Pekerjaan yang Cocok untuk Fresh Graduate, Cocok untuk Semua Jurusan!

Aug 17, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran kamu adalah bagaimana cara mencari dan mendapatkan pekerjaan? Pekerjaan apa yang sesuai dengan kemampuan saya? Apalagi di masa sekarang yang mencari pekerjaan cukup sulit. Entah keterbatasan lapangan kerja, hingga permasalahan global seperti pandemi Covid-19. 

Sebagai seorang Fresh Graduate, dibutuhkan tekad dan mental yang kuat dalam mencari pekerjaan karena dunia pekerjaan tidak seindah yang dibayangkan. Mulai dari sulitnya mencari pekerjaan di tengah tingkat persaingan sangat ketat hingga sulitnya adaptasi di dunia pekerjaan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas pekerjaan apa saja yang cocok untuk Fresh Graduate dan bisa untuk semua jurusan! 

Sebelum itu, alangkah kita ketahui terlebih dahulu kelebihan dari seorang Fresh Graduate yang tidak dimiliki oleh karyawan senior. 

Kelebihan Seorang Fresh Graduate!

Terdapat beberapa kelebihan seorang fresh graduate yang bisa menjadi nilai plus bagi perekrut dari berbagai perusahaan. 

Semangat Belajar yang Tinggi

Seorang fresh graduate memiliki semangat belajar yang sangat tinggi, dan hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Seorang fresh graduate dapat diajarkan apapun apalagi bagi yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan pembelajaran baru yang bahkan tidak pernah didapatkan selama menjalani kuliah. 

Dapat Menyediakan Ide Baru

Fresh graduate umumnya memiliki pemikiran baru dan inovatif. Hal ini bisa menjadi poin plus bagi perusahaan, apalagi jika suatu perusahaan ingin menyediakan produk atau jasa yang baru. Pemikiran yang inovatif ini juga merupakan kebanggaan yang dapat membantu perusahaan untuk melangkah lebih maju. 

Up-to-date

Seorang fresh graduate juga biasanya sangat up-to-date dengan perkembangan industri seperti teknologi, pasar dan sektor lainnya. Hal ini sangat diincar oleh banyak perusahaan. Karyawan yang bisa memberikan ide secara up-to-date juga dapat menjadi penopang bagi perusahaan agar perusahaan dapat selalu mengikuti perkembangan yang ada. 

Seorang yang Pekerja Keras

Memiliki pengalaman pertama kali bekerja tentu seorang fresh graduate ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Entah untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, apresiasi dari perusahaan atau menjadi sebuah nilai jual agar bisa diterima di perusahaan lebih besar lainnya, seorang fresh graduate lebih mementingkan untuk bekerja keras dibandingkan dengan karyawan lama. 

Mampu Menerima Feedback dengan Baik

Karena rasa ingin tahu dan semangat belajar yang masih besar dari seorang fresh graduate, mereka tentu ingin mengetahui penilaian dari perusahaan kepada mereka. Baik itu penilaian dari kelebihan mereka ataupun kekurangan mereka, tentu saja hal ini berdampak sangat baik untuk pengembangan kemampuan seorang karyawan di perusahaan. 

5 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Fresh Graduate!

Management Trainee (MT)

Management Trainee atau MT menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati oleh banyak lulusan baru. Di pekerjaan ini, kamu akan melewati berbagai kompetensi yang intensif untuk menempati posisi manajerial di perusahaan. Kamu akan diberikan pelatihan oleh divisi perusahaan dan akan diawasi oleh manajer atau supervisor. Kemudian, kamu akan ditempatkan di departemen perusahaan yang kamu sukai. 

Pegawai Bank

Tidak sedikit pula lulusan baru yang melamar menjadi pegawai di bank. Baik itu di banknya langsung seperti kantor cabang ataupun ditempatkan menjadi karyawan tetap di perusahaan bank tersebut. Di kantor cabang, kamu dapat melamar menjadi teller atau customer service. Sedangkan di perusahaannya langsung kamu dapat melamar menjadi seorang Marketing, tim IT, Financial dan lainnya. 

Content Writer

Bagi kamu yang memiliki kemampuan untuk menulis atau gemar menulis, menjadi seorang Content Writer adalah pekerjaan yang cocok bagi kamu. Pada umumnya, Content Writer berada di bawah divisi Marketing. Kamu akan membantu menjual produk-produk perusahaan dari segi penulisan konten agar dapat menarik minat pelanggan untuk melakukan transaksi di perusahaan. Konten yang diciptakan mulai dari artikel, blog, dan sosial media. 

Selain menulis, seorang content writer juga harus memberikan informasi terbaik dan memiliki pengetahuan dasar mengenai SEO, menulis konten yang sesuai dengan target pasar, hingga melakukan riset sebelum menulis agar konten yang dihasilkan dapat berkualitas. 

Entrepreneur / Wirausaha

Tidak sedikit juga fresh graduate di Indonesia yang setelah lulus lebih memilih untuk membuka usahanya sendiri ketimbang bekerja di perusahaan. Bagi yang ingin memulai untuk menjadi entrepreneur, kamu dapat menjadi seorang dropshipper dan reseller produk-produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari seperti produk fashion, produk pangan, elektronik dan masih banyak lagi. 

Freelance

Menjadi seorang freelance adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Kamu dapat mengunjungi website pekerjaan seperti Jobseeker Company, LinkedIn, Glints untuk mencari lowongan Freelance. Biasanya, lowongan Freelance yang ditawarkan adalah pekerjaan programming, graphic designer, content writer, marketing dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang fresh graduate, kamu juga wajib untuk mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan untuk berbahasa Inggris kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk berkomunikasi di internal perusahaan maupun klien dari luar negeri, atau untuk promosi produk/jasa dari perusahaan di sosial media. 

Bagi kamu yang ingin melamar kerja namun kemampuan bahasa Inggris masih belum mumpuni, daftarkan diri kamu sekarang di Wall Street English. Di jaman yang sudah maju ini, kemampuan untuk berkomunikasi bahasa Inggris adalah hal yang wajib dimiliki. Jika tidak, akan berdampak dengan sangat buruk di karir masa depan kamu!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP