Langkah Perencanaan Karir ini Membuat Kamu Sukses di Masa Depan!

Sep 22, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Siapa sih yang tidak menginginkan karir yang sukses di masa depan? Setiap orang tentu mengincar kesuksesan karir di masa depan. Baik untuk kehidupan yang lebih sejahtera, ingin menikmati hari tua yang lebih tenang, dan lainnya. Namun, untuk mencapai kesuksesan berkarir di masa depan membutuhkan perencanaan yang matang. 

Namun, banyak orang yang tidak memperdulikan terhadap perencanaan karir untuk masa depan. Padahal, perencanaan karir untuk masa depan adalah kunci dari kesuksesan itu sendiri. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk melakukan perencanaan karir bagi masa depan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara merencanakan karir di masa depan agar karir di masa depan dapat sukses. 

Bagaimana cara merencanakan karir di masa depan? Ikuti Langkah-langkah ini! 

Menyusun Visi dan Misi

Langkah pertama dalam merencanakan karir untuk masa depan adalah menentukan visi dan misi. Visi dan misi adalah pedoman hidup kamu mengenai apa yang kamu ingin capai dalam jangka waktu 5 sampai dengan 10 tahun ke depan. Namun, tidak semua orang bisa merancang visi dan misi karir dengan baik. Berikut ini tips-tips yang dapat kamu ikuti dalam membuat visi dan misi : 

  • Mengetahui apa yang kamu inginkan atau kamu capai di masa yang akan datang
  • Membayangkan diri kamu dari segi karir di masa depan. Kamu ingin menjadi apa? Pengusaha? Jabatan yang lebih tinggi? 
  • Jika masih sulit dengan visi dan misi jangka panjang, mencoba untuk membuat visi misi jangka pendek di 2 sampai dengan 3 tahun.

Kamu harus serius dalam membuat visi dan misi ini, apalagi untuk segi karir karena visi dan misi inilah yang menjadi panduan kamu untuk melangkah di masa depan. 

Fokus pada Kelebihan, dan Memperbaiki Kelemahan

Setelah merancang visi dan misi, saat kamu memperbaiki diri mulai dari lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki dan memperbaiki setiap kelemahan yang dimiliki. Kebanyakan orang-orang lebih memfokuskan diri kepada kelemahan masing-masing. Meraih kesuksesan karir membutuhkan untuk mengenali potensi diri yang lebih dalam. 

Jika ingin sukses karir di masa depan, kamu harus melakukan identifikasi potensi yang kamu miliki. Mulai mengetahui kelebihan-kelebihan apa saja yang dimiliki, dan juga mengetahui kelemahan yang dimiliki untuk diperbaiki. Jadi, tidak hanya berfokus pada kelemahan yang dimiliki! Salah satu faktor kegagalan dalam menggapai masa depan karir sukses adalah dengan tidak mengenali potensi diri dengan baik. 

Fokus Terhadap Passion yang Dimiliki

Bekerja dengan passion atau sesuatu yang kamu suka akan meningkatkan produktivitas. Dengan memiliki passion kamu akan rela membuang waktu, uang hingga tenaga untuk meraih kesuksesan karir. Namun, tidak sedikit pula orang yang berkarir meraih kesuksesannya di bidang yang bukan passionnya. 

Semuanya, tergantung dari pilihan kamu sendiri. Apakah kamu ingin bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki atau tidak. Kesuksesan juga tergantung dari cara bekerja kamu. Namun, alangkah baiknya kalau kamu fokus terhadap passion yang dimiliki.  

Lakukan Evaluasi Diri Sendiri

Langkah berikutnya untuk merencanakan karir di masa depan adalah melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Memang, melihat ke masa lalu dan fokus di masa sekarang serta masa depan adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, tidak salah jika kita menoleh kebelakang mengenai hal-hal apa saja yang sudah kita persiapkan untuk masa depan. 

Contohnya, jika di masa lalu kita memiliki sifat bermalas-malasan, tidak pernah melakukan sesuatu yang produktif untuk masa depan karir maka kamu perlu mengubah sifat tersebut dan dijadikan sebagai pembelajaran agar tidak mengulangi sifat-sifat tersebut di masa depan. Semua demi meraih karir yang lebih sukses di masa depan nanti. 

Riset mengenai Informasi Tren Karir di Masa Depan

Langkah selanjutnya dalam membuat perencanaan karir di masa depan ada mencari tahu mengenai tren karir di masa kini. Hal ini dilakukan untuk memprediksi mengenai prospek karir yang saat ini tengah ramai dicari serta memiliki prospek karir yang juga bagus. 

Selain itu, dengan melakukan riset mengenai tren karir kamu juga bisa mencari tahu tentang perkembangan kualifikasi karir yang dibutuhkan di masa depan sehingga kamu bisa sambil mengembangkan kemampuan kamu. Baik dari segi soft skills maupun hard skills

Merancang Career Path, dan Direalisasikan dengan baik!

Langkah terakhir untuk merencanakan karir di masa depan adalah membuat career path. Maksud dari Career Path adalah sebuah strategi atau perencanaan karir yang dilakukan untuk meraih profesi dan karir yang diinginkan. Sebaiknya, mulai dari langkah-langkah kecil terlebih dahulu seperti mempelajari bidang yang ditekuni, mulai belajar berbahasa asing seperti bahasa Inggris hingga mencoba untuk belajar mengenai hal-hal baru. 

Namun, career path yang sudah dirancang dengan matang tidak akan berjalan jika tidak direalisasikan dengan baik. Kamu harus serius dalam menjalani career path yang telah dibuat untuk meraih kesuksesan masa depan karir. Harus konsisten dalam menjalani career path yang telah kamu rancang sedemikian rupa.

Itulah beberapa langkah dalam bagaimana cara merencanakan karir di masa depan. Salah satu langkah yang tepat dalam merencanakan karir untuk masa depan adalah dengan memulai untuk belajar bahasa Inggris karena penggunaan bahasa Inggris kini digunakan untuk berkomunikasi secara verbal dan nonverbal di setiap sektor perusahaan. 

Kesulitan dalam memahami bahasa Inggris tentu akan memiliki dampak yang buruk bagi masa depan karir. Maka dari itu, belajar bahasa Inggris dan memahaminya adalah hal yang wajib. Kamu dapat mendaftarkan diri ke komunitas bahasa Inggris terbaik se-Indonesia untuk belajar bahasa Inggris dengan materi, mentor, guru terbaik yaitu Wall Street English. 

Wall Street English menyediakan berbagai program pembelajaran bahasa Inggris salah satunya Professional Skills untuk karyawan yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dari segi profesional dan bisnis. 

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP