Lulusan S1 Indonesia Bisa Kerja di Luar Negeri, Lho!

Apr 14, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bekerja di luar negeri merupakan impian banyak orang, selain kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk penghasilan yang tinggi kamu juga dapat menambah pengetahuan lebih luas hingga memiliki koneksi dalam skala internasional! Bagi kamu lulusan S1 asal Indonesia yang ingin melanjutkan karir kamu di luar negeri sangat bisa. Namun, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apakah ijazah Indonesia berlaku di luar negeri. 

Apakah Ijazah Indonesia Berlaku di Luar Negeri? 

Setiap ijazah yang berasal dari perguruan tinggi maupun swasta Indonesia sangat berlaku di luar negeri! Hal ini sudah dipastikan oleh testimoni dari beberapa murid yang saat ini sudah selesai menjalani pendidikan tingkat selanjutnya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ijazah yang dimiliki harus diterjemahkan ke bahasa Inggris. Bagi yang ingin melamar pekerjaan, kamu juga harus bisa memberikan nilai lebih yang bisa kamu tawarkan jika perusahaan akan mempekerjakan kamu. Jangan lupa juga untuk menambahkan transkrip nilai selain ijazah pada saat ingin melamar pekerjaan!

Lalu dokumen-dokumen pelengkap juga harus diperhatikan seperti Visa Kerja, Kartu Tanda Penduduk dan lainnya agar proses melamar pekerjaan di perusahan luar negeri menjadi lebih mudah. 

Apakah Lulusan S1 Indonesia Bisa Bekerja di Luar Negeri?

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, tentu sangatlah bisa dilakukan. Namun, meskipun kamu memiliki prestasi di bidang akademis saja dan tidak memiliki persiapan apa-apa sudah dipastikan kamu akan gagal dalam menjalani karir di luar negeri. Meskipun bekerja di luar negeri tidak dapat dijadikan takaran dalam kesuksesan kamu berkarir namun jika kamu memiliki persiapan yang matang setidaknya kamu bisa melewati masa-masa sulit bekerja di luar negeri dengan sangat baik!  

Harus selalu diingat, bahwa perusahaan tidak hanya melihat dari kemampuan akademis kamu selama menjalani pendidikan saja namun karakteristik kamu, tekad kamu untuk bekerja, kontribusi kamu bagi perusahaan tempat kamu bekerja, hingga pengalaman yang kamu miliki. Jika kamu cocok, perusahaan tidak akan keberatan untuk menanggung semua kebutuhan kamu termasuk dokumen visa kerja dan lainnya. 

Nah, untuk itu kamu harus memiliki persiapan yang matang untuk bekerja di luar negeri dengan lebih baik. Berikut merupakan beberapa persiapannya!

Hal-hal Penting yang Perlu Disiapkan untuk Bekerja di Luar Negeri

Kemampuan Bahasa 

Memiliki kemampuan bahasa asing yang baik merupakan salah satu faktor untuk menjalani pekerjaan dengan lebih mudah di luar negeri. Tidak hanya agar kamu mengerti kebutuhan dokumen di dalam bahasa Asing namun kamu juga dapat berkomunikasi bersama rekan kerja serta masyarakat lokal dengan lebih baik. Selain bahasa asing yang harus dikuasai, namun kamu juga harus menguasai Bahasa Inggris. 

Kemampuan Berpikir dari Perspektif Global

Semua hal yang kamu tonton, atau baca lalu lingkungan sekitar tentu akan mempengaruhi cara berpikir kamu. Banyak sekali perusahaan di luar negeri yang menyukai calon karyawan dengan wawasan yang luas apalagi tentang perkembangan industri, perkembangan dunia pekerjaan hingga perkembangan teknologi masa kini. 

Bagi calon karyawan yang memiliki kemampuan berpikir dari perspektif global tentu akan memiliki pikiran yang lebih kritis untuk menghadapi setiap permasalah di kantor sehingga si calon karyawan dapat mengambil keputusan dengan baik, cepat dan tepat. 

Pengalaman Organisasi

Setiap perusahaan menginginkan sang calon karyawan mempunyai pengalaman yang banyak, tidak hanya pengalaman pekerjaan yang diincar namun pengalaman berorganisasi juga akan dipertimbangkan. Jika kamu aktif di organisasi pada masa kuliah kamu akan lebih mudah dalam menyesuaikan diri di lingkungan perusahaan agar pada saat bekerja kamu dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Semakin tinggi pengalaman organisasi yang kamu miliki, maka akan semakin menarik juga bagi pihak perusahaan.

Pelajari Budaya Negara Tujuan

Agar kamu tidak kaget pada saat tiba di negara tujuan kamu bekerja, kamu harus mempelajari budaya-budaya atau kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat lokal disana. Apalagi budaya bekerja di luar negeri yang jarang memiliki waktu untuk bersantai. Bahkan, masyarakat lokal di luar negeri jarang mengutamakan waktu pribadi dan lebih mengutamakan waktu karir mereka. 

Persiapan-persiapan diatas cukup berat jika kamu tidak memiliki tekad untuk bekerja di luar negeri. Terutama dalam mempelajari bahasa Inggris. Kamu wajib meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, untuk itu kamu dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di Wall Street agar kemampuan bahasa Inggris kamu dapat lebih meningkat serta kamu dapat lebih siap untuk bekerja di luar negeri. Yuk, daftar sekarang!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP