Karir Kamu Disitu-situ Saja? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Sep 2, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Banyak sekali karyawan yang merasa karirnya stagnan, tidak berkembang dan hanya bekerja disitu-situ saja. Hal ini terkadang mengakibatkan karyawan yang keluar dari perusahaan tersebut. Tidak hanya merugikan perusahaan, namun juga merugikan diri sendiri. Faktor-faktor yang membuat karir menjadi stagnan seperti tidak adanya apresiasi dari perusahaan, si karyawan yang tidak mau aktif di dalam perusahaan, beban pekerjaan yang terlalu berat, dan sebagainya. 

Alangkah baiknya, hanya karena kamu merasa karir yang tidak berkembang jangan mengambil keputusan untuk resign dari perusahaan! Terdapat 6 cara mengatasi karir yang stagnan! 

Lakukan Evaluasi Karir! 

Kebanyakan karyawan yang merasa bosan dengan pekerjaannya tidak pernah melakukan evaluasi terhadap karirnya sendiri. Nah, hal ini wajib dilakukan agar bisa memahami pertumbuhan karir pribadi dengan lebih baik. Cara sederhana untuk melakukan evaluasi karir adalah mengajukan pertanyaan ke diri sendiri seperti : 

  • Apakah karir yang saat ini sedang dijalani, sudah sesuai dengan keinginan, minat dan passion?
  • Apa motivasi yang dimiliki jika ingin naik jabatan? 
  • Kendala apa yang dihadapi di pekerjaan saat ini? 
  • Kontribusi apa saja yang telah diberikan kepada perusahaan? Sudahkah kamu memberikan yang terbaik kepada perusahaan? 
  • Perkembangan karir seperti apa yang kamu inginkan untuk kedepannya? Seperti dalam jangka waktu 5 tahun kedepan? 

Gunakan cara sederhana ini, untuk membuat evaluasi karir sebelum kamu mengambil keputusan. Ingat! Jangan mengambil keputusan yang terlalu cepat yang dapat membuat rugi pribadi dan perusahaan. 

Menentukan Tujuan Karir

Untuk menghindari karir yang stuck, kamu harus memiliki tujuan untuk masa depan. Pikirkan masa depan dari segi karir. Apa yang ingin kamu lakukan, kemudian tentukan visi dan misi untuk masa depan. Kamu harus memiliki tujuan agar kehidupan karir menjadi lebih baik. 

Fokus kepada satu tujuan, dan jika tujuan pertama sudah tercapai kamu baru melanjutkan untuk menemukan tujuan selanjutnya. Apalagi di dunia karir yang akan selalu memiliki tujuan-tujuan baru. 

Memperluas Koneksi

Memiliki koneksi yang luas memberikan peluang terbaik, di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan memiliki koneksi yang tepat, karir kamu bisa berkembang dengan lebih lagi. Peluang yang bisa kamu dapatkan peningkatan karir (jabatan yang lebih tinggi), pekerjaan yang serupa namun di perusahaan yang lebih besar. 

Mendapatkan koneksi yang tepat juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan bimbingan di dalam pekerjaan yang sedang kamu jalani saat ini. 

Mencoba Berdiskusi dengan Atasan

Jangan pernah malu untuk berdiskusi dengan atasan jika kamu merasa karir kamu tidak berkembang sama sekali. Namun, berkomunikasi dengan sopan dengan menyediakan tujuan yang jelas dan tegas. Jangan malu untuk bertanya mengenai perkembangan karir kamu seperti kenapa tidak kunjung mendapatkan kenaikan promosi atau jabatan, apakah terdapat kekurangan dan halangan yang tidak diketahui? 

Tidak perlu takut untuk mengutarakan pendapat selama kamu dapat melakukannya dengan lebih sopan. Jika sudah memiliki jawabannya, apapun itu terimalah dengan lapang dada dan jadikan sebagai motivasi tambahan untuk bekerja dengan lebih lagi. 

Update CV dan Portfolio

Setelah berpikir panjang, dan kamu mengambil keputusan untuk keluar dari perusahaan kamu wajib untuk memperbarui CV dan portfolio kamu. Namun, sebelum keluar dari perusahaan untuk mencari tempat kerja yang baru alangkah baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu apakah perusahaan yang baru ini memiliki ekspektasi seperti karir dan gaji yang diinginkan. 

Jangan terlalu gegabah dalam mengambil keputusan, dan jangan sampai keputusan untuk pindah perusahaan juga merugikan diri kamu sendiri. Update CV dan Portfolio diluar jam kerja, dan tetap lakukan secara profesional. 

Kembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Jangan lupa, selalu kembangkan kemampuan berbahasa Inggris kamu karena bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa yang wajib digunakan saat bekerja di perusahaan apalagi jika perusahaan tersebut startup atau perusahaan multinasional. Kembangkan kemampuan bahasa Inggris agar kamu terlihat lebih profesional 

Seorang karyawan sudah sangat wajib memiliki kemampuan dasar memahami Bahasa Inggris, jika tidak akan semakin sulit untuk maju kedepannya baik dari segi karir atau segi kehidupan pribadi. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu mendaftarkan diri di Wall Street English! 

Komunitas bahasa Inggris ini menyediakan berbagai program yang dipastikan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari segi profesional untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP