin beberapa diantara kamu memiliki sifat tidak mau bersosialisasi. Jika kamu tetap memiliki sifat ini, sudah dipastikan kamu tidak akan bisa berkembang pada saat bekerja di luar negeri. Maka dari itu, jika kamu ingin sukses kerja di luar negeri tentu saja kamu harus mengutamakan sifat bersosialisasi meskipun kamu adalah seorang yang tidak suka bersosialisasi. 

Jadi, jangan ragu untuk memulai pembicaraan bersama dengan tetangga, dan rekan kerja kamu! 

Miliki Etos Kerja yang Mumpuni!

Tidak hanya di Indonesia, namun juga di negara lainnya ketika kamu bekerja kamu harus memiliki kemampuan yang lebih dari diminta oleh perusahaan. Bayangkan saja jika kamu hanya mengerjakan apa yang disuruh namun tidak mau mencoba pekerjaan atau mempelajari skill baru, dijamin kamu tidak akan bisa berkembang saat merintis karir di luar negeri! 

Manfaat Kerja di Luar Negeri

Kembali ke topik utama, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu nikmati ketika kamu berhasil diterima untuk bekerja di luar negeri! 

Kemampuan Berbahasa Asing akan Meningkat

Pertama kali menginjakkan kaki di luar negeri untuk memulai karir, tentu akan sangat terasa asing apalagi bahasa yang digunakan juga tidak sepenuhnya kita paham. Namun seiring berjalannya waktu kemampuan berbahasa di negara tujuan kamu akan semakin meningkat! Interaksi sehari-hari dengan warga lokal, teman serta rekan kerja akan membantu kamu mempelajari lebih dalam bahasa yang digunakan. 

Mengenal Budaya yang Baru

Setiap negara pasti memiliki budaya yang berbeda-beda. Dengan kamu menjalani pekerjaan di luar negeri, kamu pasti akan mempelajari budaya dari negara yang kamu tuju dan hal ini akan menambah wawasan kamu lebih luas. Kamu juga dapat menikmati aneka adat istiadat, dan budaya lainnya yang berbeda dari negara asal. 

Koneksi Jadi Semakin Luas

Salah satu jalan menuju kesuksesan dalam dunia pekerjaan adalah dengan memiliki koneksi yang luas. Dengan bekerja di luar negeri, koneksi kamu bisa mencapai skala internasional! Kamu dapat saling bertukar informasi dari negara masing-masing. Selain itu, nantinya teman-teman kamu pun juga dapat merekomendasikan diri kamu ke perusahaan mereka masing-masing jadi kesempatan kerja kamu semakin tinggi! 

Lebih Mandiri

Kamu akan lebih mandiri tanpa harus bergantung kepada orang lain ketika kamu sedang tinggal di luar negeri. Kamu akan belajar mengatur jadwal kamu, belajar menjadi disiplin dari hal-hal kecil seperti merapikan kamar tidur pribadi, membersihkan tempat tinggal, membuat makanan sendiri, dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih menghargai usaha kamu sendiri!

Belajar Menjadi Lebih Profesional dan Disiplin

Budaya kerja masyarakat luar negeri berbeda dengan budaya kerja di Indonesia yang agak santai. Profesionalitas sangat dijunjung tinggi di luar negeri, contohnya di Korea Selatan, dan Jepang. Bahkan, banyak masyarakat lokal yang lebih mementingkan kehidupan karir dibanding kehidupan pribadi mereka. Dengan budaya dan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi profesionalitas maka kamu akan terbiasa dengan disiplin waktu serta pekerjaan.

Nah, itulah beberapa manfaat kerja di luar negeri yang dapat kamu nikmati jika kamu berhasil masuk di negara tujuan kamu untuk bekerja. Namun, terlebih dahulu kamu harus menguasai kemampuan berbahasa inggris agar dapat berkomunikasi lebih mudah apalagi jika kamu ingin bekerja di luar negeri.


Kamu dapat mengikuti berbagai ajaran atau course dari Wall Street yang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa inggris sesuai dengan level yang tersedia. Selain itu, Wall Street juga memiliki banyak program sosial yang sehari-harinya berbicara dengan bahasa Inggris guna meningkatkan kemampuan berbicara baik dengan teman-teman satu kelas ataupun Native Speaker kamu!. Yuk, daftar sekarang di Wall Street!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP