Rekomendasi Lengkap Beasiswa S1 di Eropa

May 31, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Eropa, merupakan benua yang terdiri dari banyak negara terkenal penuh dengan keindahan, dan sejarah seperti Inggris, Jerman, Belanda, Italia, Prancis dan negara lainnya. Tidak hanya unggul di segi pariwisata namun negara-negara di Eropa juga unggul dalam menghasilkan lulusan lulusan pendidikan berkualitas. Maka dari itu, tidak sedikit mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Eropa. Namun, kuliah di luar negeri termasuk di Eropa memerlukan biaya yang cukup tinggi. Dari uang kuliah, biaya bulanan, akomodasi, tiket pulang pergi dan biaya lainnya. 

Namun, kamu tidak perlu patah semangat karena di artikel kali ini tersedia rekomendasi lengkap beasiswa S1 di Eropa dengan benefit yang bisa kamu nikmati. Sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu biaya kuliah rata-rata di Eropa! 

Biaya Kuliah di Eropa

Tergantung negara mana yang kamu pilih sebagai tujuan untuk melanjutkan kuliah, biaya kuliah di negara-negara Eropa sangat bervariasi. Jadi saat memilih negara kamu juga harus mempertimbangkan biaya kuliah dan biaya hidupnya. Berikut merupakan daftar negara di Eropa serta biaya kuliahnya.

Inggris

Rata-rata biaya kuliah : Mulai dari £10,000 atau sekitar Rp 180 juta bagi program Sarjana dan £11,000-32,000 atau sekitar Rp 198 juta sampai Rp 500 juta per tahunnya. Biaya hidup di Inggris memiliki rata-rata £12,180 atau sekitar Rp 220 juta per tahunnya. 

Swiss

Rata-rata biaya kuliah di Swiss berkisar dari CHF 805-1,238 atau sekitar Rp 18 jutaan per tahunnya. Biaya ini untuk seluruh jenjang studi dan untuk mahasiswa internasional terdapat biaya tambahannya lagi. Biaya hidup di Swiss sekitar CHF 22,734 per tahunnya atau sekitar Rp 340 juta rupiah.

Prancis

Rata-rata biaya kuliah di negara penuh dengan Seni ini berkisar dari harga €170 atau sekitar Rp 2,6 jutaan untuk jenjang S1 di Universitas Negeri, kemudian untuk program master sebesar  €243 atau sekitar Rp 3,7 juta rupiah. Lalu, bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang doctoral kamu membutuhkan biaya sebesar €380 atau sekitar Rp 5,8 jutaan. Rata-rata biaya hidup di negara ini sebesar Rp 150 juta rupiah per tahunnya. 

Italia

Negara ini memiliki rata-rata biaya kuliah sebesar €950-4000 atau mulai dari Rp 147 juta rupiah untuk program Sarjana di universitas dalam negeri. Kemudian untuk program pasca-sarjana sebesar €1,500 atau sekitar Rp 230 juta rupiah. Biaya hidup di Italia sebesar €12,000 atau sekitar Rp 180 juta rupiah per tahunnya.

Beasiswa S1 di Eropa

Erasmus Mundus

Program beasiswa yang paling terkenal di negara Eropa ini menawarkan beasiswa internasional dengan dana penuh untuk siswa negara di seluruh dunia. Program beasiswa Erasmus Mundus akan menanggung dengan penuh semua biaya mahasiswa selama studi di Eropa. Tidak perlu khawatir karena beasiswa ini dibuka setiap tahunnya. 

Beasiswa Eiffel 

Beasiswa Eiffel Excellence merupakan program beasiswa yang sangat terkenal di Eropa, khususnya di Prancis. Program ini akan membantu kamu bagi yang ingin kuliah di Prancis. Semua dana akan ditanggung oleh program beasiswa ini. Beasiswa ini cocok bagi kamu yang ingin mengejar gelar Master dan Ph.D. 

Beasiswa Universitas Jenewa

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Swiss, kamu dapat mengikuti program beasiswa University of Geneva. Universitas ini menawarkan beasiswa domestik maupun internasional untuk program studi Sarjana hingga Pasca-Sarjana. 

Beasiswa Bocconi

Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Italia. The Bocconi University of Italy menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Namun, beasiswa ini khusus bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang studi ke tingkat Master.

Itulah beberapa rekomendasi singkat beasiswa S1 di Eropa. Sebelum melamar di program beasiswa, kamu harus menjalani tes bahasa Inggris seperti IELTS terlebih dahulu karena penggunaan bahasa Inggris sangat wajib di luar negeri. 

Nah, kamu dapat langsung mendaftarkan diri di Wall Street English untuk meningkatkan kemampuan IELTS kamu! Tenang saja, kamu akan belajar bersama dengan guru internasional yang berkelas! Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Jun 21, 2022
Business & Career

Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP