Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris

Apr 5, 2018
Share on facebook
Share on twitter

Menulis surat resmi ataupun lebih dikenal dengan istilah “Formal letter” dan “Business letter” dalam bahasa Inggris merupakan sebuah kegiatan yang sering kamu lakukan dalam dunia kerja. Baik itu dalam bentuk surat tertulis ataupun surel, penulisan surat resmi sangat berbeda dengan surat biasa. Selain konteks yang lebih profesional, dalam surat resmi kamu juga harus menggunakan jenis dan ragam bahasa yang sopan dan terstruktur secara baku.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai tips menulis surat resmi dalam bahasa Inggris. Hmm… Seperti apa ya kira-kira? Yuk, langsung kita pelajari bersama-sama!

Tentukan Tujuanmu Dalam Menulis Surat

Sebelum mulai menulis ataupun mengetik, ambil waktu sejenak untuk memikirkan alasan mengapa kamu menulis surat tersebut. Tentunya setiap surat resmi pasti dibuat dengan sebuah tujuan, misalnya menjawab undangan jamuan ataupun pertemuan, membahas penawaran bisnis, dan sebagainya. Setelah mengetahui apa tujuanmu, tulislah perihal tersebut pada paragraf pertama surat. Kalimat yang biasanya digunakan adalah “I am writing this letter to …”.

Singkat, Padat, dan Jelas!

Menulis surat resmi dalam bahasa Inggris itu sederhana lho. Penting diperhatikan bahwa dalam menulis surat resmi, kamu harus menghindari pemborosan kata yang terlalu banyak. Buatlah paragraf yang singkat, dan di dalam paragraf tersebut buatlah kalimat-kalimat yang sederhana namun efektif. Karena kamu bukan sedang menulis sebuah cerpen, maka buatlah alur penulisan yang “to the point”. Tetapi ingat, singkat bukan berarti kamu menghilangkan detail-detail penting yang perlu dicantumkan dalam surat, ya!

Gunakan Jenis dan Ejaan Bahasa yang Baku

Karena konteksnya yang bersifat resmi, maka penulisannya pun harus menggunakan ragam bahasa yang baku dan sopan. Hindari penggunaan singkatan kata, kata yang tidak umum, dan slang. Misalnya penulisan “I am” dan “I’m”, walaupun bermakna sama namun “I am” merupakan bentuk yang lebih sopan dan baku. Gunakan bahasa yang sopan dan dapat diterima oleh setiap kalangan pembaca.

Proofread itu sangat penting!

Setelah selesai menulis, jangan lupa untuk membaca ulang suratmu secara menyeluruh dan seksama. Periksa ketepatan struktur penulisan dan grammar pada tulisanmu, pastikan semuanya telah ditulis dengan baik dan benar. Jika kamu masih merasa kurang yakin, kamu dapat meminta bantuan orang lain untuk membaca hasil tulisanmu. Tanyakan pendapat mereka mengenai surat yang telah kamu buat dan lakukan koreksi jika dibutuhkan.

More News

May 11, 2021
English Tips

Parallel Structure: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 11, 2021
Vocabulary

Appositive Phrase: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 7, 2021
Vocabulary

Reflexive Pronoun: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 4, 2021
Vocabulary

Positive Degree: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Apr 30, 2021
Vocabulary

Independent Clause: Definisi, Contoh Kalimat, dan Penggunaan

Apr 26, 2021
Business & Career

Public Speaking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menguasainya