Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 14, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Memulai karir bagi seorang Fresh Graduate tidak selalu berjalan dengan sangat mulus, akan ada banyak tantangan serta rintangan yang harus dihadapi sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Seorang lulusan baru harus memiliki tekad, kegigihan, dan semangat untuk mendapatkan pekerjaan. 

Sebelum memulai karir, terdapat beberapa langkah awal yang wajib diterapkan bagi seorang lulusan baru. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, perencanaan karir kamu akan lebih baik dan terstruktur. 

Jangan Terlalu Picky Dalam Memilih Pekerjaan

Seringkali terjadi di dunia pekerjaan terkait hal ini yang mengakibatkan tidak mendapatkan pekerjaan sama sekali, dan perkembangan karir yang menjadi terhambat. Memilih pekerjaan bukan sesuatu hal yang dilarang, namun jangan terlalu banyak memilih. Kamu akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan yang cocok. 

Pilih yang memang sesuai dengan kemampuan kamu, dan jika ingin memilih pekerjaan di luar kemampuan terlebih dahulu kamu dapat mencari tahu tentang kemampuan apa yang dibutuhkan dan pelajari kemampuan baru tersebut. 

Jangan Berpatok Pada Satu Perusahaan

Jangan hanya jadikan satu perusahaan sebagai patokan untuk bekerja, namun lamar ke banyak perusahaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan melamar ke banyak perusahaan kamu akan memiliki berbagai macam pilihan perusahaan dengan lingkungan kerja, penghasilan dan prospek kerja yang berbeda-beda. 

Contohnya, jika kamu tidak diterima di perusahaan A, kamu masih memiliki banyak pilihan perusahaan lainnya. Tetap cari dan lamar di banyak perusahaan sampai kamu bisa mendapatkan yang cocok. 

Perluas Koneksi Di Dunia Pekerjaan

Pekerjaan tidak hanya mengenai penghasilan yang diperoleh, atau tugas yang dikerjakan. Namun, pekerjaan berkaitan erat dengan koneksi sosial yang sangat wajib untuk dibangun. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan referral atau rekomendasi untuk pembangunan karir di masa depan. 

Selain perkembangan karir, memiliki koneksi yang luas juga bisa mengembangkan bisnis yang akan kamu miliki nantinya di masa depan. Kemudian, ilmu yang kamu dapatkan juga akan lebih luas. 

Rendah Hati, Jangan Sombong

Miliki sikap yang selalu rendah hati, jangan pernah menyombongkan diri mengenai prestasi yang kamu dapatkan pada saat di kuliah. Sikap seperti ini akan membuat kamu tidak disukai oleh rekan-rekan kerja. Jangan sampai sombong, atau arogan pada saat bekerja. Sebaliknya, memiliki sikap yang rendah hati akan disukai oleh banyak orang, dan penilaian orang-orang terhadap kamu pun menjadi lebih baik. 

Jangan Takut Terhadap Kegagalan

Masih banyak lulusan baru takut akan kegagalan yang belum terjadi atau sudah terjadi. Hal ini membuat mereka menjadi putus asa, tidak ada harapan, dan lainnya. Jangan biarkan kegagalan menjadi sebuah halangan untuk maju dalam mengembangkan karir, justru jadikan kegagalan sebagai ajaran baru untuk memperbaiki kesalahan yang sebelumnya menjadi sebuah kegagalan.

Begitu pula di dunia pekerjaan, perusahaan mencari orang yang mau berkembang dan belajar dari kegagalannya, bukan mundur atau menyerah dari kegagalan tersebut. 

Kuasai Bahasa Inggris

Salah satu kemampuan teknis yang harus dimiliki oleh seorang lulusan baru dalam memulai karirnya adalah kemampuan untuk berbahasa Inggris baik secara verbal dan non-verbal. Jika kamu tidak memiliki kemampuan dalam memahami bahasa Inggris, kamu akan sulit untuk mendapatkan karir. Mengapa begitu? Karena, di jaman sekarang sudah banyak perusahaan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

Maka dari itu, sangat wajib untuk kamu menguasai bahasa Inggris, dari level dasar juga tidak masalah. Jika kamu ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English! Disini, kamu dapat belajar mengenai bahasa Inggris dari berbagai aspek. Contohnya aspek profesional yaitu program Profesional Skill! Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP