Home Business & Career   Mengapa Bahasa Inggris Bisnis Penting untuk Karir? Berikut Tipsnya!

Mengapa Bahasa Inggris Bisnis Penting untuk Karir? Berikut Tipsnya!

Jul 16, 2020

Bahasa Inggris tak sebatas untuk percakapan sehari-hari bersama teman atau juga keluarga. Bahasa Inggris bisnis merupakan salah satu bentuk bahasa Inggris yang perlu kamu perdalam dan asah. Mengapa? Karena bahasa Inggris bisnis sangat bermanfaat dalam dunia karir dan profesional. Kamu akan dengan mudah membuat CV, mengirim lamaran, bahkan berbagai macam business letter yang dibutuhkan. Bagaimana sih belajar bahasa Inggris bisnis yang cepat dan juga efektif?

Baca juga: Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bisnis

Belajar bahasa Inggris memang penting namun kamu juga harus mendalami bahasa Inggris untuk kepentingan karir dan dunia kerja. Apa saja manfaat dari belajar english business?

Pamer kemampuan

Kalau istilah masa kini mungkin kita bisa menggunakan istilah flexing. Nah, dalam dunia karir bukan hal yang tabu untuk pamer kemampuan agar dilirik oleh perusahaan yang diincar. Dengan kamu memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni khususnya bahasa Inggris resmi, kesempatan untuk diterima di perusahaan internasional akan semakin besar.

Melakukan presentasi dan negosiasi

Masuk ke dunia kerja pasti kita banyak diminta untuk melakukan presentasi bahkan negosiasi ke klien. Nah, dalam mempelajari business english kita akan lebih mudah melakukannya. Vocabulary atau istilah dalam dunia kerja pasti akan lebih formal dibandingkan dengan bahasa Inggris yang kita gunakan sehari-hari. Jangan sampai saat klien atau atasan berbicara dengan istilah formal, kamu hanya bisa bengong karena tak paham artinya.

Mengirim email

Mengirim email pastinya akan menjadi makanan sehari-hari dalam dunia profesional. Bukan hanya bermanfaat saat kamu sudah bekerja, mengirim lamaran pekerjaan pun juga perlu skill bahasa Inggris yang baik dan benar. Mengirim email dalam dunia profesional sangat berbeda jika kamu mengirim email kepada temen terdekat secara kasual. Selain format ada juga etika yang perlu kamu aplikasikan dengan english business.

Cara Memperbaiki Bahasa Inggris Bisnis

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan skill business english. Di antaranya adalah:

Minta tolong

bahasa ingris bisnis

Sumber: Canva

Cara terbaik untuk belajar sebuah bahasa adalah learning-by-doing, sehingga kamu tak perlu takut untuk meminta tolong kepada teman yang lebih mahir. Bagaimana sih bentuk minta tolongnya? Kamu bisa meminta tolong temanmu untuk mengoreksi kesalahan yang kamu tulis di dalam proposal. Dengan memberikan catatan dan dikoreksi, kamu akan dengan mudah untuk mempelajarinya dan tidak mengulanginya di kemudian hari.

Kedua, jika dalam melakukan percakapan kamu keliru dalam mengucapkan kalimat atau vocabulary, minta tolong temanmu untuk memberikan kritik. Ketiga, minta temanmu untuk mendengarkan presentasi yang kamu buat sebelum dipresentasikan di depan atasan. Selain mempersiapkan mental kamu, kamu akan juga akan tahu mana yang harus diperbaiki.

Baca juga: Berbagai Manfaat Belajar Bahasa Inggris Lewat Komunitas

Nonton series

Nonton series memang menjadi salah satu cara seru dalam belajar bahasa Inggris. Untuk memperdalam dan membuat telingamu lebih familiar dengan english business, kamu bisa memilih film yang juga berhubungan dengan dunia profesional. Seperti: The Office, Shark Tank, dan Fast Money.

Mendengarkan podcast

Belum punya waktu untuk duduk diam nonton series? Kamu bisa mencoba cara satu ini, yaitu mendengarkan podcast. Podcast bisa diakses melalui gadget yang kamu miliki, sehingga kamu bisa mendengarkannya di mana saja dan kapan saja. Salah satu kelebihan podcast adalah kamu bisa mendengarkannya sambil mengerjakan pekerjana yang lain, jadi kamu tak perlu menyisihkan waktu khusus untuk mendengarkannya. Pilihlah podcast yang juga membahas mengenai dunia profesional atau bisnis, di antaranya adalah: Dose of Leadership, Ted Radio Hour, Startup.

Baca juga: Cara Mempersiapkan Rapat Menggunakan Bahasa Inggris Profesional

Kursus online

Cara terakhir untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bisnis adalah dengan mendaftar kursus online. Kenapa kursus? Kursus masih menjadi cara terefektif dalam mendalami bahasa asing. Kursus bahasa Inggris memiliki sistem pengajaran yang intensif dan juga terstruktur, sehingga kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuan dan perkembangan ke depannya. Ada program Professional Skill di WSE yang bisa kamu coba untuk meningkatkan skill bahasa Inggris. Waktu yang fleksibel sangat cocok bagi kamu yang sibuk dalam membagi waktu.

Di dalam program ini memang dikhususkan untuk meningkatkan bahasa Inggris untuk para professional dan personal branding kamu. Gabung sekarang di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Adverb dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Sep 30, 2020

Apa yang kamu tahu mengenai adverb? Secara sederhana adverb digunakan untuk menjelaskan atau memberikan tambahan…

Dongeng Bahasa Inggris Singkat 3-5 Menit untuk Anak Terbaru

Sep 30, 2020

Tahukah moms bahwa dongeng bahasa Inggris merupakan cara termudah untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak?…

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami