Home Business & Career   Bagaimana Menyeimbangkan Belajar, Karir dan Kehidupan Pribadi

Bagaimana Menyeimbangkan Belajar, Karir dan Kehidupan Pribadi

Mei 29, 2017

Pernahkah kamu merasa kesulitan menyeimbangkan tuntutan pekerjaan di karir, kegiatan belajarmu dan kehidupan pribadi tanpa membiarkan salah satu aspek mengganggu aspek lainnya? Jangan khawatir! Kamu tidak sendiri. Banyak orang merasakan hal yang sama dan tidak tahu bagaimana hidup dengan seimbang, namun ini merupakan sebuah tantangan yang pasti dapat kamu atasi. Bacalah beberapa tips berguna di bawah ini.

Baca Juga: Contoh CV yang Menarik dan Kreatif Agar Dilirik HRD 100% Working

Fokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan

Jangan khawatirkan tentang kelasmu jika kamu sedang bekerja; sebaliknya, jangan biarkan pekerjaan menggangu jika kamu sedang di rumah bersama keluarga atau temanmu, dan ketika kamu sedang berada di kelas, fokuslah kepada pelajaranmu.

Buatlah jadwal mingguan

Ketika kamu membuat rencana dalam satu pekan, hitunglah berapa jam waktu yang kamu habiskan untuk bekerja, tinggalkan aktivitas yang tidak berguna dan sia-sia. Jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk kehidupan pribadi kamu dengan keluarga  dan aktivitas yang kamu sukai. Jika kamu memiliki jadwal kelas yang tetap, cobalah untuk datang ke kelas dengan tidak terburu-buru. Jika jadwalmu bekerja dengan baik, kamu akan memiliki waktu untuk melakukan hal lain, bahkan untuk bersenang-senang.

Informasikan jadwalmu kepada keluarga dan temanmu

Kamu salah besar jika berpikir hal ini tidak penting. Hal ini akan membuat mereka mengerti dan tidak menggangu pekerjaan maupun konsentrasimu. Sehingga kamu bisa memisahkan waktu kehidupan pribadi dan pekerjaan. Selain itu, mereka pun tahu kapan kamu bisa memberikan waktumu untuk mereka.

Rencanakan aktivitas untuk mengisi energimu

Kamu harus mulai belajar untuk mengatakan TIDAK, karena kamu pun manusia yang membutuhkan istirahat. Jadi, selalu sisakan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan pikiranmu. Kamu bisa mendengarkan musik, berolahraga, berjalan-jalan, bersepeda atau sekedar duduk bersantai dibawah sinar matahari tanpa melakukan apapun.

Baca Juga: Kerja di Luar Negeri – Apa Saja Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kamu juga bisa melakukan hal lain yang kamu sukai, karena setiap orang menyukai hal yang berbeda. Hal yang terpenting adalah kamu dapat menikmati hidup dan aktivitas yang kamu  lakukan dimanapun kamu berada. Atau kamu pun bisa mulai mengasah kemampuan kamu dalam hal lain. Bahasa Inggris misalnya? Yuk tes kemampuan bahasa Inggris kamu di sini, gratis!

Baca juga artikel menarik lainnya

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimatnya

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami