Jurusan SMK Yang Bisa Kerja di Luar Negeri

Mar 29, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak hanya lulusan SMA, lulusan SMK pun juga memiliki kesempatan bekerja di luar negeri. Terlebih lagi bagi kamu yang lulusan SMK ingin langsung bekerja. Terdapat banyak sekali kesempatan bekerja di luar negeri yang dapat kamu jalani sebagai seorang lulusan SMK. Yuk, kita cari tahu pekerjaan apa saja yang dapat kamu jalani di luar negeri sebagai seorang lulusan SMK! 

Jenis Pekerjaan di Luar Negeri yang Cocok untuk Lulusan SMK

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan Sarjana untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, tetapi kamu sebagai lulusan SMK tidak perlu khawatir karena pilihan pekerjaannya banyak sekali! Kamu dapat bekerja paruh waktu sebagai buruh, pelayanan di restoran, barista, supir antar barang untuk perusahaan ekspedisi di luar negeri dan lainnya yang tidak membutuhkan skill khusus! 

Namun, jika kamu memiliki kemampuan tertentu di bidang khusus seperti akuntansi, manajemen keuangan, bisnis kamu juga dapat melamar sebagai pekerja tetap di perusahaan luar negeri. Jika kamu sebagai seorang lulusan SMK sedang mencari pekerjaan di luar negeri, kamu dapat mengunjungi website lowongan pekerjaan dibawah ini : 

  • BNP2TKI
  • Jobserve
  • Linkedin
  • Visit Kaskus USA
  • Buruh Migran
  • Jobstreet

Tentu masih ada persyaratan dan dokumen-dokumen yang harus kamu perhatikan agar dapat melamar pekerjaan di luar negeri. 

Tips dan Cara Bekerja di Luar Negeri Bagi Lulusan SMK

Sebelum kamu bekerja di luar negeri, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips dan cara bekerja di luar negeri, khususnya bagi kamu seorang lulusan SMK. 

Pilih Negara Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih negara tujuan tempat dimana kamu ingin bekerja atau, kamu dapat mencari informasi secara online di website lowongan pekerjaan atau dapat melalui pemerintah seperti Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Luar Negeri, hingga kedutaan dari negara tujuan kamu. 

Jangan lupa, dalam memilih negara tujuan untuk bekerja kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal seperti bahasa yang harus digunakan di dalam perusahaannya, penghasilan yang kemungkinan akan didapatkan, hingga biaya hidup sehari-hari di negara tujuan. 

Bandingkan dengan Beberapa Negara Pilihan Lainnya

Akan lebih baik kalau kamu tidak terpaku hanya dengan satu negara saja. Kamu juga harus mencari beberapa negara pilihan lainnya dan bandingkan dengan negara pilihan utama kamu. Bandingkan kekurangan dan kelebihannya seperti gaji, akomodasi, transportasi, budaya lokal, dan lainnya. 

Mendapatkan Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja

Apakah kamu tahu, bahwa kesuksesan dari pekerjaan seseorang bukan dihitung dari seberapa besar penghasilannya tetapi dari koneksi yang dimiliki? Kamu dapat membangun koneksi dengan kenalan baru, atau rekan kerja. Jika kamu ingin bekerja di luar negeri sangat disarankan untuk membangun pertemanan yang baik dengan orang yang memiliki koneksi di luar negeri yang lebih tinggi. 

Kamu juga dapat mencari perusahaan penyalur tenaga kerja dengan koneksi internasional atau perusahaan yang berada di negara tujuan kamu bekerja. 

Mempelajari Pajak dan Ketentuan Imigrasi

Kebanyakan negara, pasti membutuhkan visa kerja dengan syarat-syarat yang cukup ketat. Hal ini diakibatkan oleh beberapa negara memiliki standar yang tinggi bagi warga asing yang ingin bekerja di negaranya. Kamu harus memeriksa terlebih dahulu ijin kerja dan visa kerja apakah sudah memenuhi syarat atau belum ketika ingin melamar pekerjaan. Akan sangat repot nantinya jika syarat-syarat belum terpenuhi dengan baik. 

Meningkatkan Keahlian

Perusahaan di luar negeri akan lebih melirik kamu jika kamu memiliki keahlian yang lebih daripada yang diminta. Keahlian utama yang harus kamu perhatian selain kemampuan di bidang pekerjaan adalah bahasa negara tujuan. Kamu harus mengerti bahasa di negara tujuan agar berkomunikasi, bekerja dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

Bahasa utama yang harus kamu kuasai adalah bahasa Inggris untuk proses berkomunikasi dengan lebih mudah di negara tujuan. Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi secara internasional dan kemampuan Bahasa Inggris tentu harus kamu tingkatkan. 

Kamu dapat mengikuti berbagai course di Wall Street untuk belajar mengenai Bahasa Inggris. Yuk, daftar sekarang di Wall Street untuk belajar bahasa Inggris yang lebih dalam lagi! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP