Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki Pegawai agar Bisa Naik Jabatan?

Aug 5, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Naik jabatan di suatu perusahaan merupakan impian bagi banyak orang, tidak hanya bisa mendapatkan gaji yang tinggi namun dapat meningkatkan moral karyawan itu sendiri serta menjadi motivasi kepada karyawan lainnya agar dapat bekerja dengan lebih rajin lagi. Namun, naik jabatan di suatu perusahaan merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa kualifikasi yang harus dimiliki agar dapat naik jabatan ke yang lebih tinggi. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas kualifikasi yang harus dimiliki oleh pegawai agar bisa naik jabatan. Yuk, kita ketahui apa saja kualifikasi nya! 

Kualifikasi Wajib yang Harus Dimiliki Pegawai untuk Naik Jabatan!

Loyalitas

Perusahaan akan memberikan jabatan yang lebih tinggi kepada karyawan yang memiliki loyalitas tinggi. Perusahaan membutuhkan karyawan dengan komitmen jangka waktu panjang, bukan sekadar 3 – 6 bulan saja. Dari komitmen dan loyalitas ini lah yang akan menjadi nilai jual karyawan bagi perusahaan, apakah layak untuk diberikan jabatan lebih tinggi atau tidak. Jika berhasil mendapatkan promosi, jangan sampai bertahan dalam waktu yang singkat, sampai hal tersebut terjadi maka kamu akan memiliki impresi yang buruk dan prospek karir yang menurun kedepannya. 

Berikan Solusi

Seorang karyawan di dalam perusahaan harus berani dalam memberikan pendapatnya atau solusi terbaik terhadap suatu permasalahan yang terjadi. Jangan hanya mengandalkan suara dari atasan, namun pendapat yang diberikan oleh karyawan juga berguna untuk kemajuan perusahaan. Karyawan yang dapat memberikan solusi terhadap suatu permasalahan adalah karyawan yang aktif, dan bertanggung jawab. Hal ini juga menjadi kualifikasi bagi karyawan agar dapat meraih jabatan yang lebih tinggi. 

Berbagi Ilmu

Nilai lebih bagi seorang karyawan agar dapat naik jabatan adalah mau berbagi ilmu kepada karyawan lainnya dalam bekerja sama seperti memberikan ide atau inovasi terbaru, mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan kepada karyawan lainnya. Ketika menjadi pemimpin suatu saat nanti, sudah sepantasnya kamu membantu tim untuk berkembang lebih lagi dari segi pengetahuan. 

Sikap Profesional

Memiliki sikap yang profesional adalah poin plus bagi seorang karyawan untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi. Disertai dengan sikap kooperatif dan mau bekerja sama di dalam tim menunjukkan kepada perusahaan kalau karyawan tersebut adalah orang yang pantas untuk dinaikkan jabatannya. Jangan lupa, untuk selalu bersikap rendah hati ketika bekerja di perusahaan. 

Pengetahuan Luas

Bagi seorang calon karyawan dengan jabatan yang tinggi, sudah sepantasnya harus memiliki pengetahuan yang lebih luas dan mampu berpikir secara out-of-the-box. Kemampuan pengetahuan dan cara berpikir dari seorang karyawan dapat dilihat saat seorang karyawan mendapatkan sebuah tantangan baru dan bagaimana cara karyawan menyelesaikan tantangan tersebut dengan baik tentu dengan memberikan hasil yang juga terbaik. Tentu saja, hal ini akan berimbas pada kemajuan perusahaan. 

Inisiatif yang Tinggi

Tanpa harus menunggu arahan dari atasan, bekerja dengan inisiatif yang tinggi akan memberikan nilai plus bagi seorang karyawan. Untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi tentu saja harus memiliki inisiatif dan produktivitas yang tinggi. Ingat saja, tingkat persaingan di suatu perusahaan sangatlah ketat jadi seorang karyawan harus memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Inisiatif yang tinggi, produktivitas, tekad dan niat harus ditunjukkan. 

Memiliki Nilai Lebih dari Karyawan Lainnya

Karyawan yang memiliki nilai lebih akan lebih menonjol dari karyawan lainnya. Baik dari segi pengalaman kerja, segi kemampuan, prestasi dan lainnya. Penilaian ini dapat dilakukan dari pihak HRD dengan melihat bagaimana kinerja kamu seperti target, hasil kerja dan sebagainya. Nilai lebih plus ini menjadi kriteria apakah karyawan dapat naik jabatan atau tidak. 

Kemampuan Berkomunikasi

Poin terakhir yang menjadi acuan kualifikasi untuk naik jabatan adalah kemampuan berkomunikasi yang dimiliki. Mulai dari tutur berbicara hingga bahasa yang digunakan. Agar terlihat lebih profesional kamu dapat menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Tingkatkan selalu kemampuan berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan lebih profesional. 

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu dapat mendaftarkan diri langsung ke Wall Street English untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris secara formal untuk kebutuhan bisnis dan profesional! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP