Magang di Luar Negeri, Manfaat dan Caranya!

Jun 1, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Magang merupakan suatu kegiatan yang melibatkan mahasiswa semester akhir untuk memulai karir serta merasakan pengalaman di dalam dunia kerja. Kegiatan ini sangat disarankan untuk dilakukan agar nanti pada saat masuk dunia kerja kamu tidak akan kaget dan sudah bisa beradaptasi dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat mempercantik pengalaman kerja di CV agar perusahaan semakin tertarik untuk merekrut kamu. 

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat serta cara agar kamu bisa magang di luar negeri dengan mudah. Ketahui dulu manfaat apa saja yang dapat kamu nikmati jika kamu magang di luar negeri! 

Manfaat Magang di Luar Negeri

Apakah magang bisa di luar negeri? Tentu saja hal ini sangat bisa untuk dilakukan. Kamu tidak perlu takut akan hal-hal seperti sulit mendapatkan pekerjaan di luar negeri, atau hal-hal negatif lainnya. Menjalani magang di luar negeri memiliki manfaatnya, lho! 

Memiliki Pengalaman Kerja Internasional

Di era globalisasi dan industri yang semakin berkembang ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memiliki koneksi atau relasi ke perusahaan asing. Nah, kamu bisa langsung merasakan pengalaman bekerja secara internasional. Mulai dari kegiatan, lingkungan kerja yang lebih professional hingga rekan kerja yang berasal dari negara berbeda.

Belajar Hal Baru

Dengan mempelajari hal-hal baru, dipastikan kamu bisa lebih berkembang dari diri kamu yang sekarang. Jika kamu hanya mempelajari satu hal saja yang kamu bisa dan tidak mau mempelajari hal yang baru, tentu saja kamu tidak akan mudah untuk berkembang. Mengikuti magang di luar negeri kamu dapat mempelajari banyak hal baru, contohnya kamu akan langsung diterjunkan ke project di kantor. 

Kemampuan Berkomunikasi Meningkat

Jika ingin menjalani magang di luar negeri tentu saja kamu harus menguasai Bahasa Inggris terlebih dahulu. Secara tidak langsung, kemampuan bahasa Inggris kamu juga akan sangat meningkat. Kamu dapat berkomunikasi dengan lebih baik melalui bahasa dan budaya dengan rekan kerja dan tentunya kamu akan lebih terbuka terhadap perbedaan pendapat serta ilmu di dunia kerja yang baru yang tidak bisa didapatkan di dalam negeri. 

Meningkatkan Kualitas CV

Memiliki pengalaman magang di luar negeri dapat membuat portfolio dan CV kamu. Jika kamu memasukkan pengalaman magang di luar negeri ke dalam CV tentu saja akan menarik perhatian dari perekrut perusahaan. Apalagi jika kamu ikut serta dalam mengerjakan project magang. Wah, sudah pastinya kesempatan kamu masuk ke perusahaan besar akan lebih tinggi! 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu nikmati jika kamu berhasil menjalani magang di luar negeri. Nah, bagi kamu yang tertarik menjalani magang di luar negeri inilah beberapa syarat dan caranya yang bisa kamu jalani. 

Syarat dan Cara Magang di Luar Negeri

Terdapat beberapa cara dan syarat yang harus dipenuhi  agar kamu dapat masuk di perusahaan luar negeri untuk menjalani magang di luar negeri : 

Menggunakan Koneksi

Jika kamu membangun koneksi pada saat di kuliah, baik itu kenalan dengan professor, teman, dosen atau keluarga. Kamu dapat meminta bantuan mereka untuk mencari kontak profesional ke perusahaan-perusahaan yang memiliki koneksi luar negeri contohnya seperti perusahaan multinasional. Jangan lupa juga untuk meminta referensi atau rekomendasi! 

Lengkapi Dokumen

Dokumen-dokumen ini sangat wajib untuk dilengkapi agar proses melamar magang di luar negeri menjadi lebih mudah. Berikut merupakan dokumen yang harus kamu miliki : 

  • Resume/CV
  • Surat pengantar yang dibagi menjadi 3 surat : 
    • Surat Pengantar Standar
    • Surat Pengantar Rujukan
    • Surat Minat
  • Surat Rekomendasi untuk mahasiswa magang
  • Transkrip Nilai

Melamar di Situs Lamaran Kerja

Kamu dapat menggunakan situs untuk melamar kerja. Contohnya seperti LinkedIn, atau kamu dapat mengunjungi halaman situs perusahaan atau Company Profile, kemudian memantau program beasiswa pemerintah setiap harinya untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan magang. Kamu dapat memantau website AIESEC yang merupakan organisasi khusus untuk anak muda

Ikuti Program Magang dari Universitas

Hampir setiap universitas di Indonesia, memiliki program magang baik untuk perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Nah kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjalani magang di perusahaan luar negeri! Bahkan, ada beberapa kampus yang akan membantu kamu magang di luar negeri. 

Nah, itulah dia informasi mengenai cara, syarat dan manfaat magang di luar negeri. Satu hal yang pasti, kamu harus mempelajari bahasa Inggris! Jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris sudah pastinya kamu tidak bisa bahasa Inggris maka kamu akan sulit diterima di luar negeri. Kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street untuk belajar Bahasa Inggris dari segi profesional jadi pada saat bekerja nanti kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris lebih mudah. 

More News

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

Jun 13, 2022
Business & Career

5 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Eropa Nomor Satu!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP