Ini Dia, Kemampuan yang Wajib & Patut Dimiliki untuk Menghadapi Gelombang Resesi 2023!

Oct 21, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Akhir-akhir ini, banyak sekali pengamat ekonomi, bahkan sampai ke level pemerintahan pusat yaitu Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pada tahun 2023 dunia akan menghadapi kesulitan global, bahkan sampai menyangkut di sektor ekonomi. Hal ini berkaitan dengan tingkat inflasi yang tinggi di berbagai negara, krisis energi, krisis pangan, dan peperangan yang saat ini terjadi di Rusia-Ukraina. 

Mendengar hal ini, banyak sekali masyarakat dunia khususnya Indonesia takut akan hal ini terjadi. Dibutuhkan berbagai persiapan agar bisa menghadapi resesi pada tahun 2023 jika terjadi di Indonesia. Namun, selain persiapan keuangan, persiapan kemampuan juga wajib diperhatikan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh setiap kalangan individu agar dapat siap menghadapi gelombang resesi 2023! 

Kemampuan yang Wajib Dimiliki untuk Menghadapi Resesi 2023! 

Online Side Hustle

Side Hustle adalah sebutan yang saat ini trending di kalangan masyarakat dengan arti pekerjaan sampingan dari pekerjaan utama yang dimiliki. Seiring berjalannya waktu, budaya side hustle terus dilakukan oleh masyarakat yang ingin menambah penghasilan di luar pekerjaan utama. Apalagi ketika didengarnya berita bahwa tahun depan akan menjadi tahun yang gelap bagi sektor ekonomi. Masyarakat berbondong-bondong untuk mencari pekerjaan sampingan guna mempersiapkan keuangan yang lebih mantap lagi. 

Side hustle kini dapat kamu cari dengan mudah, apalagi secara online yang membutuhkan freelancer atau pekerjaan lainnya seperti menjual produk/jasa secara online. Kemampuan Online Side Hustle wajib dimiliki agar kamu dapat lebih siap lagi menghadapi ancaman resesi global di tahun 2023! 

Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan selanjutnya yang wajib dimiliki adalah kemampuan untuk berkomunikasi. Baik dalam melakukan komunikasi dengan klien dalam negeri dan luar negeri, komunikasi ketika melakukan presentasi bisnis untuk mendapatkan investor hingga komunikasi sebagai sales untuk menjual produk/jasa. 

Kemampuan komunikasi sangatlah penting untuk dimiliki dalam menghadapi ancaman resesi global, lalu kemampuan berkomunikasi juga dapat meningkatkan nilai interpersonal pribadi. 

Kemampuan Dasar Investasi

Investasi kini menjadi hal yang paling trending di kalangan anak muda. Mulai dari investasi saham, crypto, NFT, properti, dan produk investasi lainnya. Sebagai salah satu “senjata” untuk menghadapi ancaman resesi global yang digadangkan akan terjadi tahun 2023. Namun, sebagai pemula jangan pernah tergiur terhadap nilai investasi yang tinggi. Sebelum memulai investasi, alangkah baiknya kamu mempelajari produk investasi terlebih dahulu karena investasi bermain dengan keuangan jadi kamu harus berhati-hati! 

Kamu dapat mempelajari cara berinvestasi secara otodidak! Menggunakan Google, YouTube, mengikuti Seminar dan Workshop. Melihat peluang investasi pada tahun 2023 bisa kamu manfaatkan dengan baik. Namun ingat! Investasi adalah bukan sesuatu hal yang bisa terjadi secara instan, perlu perlahan-lahan dalam menjalaninya! Memiliki kemampuan dasar untuk berinvestasi adalah sikap defensif bagi kita dalam menghadapi ancaman resesi global 2023!

Kemampuan Menulis 

Kemampuan lainnya yang tidak kalah penting yang sangat wajib untuk dimiliki adalah kemampuan menulis artikel. Content Writer dan Copywriter adalah dua pekerjaan yang kini sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Baik dalam, maupun luar negeri! Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja sebagai freelancer untuk dua lowongan pekerjaan ini. Tidak akan pernah habisnya untuk dua pekerjaan ini, jadi sangat cocok untuk dicoba! 

Bagi kamu yang ingin belajar menulis sangatlah mudah. Bisa melalui otodidak, atau mengikut contoh-contoh artikel yang sudah banyak beredar di internet. 

Nah, itulah beberapa kemampuan yang wajib dimiliki untuk bersiap menghadapi gelombang resesi global pada tahun 2023. Terdapat satu kemampuan lagi yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu kemampuan menggunakan bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Bahasa Inggris kini sudah menjadi bahasa internasional dan sudah digunakan dimana saja. Baik di kehidupan sehari-hari hingga segi pekerjaan dan bisnis. 

Jika kamu memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan pekerjaan langsung dari luar negeri sebagai pekerjaan sampingan, bahkan penghasilan yang kamu dapatkan bisa melebihi UMR di Indonesia! Maka dari itu, sebagai salah satu persiapan menghadapi gelombang resesi global tahun 2023, memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah hal yang wajib! 

Namun, jika kamu bingung untuk memulai belajar bahasa Inggris dan membutuhkan arahan dari expert kamu dapat mendaftarkan diri ke Wall Street English! Kamu dapat belajar bahasa Inggris dari segi bisnis, dan komunikasi sehari-hari agar bisa mendapatkan klien dari luar negeri dengan mudah! Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP