Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Caranya!

Jun 9, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Semakin berkembangnya era globalisasi, terus membuat perusahaan-perusahaan ternama bekerja sama dengan suatu negara. Bahkan, hingga membuka kantor cabang di negara tersebut untuk bersama-sama meningkatkan ekonomi. Perusahaan Multinasional seringkali menawarkan prospek kerja yang tinggi disertai dengan penghasilan yang juga tinggi. 

Akan tetapi, untuk masuk ke perusahaan multinasional ini tidaklah mudah. Banyak sekali kualifikasi yang harus dijalankan agar bisa masuk ke perusahaan jenis ini. Di artikel kali ini, kita akan membahas cara kerja di perusahaan multinasional. Kita ketahui terlebih dahulu apa itu perusahaan multinasional. 

Apa itu Perusahaan Multinasional? 

Perusahaan Multinasional atau Multinational Corporation merupakan perusahaan yang memiliki cabang perusahaan, atau market di negara lainnya. Perusahaan multinasional berperan untuk penanaman modal asing di negara cabang, transaksi secara internasional dan kegiatan ekspor impor. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali perusahaan luar yang membuka cabangnya di Indonesia. 

Berikut merupakan daftar perusahaan multinasional yang ada di Indonesia : 

  • BMW
  • Honda
  • Samsung
  • Google
  • Yahoo
  • Shopee
  • KFC
  • Freeport

Dan masih banyak lagi contoh perusahaan multinasional yang ada di Indonesia. 

Cara Kerja di Perusahaan Multinasional

Bekerja di perusahaan multinasional akan penuh dengan tantangan dan kamu harus siap dalam menghadapinya agar dapat bertahan di perusahaan ini. Berikut ini adalah bagaimana cara agar kamu bisa diterima di perusahaan multinasional. 

Miliki Soft-skills

Soft Skills merupakan kemampuan dalam berkomunikasi dan merupakan sifat bawaan. Baik secara sosial, emosional, kecerdasan, moral, sikap sopan dan santun, dan etika. Perusahaan multinasional menilai calon karyawan dari segi Soft Skills terlebih dahulu. Contohnya seperti : 

  • Kemampuan Bahasa Inggris Bisnis
  • Toleransi
  • Ketekunan dalam bekerja
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mampu memberikan ide-ide yang kreatif 
  • Mampu beradaptasi 

Perlu diingat, tingkat persaingan di perusahaan multinasional sangatlah tinggi. Jadi, kembangkan selalu Soft Skills kamu sembari kamu meningkatkan Hard Skills. 

Kuasai Hard Skills

Hard skills atau kemampuan teknis sudah pastinya harus kamu kuasai jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional. Kuasai hard skills yang memang sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang kamu lamar. Namun, tidak menutup kesempatan juga kamu akan dapat mempelajari hard skills yang baru pada saat bekerja di perusahaan multinasional. 

Beberapa contoh hard skills adalah : 

  • Business Analyst
  • Data Analyst
  • Kemampuan bahasa Programming
  • Pengetahuan Big Data, IoT (Internet of Things) 
  • Kemampuan Digital Marketing

Dan masih banyak lagi hard skills lainnya yang harus dikuasai sesuai dengan deskripsi pekerjaan kamu. 

Kuasai Bahasa Inggris Bisnis

Bekerja di perusahaan multinasional mewajibkan kamu untuk menguasai bahasa Inggris. Spesifiknya, bahasa Inggris bisnis. Berbeda dengan bahasa Inggris umum, bahasa Inggris bisnis lebih memfokuskan pada berkomunikasi secara profesional dari segi bisnis. Agar kamu dapat lebih berkomunikasi dengan baik di perusahaan, adalah hal yang wajib untuk menguasai bahasa Inggris bisnis. 

Miliki Sertifikat atau Lisensi

Perekrut dari perusahaan multinasional akan lebih tertarik jika kamu memiliki sertifikat atau lisensi dari kegiatan seperti workshop, event, dan seminar. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki keaktifan dalam suatu kegiatan. Selain itu, sertifikat yang bisa kamu miliki adalah sertifikat hard skills seperti pembelajaran bahasa Programming, Marketing, dan lainnya. 

Perbanyak Pengalaman

Kamu dapat memperbanyak pengalaman bekerja kamu melalui kegiatan magang atau internship dari universitas atau kamu juga dapat melakukan pekerjaan freelance agar kamu dapat memiliki banyak pengalaman bekerja. Perekrut juga akan semakin tertarik untuk mengajak kamu bekerja di perusahaan multinasional karena pengalaman bekerja yang banyak. 

Tentunya, ada banyak cara lainnya yang harus kamu jalani untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional. Salah satunya adalah menguasai bahasa Inggris bisnis yang sudah disebutkan diatas. Bagi kamu yang masih belum paham atau ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisnis kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English dan mengikuti program Professional Skills untuk menguasai bahasa Inggris Bisnis. 

Mulai dari materi yang lengkap dan berkualitas, pengajar yang bersertifikat internasional hingga komunitas yang menyenangkan akan membantu kamu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris bisnis dengan baik. Yuk, segera daftarkan dirimu di Wall Street English dan kembangkan karir masa depan kamu!

More News

Jun 21, 2022
Business & Career

Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP