Home Business & Career   Kerja di Luar Negeri – Apa Saja Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Kerja di Luar Negeri – Apa Saja Yang Perlu Kamu Persiapkan?

Apr 13, 2018

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan internasional? Di luar negeri pula. Hmm, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Business Insider, sebagian besar millennials menginginkan karir di perusahaan internasional dan bekerja di luar negeri. Bagaimana denganmu? Nah, bagaimana kalau kita membahas dan mengupas tuntas tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk dapat bekerja di luar negeri? Yuk, kita bahas bersama-sama!

  1. Cari Perusahaan yang Mau Membantumu Selama Berada di Luar Negeri

Perusahaan yang bereputasi baik itu banyak! Tetapi, perusahaan yang akan kamu cari adalah perusahaan yang lebih dari itu! Temukan perusahaan yang mau membantumu dari proses kedatangan hingga mencarikan akomodasi yang tepat saat tiba di luar negeri. Jika kamu sudah memiliki nama perusahaan yang akan kamu tuju, lakukan riset terlebih dahulu mengenai benefit apa saja yang akan kamu dapatkan dan apakah mereka bersedia membantu proses hiring hingga selesai.

 

  1. Persiapkan Dokumen Yang Kamu Butuhkan

Ingat lho! Kamu tidak diperkenankan untuk bekerja di luar negeri jika tidak memiliki visa yang tepat. Misalnya jika kamu memiliki visa untuk belajar, maka kamu tidak diperkenankan untuk bekerja saat tiba di negara tujuan. Hal itu termasuk ke dalam pasal pelanggaran. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan jenis visa untuk bekerja, paspor dengan masa berlaku yang masih lama (sehingga kamu tidak perlu kembali hanya untuk mengurus paspor), dokumen-dokumen pendidikan seperti ijazah, transkrip, curriculum vitae, cover letter,  hingga dokumen identitas lainnya.

 

  1. Cari Tahu Mengenai Komunitas Expatriat

Nah! Jangan lupa kalau setibanya kamu di luar negeri, kamu adlaah seorang expatriat. Untuk mempermudah keseharianmu disana, cari tahu lah mengenai komunitas masyarakat Indonesia yang bekerja di negara tersebut. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali informasi berguna, dimulai dari tips membeli makanan hingga tempat rekreasi yang wajib kamu kunjungi. Bertukar informasi dan berbagi pengalaman dengan mereka yang sudah lebih dahulu tinggal di luar negeri akan memberikanmu setidaknya pandangan baru yang akan berguna di suatu saat nanti.

 

  1. Buatlah Perencanaan Biaya

Biaya yang kamu butuhkan meliputi pembuatan visa dan administrasi keberangkatan lainnya, tiket pesawat, asuransi, makanan, dan tempat tinggal selama di luar negeri. Jangan kaget jika kamu akan merasakan perbedaan harga yang cukup signifikan saat bekerja di luar negeri. Yang paling penting adalah kamu tidak ingin pergi ke negara orang lain tanpa bekal yang cukup.

 

  1. Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

Mampu berbahasa Inggris dengan baik akan menjadi asset yang sangat berguna. Ke negara mana pun kamu pergi, dengan menguasai bahasa Inggris akan membuatmu merasa percaya diri dan setidaknya dapat bertanya jika tersesat. Untuk bekerja di luar negeri, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Persiapkan dirimu dengan mengikuti program belajar bahasa Inggris yang memberikan hasil terbaik.

 

  1. Buatlah Bucket List mu!

Saat bekerja di luar negeri, kamu pasti tidak ingin hanya berdiam diri dan menghabiskan waktumu untuk bekerja saja, kan? Buatlah bucket listmu dan isilan dengan berbagai macam aktivitas menarik yang tidak dapat kamu lakukan di negaramu. Banyak sekali tempat rekreasi hingga lokasi bersejarah yang dapat kamu kunjungi. Jangan membuat dirimu stress, ya! Luangkan waktumu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan buatlah kenangan-kenangan yang tak terlupakan selama berada di luar negeri.

Summary
Article Name
Kerja di Luar Negeri – Apa Saja Yang Perlu Kamu Persiapkan?
Description
Segala sesuatu yang perlu kamu persiapkan sebelum bekerja keluar negeri.
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami