12 Pekerjaan yang Cocok untuk Para Mahasiswa

Feb 20, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Menjalani kuliah sambil bekerja sudah dilakukan oleh sebagian besar mahasiswa dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman pekerjaan, menambah ilmu di luar kegiatan kuliah hingga untuk menerima penghasilan tambahan. 

Namun, ada baiknya bagi mahasiswa yang sedang menjalani pekerjaan sambil kuliah untuk dapat mengatur waktu dengan lebih baik agar tidak mengganggu kegiatan perkuliahan. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, berikut merupakan pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa selagi masih kuliah.

Daftar Pekerjaan yang Cocok diambil Mahasiswa Sambil Berkuliah :

  1. Content Writer

Bagi kamu yang ingin bekerja dengan waktu sangat fleksibel kamu dapat bekerja sebagai Content Writer. Kamu dapat menulis berbagai tulisan seperti artikel, esai, cerita fiksi dan konten tulis lainnya yang dapat kamu kirim ke beberapa media online atau cetak. 

Dengan menjalani pekerjaan ini kamu tidak perlu khawatir akan waktu yang berat, karena dapat kamu lakukan setelah kamu selesai menjalani kegiatan kuliah. 

  1. Admin Sosial Media

Sampai saat ini, sudah banyak sekali perusahaan yang membutuhkan admin sosial media untuk membantu promosi marketing via sosial media. Kamu dapat mengambil pekerjaan ini untuk menambah wawasan kamu mengenai dunia Internet Marketing. 

Pekerjaan ini umumnya membutuhkan kamu untuk membuat dan mengunggah konten ke media sosial baik seperti tulisan atau gambar. 

  1. Copywriter

Sama halnya seperti Content Writer, Copywriter memiliki waktu yang fleksibel untuk dijalankan. Dengan semakin banyaknya perusahaan start-up baru setiap harinya, kesempatan pekerjaan ini akan selalu dibutuhkan. 

Kamu dapat mencoba pekerjaan yang membutuhkan penulisan ini untuk menambah pengalaman kamu serta ilmu mengenai dunia Copywriting. 

  1. Translator

Salah satu pekerjaan unik namun banyak dicari perusahaan adalah Translator. Sesuai dengan sebutannya, Translator memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa yang digunakan di dalam negeri. 

Translator akan menerjemahkan berbagai dokumen, artikel dan kebutuhan pekerjaan lainnya ke dalam bahasa yang digunakan di dalam negeri. Contohnya seperti kamu harus dapat menerjemahkan banyak dokumen dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. 

  1. Designer

Pekerjaan lainnya yang dapat kamu ambil yaitu sebagai Designer. Designer memiliki tugas untuk mendesain sesuatu dalam bentuk gambar, grafik dan lainnya sesuai dengan kebutuhan si perusahaan. Biasanya, sang Designer akan diberikan project untuk dikerjakan secara individu. 

  1. Dropshipper

Pekerjaan ini sedang sangat tinggi trennya, karena tidak hanya mudah namun dapat menghasilkan banyak penghasilan jika dikerjakan dengan tekun. Dropshipper memiliki tugas untuk menjual barang dari produsen baik secara online maupun offline. 

  1. Fotografer

Dengan modal kamera, baik kamera digital atau kamera handphone kamu dapat melakukan pekerjaan ini tanpa harus mengganggu kegiatan belajar kamu di kampus. Kamu dapat membuat hasil fotografi kamu dan kemudian ditawarkan ke potensi klien atau perusahaan yang sedang mencari fotografer. 

Kamu juga dapat submit hasil fotografi kamu ke dalam website seperti shutterstock, unsplash, atau fiverr

  1. Guru Les Privat

Pekerjaan yang juga fleksibel ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalani pendidikan yang membutuhkan pengalaman mengajar seperti Sastra, jurusan Pendidikan dan lainnya. Pekerjaan ini dapat kamu sesuaikan dengan jadwal kuliah kamu.

Pekerjaan ini cukup menghasilkan bagi seorang mahasiswa karena dihitung setiap kali pertemuan terhadap siswa. 

  1. Video Editor

Pekerjaan ini banyak dicari oleh banyak perusahaan, karena Video Editor dapat membantu proses marketing atau promosi suatu produk dan jasa dari perusahaan. Jika kamu memiliki skill Video Editing kamu dapat langsung apply ke perusahaan yang membutuhkan pekerjaan ini. 

Tidak hanya memiliki waktu yang fleksibel, namun kamu juga akan memiliki ilmu tambahan mengenai Video Editing. 

  1. Barista

Barista, merupakan orang yang berada di suatu toko minuman atau coffee shop yang bertugas untuk membuat minuman pesanan dari pelanggan. Pekerjaan ini sangat trending sekali di kalangan anak muda karena tidak hanya kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup namun kamu juga dapat belajar bagaimana menghadapi pelanggan setiap harinya. 

  1. Web Developer

Web Developer merupakan pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk mengembangkan suatu website. Pekerjaan ini juga banyak dicari oleh perusahaan, terutama perusahaan start-up yang baru berkembang. 

Pekerjaan ini membutuhkan kamu untuk memiliki skill Coding, dan juga kamu harus mampu memecahkan masalah yang ada di dalam website. 

  1. Content Creator / Streamer

Salah satu pekerjaan yang sedang booming saat ini adalah Content Creator. Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk membuat suatu konten yang menghibur dan menarik serta di upload ke sosial media seperti TikTok, Instagram, YouTube dan platform lainnya. 

Selain itu, pekerjaan yang juga hampir sama jenisnya yaitu Streamer mengharuskan kamu untuk upload konten namun kamu juga harus melakukan Livestreaming di depan penonton baik melewati Twitch atau YouTube. Kedua pekerjaan ini jika dijalankan dengan tekun, akan memiliki penghasilan yang tinggi.

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, serta pengalaman yang baru dan unik sebelum masuk ke dunia pekerjaan. 

Beberapa pekerjaan diatas seperti Translator membutuhkan kamu untuk mahir dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris. Kamu dapat daftar sekarang di Wall Street untuk mengikuti course bahasa Inggris agar kamu dapat menjadi Translator yang handal. 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP